Bagaimana Membuat Laporan SEO Berdasarkan Performance?
Juni 11, 2018
Tips Mudah Untuk Memulai Menjadi UI Designer
Juni 25, 2018
Show all

Apakah Website Anda Membutuhkan SSL (Secure Socket Layer)?

Hai, kembali lagi dengan Ryan Kristomuljono dari ToffeeDev dan kali ini saya ingin sharing pada teman-teman apakah perlu SSL untuk website dari teman-teman disini atau tidak? Apa itu SSL? Apakah teman-teman membutuhkan dengan SSL untuk website-nya? SSL atau dengan singkatannya Secure Socket Layer adalah keamanan standar dalam teknologi yang menghubungkan antar web browser dengan server. Jadi, hal ini untuk memastikan semua data yang melewati web server atau browser tetap aman dan private.

Yang paling sering banyak ditanyakan adalah apakah bisnis membutuhkan SSL? Biasanya untuk kita menemukan bahwa bisnis kita menggunakan SSL atau tidak adanya pada saat kita membuka browser dan buka website kita apakah menggunakan http atau https, kalay menggunakan https berarti kita sudah menggunakan SSL. Banyak yang ditanyakan adalah apakah saat ini perlu menggunakan SSL? Saya punya 3 alasan kenapa kita akan membutuhkan SSL untuk tahun 2018 kedepan. Jadi, untuk setiap website, tidak perduli apakah website itu company profile standar atau hanya untuk perusahaan kecil atau mikro kalau anda bisa menggunakan SSL, maka sangat disarankan anda untuk menggunakan SSL.

Jadi, kenapa butuh SSL? Yang pertama untuk website-website e-commerce atau jika ada terjadinya transaksi, of course, anda butuh SSL karena ini menjaga keamanan dari para pembeli anda. Jadi, data-data anda lebih kecil kemungkinannya untuk dihack. Nah, disini saya tekankan lebih kecil bukan berarti jika anda menggunakan SSL maka browser anda anti-hack. Tidak. Karena SSL adalah pagar yang kita gunakan untuk setidaknya mem-block orang-orang yang bisa mencuri data dari customer anda. Jadi, apabila anda tidak menggunakannya maka, brower anda akan lebih ringan dan akan lebih mudah untuk di hack. Jadi, ini juga berlaku untuk semua hal yang anda lakukan di internet yang bisa kita lakukan adalah kita melakukan hambatan-hambatan, melakukan beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya hack. Tapi, sebaik apapun kunci yang bisa kita terapkan bukan menutup kemungkinan bahwa hacker bisa menyerang website anda. Jadi yang pertama adalah e-commerce site. Untuk e-commerce site semua wajib memerlukan penggunaan dari https, jadi kalau anda e-commerce site bisa terjadi transaksi jual-beli maka, anda wajib memilikinya. Alasan kedua adalah not-secured site. Apa maksudnya not-secured site? Dalam beberapa waktu kedepan kita akan melihat ada banyak tulisan Not Secure, terutama anda yang menggunakan chrome browser. Saat ini chrome browser adalah browser yang paling umum untuk digunakan di internet dan paling banyak penggunanya. Dan sekarang google chrome menuliskan website-website yang tidak menggunakan https sebagai Not Secure. Hal ini sudah digunakan untuk anda yang menggunakan chrome di incognito, tapi untuk yang belum sebentar lagi akan masuk google chrome secara berkala melakukan upgrade dan berita ini sudah diterbitkan beberapa tahun yang lalu. Sekarang lebih banyak lagi website-website, lebih banyak lagi upgrade dari sistem dari chrome yang menampilkan bahwa bila kita tidak menggunakan https, maka disebut bahwa website kita Not Secure.

Artinya Not Secure disini bukan berarti website tersebut punya malware atau tidak aman untuk diakses, bukan, tapi disebutkan disini bahwa website-website yang Not Secure artinya kalau anda memasukkan data ke website tersebut, maka, data anda bisa di hack oleh orang-orang diluar sana dengan lebih mudah. Jadi, dituliskan disini Not Secure adalah data anda yang anda masukkan akan lebih mudah diakses oleh orang lain. Jadi, ini adalah alasan kedua kenapa website anda membutuhkan https setidaknya minimal orang-orang yang tidak mengerti kata-kata Not Secure disini mereka akan menganggap bahwa website anda itu Not Secure yang artinya disini adalah mereka bisa akses website anda. Tetapi, untuk mereka yang tidak mengerti Not Secure mereka akan mengira bahwa apakah data saya bisa hilang, data-data saya, kartu kredit saya, account-account saya bisa di hack, komputer saya bisa di hack. Jadi ini untuk mencegah hal tersebut. Jadi, itu adalah alasan ke 2 Not Secure site.

Dan yang ketiga adalah SEO factor, of course, ini adalah yang paling penting untuk semuanya. Menurut saya, setidaknya. Di tahun 2014, Search Engine Giant announce https sebagai ranking signal. Jadi, website-website yang menggunakan https diperhitungkan ranking-nya untuk lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mempunyai https. Jadi ini juga salah satu ranking signal yang cukup baik yang bisa digunakan oleh teman-teman disini. Jadi, itu adalah 3 alasan kenapa anda membutuhkan SSL  di tahun 2018 kedepan. Jadi, kalau website anda belum menggunakan SSL, maka saya sangat sarankan anda menggunakan SSL. Pertanyaannya adalah bagaimana kita menggunakan SSL, seberapa sulit untuk menerapkan SSL di dalam website-website yang sudah berjalan. Jawabannya adalah antara sederhana sampai cukup kompleks tergantung dari seberapa besar website anda.

Untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana caranya anda bisa juga bertanya kepada kami ToffeeDev untuk mengetahui bagaimana anda bisa menerapkan SSL untuk bisnisnya anda. Anda bisa melakukannya dengan menghubungi kami di 58901608 atau kirim email di [email protected] atau kirim Whatsapp ke 08118386688. Dengan itu anda bisa menghubungi kami atau anda bisa melihat deskripsi yang ada dibawah untuk menemukan bagaimana caranya kontak kepada kami sehingga kami bisa bantu mengubah website anda dari non https menjadi https, menerapkan SSL untuk kepentingan dari bisnisnya anda. Sekian dari saya dari live kali ini, untuk anda yang ingin mempelajari lebih banyak mengenai digital marketing ataupun website, subscribe video kami di youtube.com/toffeedev.

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *