After Effects
Plus dan Minus Dalam Menggunakan Adobe After Effects
Februari 17, 2020
Alat Desain Grafis
5 Alat Desain Grafis Yang Wajib Dimiliki Desainer Grafis
Februari 17, 2020
Show all

Adobe Experience Design, Tool Bagi Desainer UI/UX

Adobe Experience Design

Adobe Experience Design

Bila Anda membutuhkan sebuah tool untuk mendesain aplikasi pada web atau mobile, Anda tidak perlu pusing lagi mencari tool tersebut. Perkenalkan, anggota keluarga terbaru dari Adobe, Adobe Experience Design.

Adobe Experience Design dapat digunakan untuk mendesain aplikasi web sekaligus mobile. Adobe XD juga sudah mendukung asset design dari Photoshop, Illustrator dan juga Sketch. Dan Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis dalam bentuk free plan.

Fitur Utama Adobe XD

Adobe memberikan Adobe XD fitur-fitur yang sangat membantu untuk proses desain UI/UX sebuah aplikasi. Berikut adalah beberapa fitur yang dapat membantu Anda:

1. Design Tools

Tools ini memiliki fungsi untuk membuat kerangka kerja / Wireframes, Screen Layout dan Production. Jadi dengan tools ini Anda bisa mendesain screen-screen yang akan ditampilkan pada aplikasi nantinya / UI (User Interface).

2. Prototype Tools

Anda dapat membuat alur kerja dari desain yang sebelumnya sudah Anda buat. Pada tools ini kita dapat menentukan screen awal hingga screen-screen selanjutnya dan juga bisa membuat animasi sebagai gambaran pada aplikasi yang akan dibuat nantinya / UX (User Experience).

3. Share Tools

Anda dapat mereview hasil dari desain Anda dalam bentuk sebuah aplikasi yang interaktif, yang bisa Anda rekam dan bagikan ke para reviewer. Mereka dapat mengklik dan memberikan review mereka untuk hasil desain Anda.

4. Mobile Devices Testing

Dengan Adobe XD dapat membuat desain interaktif yang bisa ditampilkan dalam bentuk layar smartphone atau tablet. Sehingga Anda dapat dapat melihat bagaimana prototype Anda di berbagai bentuk device.

Keterbatasan Adobe XD

Adobe XD ditawarkan dalam bentuk free plan, dengan berbagai keterbatasan seperti:

  • Adobe cloud storage untuk Adobe XD hanya memiliki kapasitas sebesar 2GB saja (karena Adobe XD ini adalah creative cloud, jadi sudah sewajarnya memiliki layanan cloud).
  • Hanya bisa mengaktifkan satu file Shared Prototypes via cloud.
  • Hanya bisa mengaktifkan satu file Shared Design Specs via cloud.
  • Dapat menggunakan fitur gratis dari Typekit (terbatas).

Namun hal ini tidak akan mempengaruhi penggunaan dari Adobe XD bila Anda menyimpan file secara offline. Untuk mengakses kemampuan maksimal dari Creative cloud Anda harus rela mengeluarkan uang.

Baca Juga: Plus dan Minus Dalam Menggunakan Adobe After Effects

Kekurangan dari Adobe XD

Kurangnya Symbol Libraries

Tidak adanya opsi untuk membuat libraries dari simbol yang bisa digunakan kembali sedikit menghalangi bila membuat projek besar.

Importing dari Photoshop dan Illustrator Masih Harus Ditingkatkan

Proses untuk mengimpor gambar dan desain dari Photoshop sekaligus Illustrator masih mengecewakan. XD memberikan Anda opsi untuk mengimpor fragmen individual menggunakan proses copy dan paste, tetapi informasi lainnya seperti layer atau drawing areas akan hilang. Kemampuan untuk mengimpor dari Illustrator dan Photoshop sangat penting untuk pekerjaan profesional.

Menyimpan Proyek Dalam Bentuk Enriched PDF

Kemampuan untuk menyimpan hasil pekerjaan dalam bentuk enriched PDF saat ini masih tidak tersedia. Kemampuan ini akan sangat membantu proses transfer antara produk Adobe lainya sekaligus membuat proses kolaborasi semakin lebih mudah.

Pada Akhirnya

Aplikasi Adobe XD dengan fungsi prototype-nya akan sangat membantu dalam proses menciptakan desain UI/UX untuk aplikasi Anda. Dengan berbagai fitur dan kelebihannya, Adobe XD bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengerjakan desain UI/UX.

 Bila Anda memiliki pendapat ataupun pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Deka Mulyana
Deka Mulyana
Graphic Designer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *