Kesalahan Menggunakan Wordpress
Kesalahan Pemula Dalam Menggunakan WordPress
Januari 24, 2020
Kegagalan Website
3 Alasan Website Anda Akan Menjadi Kegagalan
Januari 24, 2020
Show all

Apa Itu Google Penalty dan Kenapa Harus Menghindarinya?

Google Penalty

Google Penalty

Sebagai seorang webmaster tentu Anda ingin menghindari segala hal yang dapat mengganggu situs Anda, terutama sesuatu yang dapat menurunkan traffic situs Anda. salah satu penyebab dari turunnya traffic adalah diberikannya Google Penalty.

Penalti tidak hanya diberikan oleh Google untuk situs-situ yang penuh malware atau konten ilegal atau pun spam, bahkan situs yang terlihat baik-baik saja bisa terkena penalti dari Google dikarenakan tidak paham mengenai karakter dari algoritma yang sedang digunakan.

Lalu apa itu Google Penalty?

Apa Itu Google Penalty?

Google Penalty adalah hukuman yang diberikan oleh Google kepada website yang menyalahi aturan dari Google Guidelines. Penalti bisa diberikan secara manual untuk situs-situs yang melanggar aturan, namun terkadang penalti bisa didapatkan karena perubahan algoritma yang dilakukan oleh Google. 

Google akan selalu melakukan update untuk mengatasi persaingan yang terjadi di dunia internet, hal ini dikarenakan banyaknya webmaster yang melakukan keyword stuffing. Sehingga update akan selalu dibutuhkan untuk mengatasi orang-orang yang mencoba untuk mencurangi algoritma Google.

Untuk situs yang diberikan penalti secara manual, ada kemungkinan situs Anda sudah direview oleh pegawai Google setelah mendapat flag.

Masalah yang Biasa Terjadi

Konten yang kurang mendalam: Google akan memberikan penalti kepada situs yang memiliki beberapa halaman tanpa isi yang akan memberikan sebuah value dan jumlah kata yang terlalu sedikit. Anda bisa memperbaiki masalah ini dengan memberikan konten yang lebih in-depth dan menghilangkan konten auto-generated.

Penggunaan hosting gratis: akan ada sedikit kemungkinan Anda akan melihat hosting yang gratis pada website yang serius. Jika Anda menggunakan hosting yang gratis maka Anda mengekspos website Anda terhadap iklan-iklan yang spam. Menggunakan hosting yang berbayar akan lebih baik untuk kedepannya.

Keyword stuffing: sebuah perilaku yang tidak natural jika Anda menambahkan terlalu banyak keyword di dalam halaman Anda,dan Google akan mengetahui mengenai hal ini. 

Virus host: Google akan menangani sebuah situs yang menghosting virus dengan cepat. Bila Anda memiliki sesuatu yang dapat mempengaruhi komputer dan handphone para user Anda, cobalah untuk menghilangkannya secepat mungkin.

Redirect yang buruk: jika situs Anda mengarahkan traffic dari sebuah halaman untuk meningkatkan traffic di halaman yang lain, maka Anda akan mendapatkan penalti. Redirect yang seperti ini akan membuat situs Anda kehilangan pengunjung karena mereka merasa mendapatkan misleading konten.

Konten duplikat: harap berhati-hati dalam membuat konten, jika konten Anda penuh dengan duplikat, bahan di copy secara mentah-mentah, maka Google akan memberikan penalti. Mengecek konten duplikat bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan oleh Google.

BACA JUGA: Risiko SEO yang Bisa Anda Manfaatkan atau Hindari

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Website Anda Terkena Penalti?

Bila penalti yang Anda dapatkan adalah penalti yang manual, Anda bisa langsung menurusnya di Google Search Console. Setelah Anda memperbaiki masalah-masalah yang menyebabkan Anda mendapat penalti, maka Anda dapat langsung menghubungi Google untuk meminta website Anda kembali di-index.

Untuk penalti secara algoritma, Anda tinggal memperbaiki masalah yang membuat Anda terkena penalti, lalu menunggu.  Anda harus sabar karena Google hanya melakukan data refreshes beberapa kali dalam sebulan. Penalti yang Anda dapatkan tidak akan hilang hingga terjadi proses data refresh dari Google.

Bahkan ada yang harus menunggu hingga setahun untuk dapat pulih dari penalti. Oleh karena itu segera cek dan perbaiki masalah yang Anda dapatkan, agar proses pemulihan dapat berjalan dengan cepat.

Kesimpulan

Bila Anda berkutat dalam dunia SEO, penalti adalah hal yang pasti terjadi jika Anda tidak melakukan SEO dengan benar.

Anda tidak hanya harus tahu mengenai apa itu Google penalty, namun Anda juga harus paham mengenai cara untuk dapat pulih dari penalti ini.

Bila Anda memiliki pendapat lain yang dapat membantu orang-orang lain dalam menangani Google Penalty silahkan bagikan pada kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini ya.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *