Google BERT Algoritma Google Untuk Memahami Bahasa
Google BERT: Algoritma Google Untuk Memahami Bahasa
Februari 11, 2020
Apa itu Google Index
Google Index & Mengapa Website Anda Harus Muncul di Sana
Februari 12, 2020
Show all

Apa itu FAQ & Bagaimana Anda Memanfaatkannya?

Apa itu FAQ Bagaimana Anda Memanfaatkannya

Apa itu FAQ Bagaimana Anda Memanfaatkannya

Opsi untuk menggunakan self-service pada saat ini menjadi prioritas bagi beberapa konsumen. Opsi ini memungkinkan mereka untuk menanyakan sebuah isu, dan mendapatkan jawabannya sendiri, tanpa harus berkomunikasi dengan orang lain, entah melalui email ataupun telepon.

Bahkan ada beberapa penelitian yang menunjukan bahwa 90% konsumen berharap bahwa sebuah brand atau organisasi menerapkan self-service portal untuk customer service, serta 60% konsumen akan menunjukan ketertarikan pada sebuah brand jika mereka memiliki self-service yang mobile responsif.

Sehingga FAQ dapat menjadi cara terbaik untuk menghadapi isu ini. Memiliki sumberdaya berupa pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan serta jawabannya, menjadi sebuah cara yang bisa mengurangi cost dari kegiatan customer service Anda. Hal ini juga dapat membuat konsumen Anda mencari jawaban yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan pembelian mereka sendiri.

Apa Itu FAQ?

FAQ merupakan singkatan dari frequently asked question, sebuah list yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh konsumen ataupun user mengenai sebuah topik, beserta jawabannya.

Tujuan utama dari FAQ adalah untuk membimbing para konsumen atau user agar mereka mendapatkan perjalanan yang lebih cepat dan efisien dalam proses pembelian atau pengguanaan produk dan jasa yang Anda tawarkan.

Manfaat FAQ

FAQ sendiri memiliki beberapa manfaat yang akan berguna bagi website ataupun bisnis Anda, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan:

SEO & PPC

FAQ sering sekali diisi dengan keywords yang relevan, maka halaman FAQ Anda dapat menjadi aset yang berguna untuk SEO serta PPC dari website Anda.

Secara organik, halaman FAQ dapat meningkatkan relevansi serta quality score dari situs Anda, yang menjadi acuan untuk mesin pencari dalam memberikan ranking untuk konten Anda. akan lebih baik lagi jika Anda menambahkan internal link yang relevan dalam situs Anda, yang dapat mendorong pengguna untuk menghabiskan banyak waktu di situs Anda.

Baca Juga: Zero-Click Search, Sebuah Era Yang Akan Mengubah Dunia SEO

Authority

Anda dapat memabangun otoritas dengan menunjukan pemahaman Anda mengenai masalah yang sering dihadapi pelanggan dalam website Anda dengan FAQ. Konten yang bermanfaat serta yang membimbing pelanggan terhadap sebuah topik yang berkaitan dengan situs Anda, akan menunjukan bahwa Anda adalah sumber yang bisa dipercaya sebagai pemberi informasi yang berhubungan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Relationship

Halaman FAQ adalah sebuah proactive tool yang dapat mengantisipasi kebutuhan konsumen sebelum mereka meminta pertolongan. Hal ini akan membantu Anda untuk membangun hubungan yang baik dengan para konsumen Anda dan menunjukan seberapa baik pengetahuan Anda mengenai kebutuhan dari konsumen.

Bangunlah FAQ Anda

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat FAQ yang baik, seperti:

  1. Buat daftar pertanyaan umum yang biasa Anda dapatkan dari konsumen. Atur prioritas dari pertanyaan ini dari yang paling umum ditanyakan hingga yang sedikit jarang ditanyakan.
  2. Bekerja sama dengan tim customer service Anda. Tim consumer service Anda adalah orang-orang yang paling sering mendapatkan pertanyaan dari para konsumen, sehingga akan lebih baik jika Anda meminta insight dari tim ini.
  3. Pikirkan masalah yang sering menjadi halangan bagi para konsumen untuk menyelesaikan pembelian di situs Anda.
  4. Tambahkan gambar atau screenshots. Hal ini akan membantu para konsumen untuk lebih bisa memahami jawaban yang Anda berikan
  5. Gunakan bahasa yang informatif dan sederhana. Semakin mudah konsumen mengerti jawaban Anda, semakin efektif FAQ Anda.

Beberapa tempat yang bisa Anda jadikan lokasi untuk FAQ Anda:

  • Bagian atas atau bawah dari website Anda
  • Halaman produk
  • Halaman kontak
  • Buletin selamat datang
  • Email pemberitahuan

FAQ dapat mendorong pelanggan untuk memecahkan masalah serta menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka sendiri, sehingga mereka dapat lebih cepat menyelesaikan proses pembelian, atau menggunakan jasa Anda.

Bagaimana pendapat Anda mengenai apa itu FAQ? Apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda? Silahkan bagikan pada kolom komentar dan jangan lupa untuk di-share ya

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *