Cara Meningkatkan SEO Joomla
Inilah Cara Meningkatkan SEO Joomla
April 27, 2020
Perbedaan Penjualan Online Dan Offline
Perbedaan Penjualan Online Dan Offline
April 27, 2020
Show all

Rekomendasi Aplikasi Untuk Membuat Webinar

Aplikasi Untuk Membuat Webinar

Aplikasi Untuk Membuat Webinar

Mendapatkan ilmu dan memberikan ilmu pada hari ini sangat mudah untuk dilakukan karena didukung oleh berbagai macam teknologi. Salah satunya adalah webinar. Bagi para internet marketer, blogger, developer, hingga wiraswasta, pasti sudah sering mendengar tentang webinar. Sebagai bentuk dari aplikasi konferensi web yang bisa digunakan di laptop/komputer hingga smartphone, ada berbagai rekomendasi aplikasi untuk membuat webinar yang bisa Anda pilih.

Jika Anda memperhatikan bagaimana industri tumbuh, maka Anda akan sadar bahwa banyak orang yang tahu bahwa membagikan ilmu bisa lebih mudah dilakukan. Itu juga yang disadari oleh beberapa perusahaan yang berhubungan dengan human relations dan lowongan pekerjaan. Mereka sering membuat seminar, diskusi, dan semacamnya menggunakan webinar ini. Apalagi banyak orang yang sudah mulai nyaman menyerap ilmu menggunakan webinar juga.

Jadi, inilah rekomendasi aplikasi untuk membuat webinar yang bisa Anda gunakan sekarang juga!

Yondo Webinar

Sesuai namanya, Yondo Webinar memang diciptakan untuk fokus memberikan layanan konferensi web khusus webinar. Berbentuk plugin di dalam browser Google Chrome, Yondo Webinar memiliki berbagai macam fitur yang menarik dan bermanfaat.

Ada fitur membagikan layar (khususnya untuk para pembicara), bisa bergabung ke dalam satu sesi panggilan video secara real time, serta penggunaannya yang mudah alias user friendly. Dengan kelebihannya ini, akhirnya Yondo Webinar cukup sering dipakai untuk melaksanakan webinar yang penuh ilmu.

AnyMeeting

Selain Yondo Webinar, ada juga AnyMeeting. Keunggulan utama AnyMeeting adalah bisa digunakan secara gratis selama 14 hari pemakaian. Selain itu fitur yang menunjang seperti membagikan layar, adanya fitur chat, VoIP, dan polling menjadikan webinar semakin seru dan menarik. Jika memang Anda ingin menyimpan keseluruhan proses webinar, maka bisa juga direkam ketika menggunakan AnyMeeting. Rekaman itu pun juga bisa dibagikan via media sosial agar semakin banyak orang yang tahu tentang materi yang dibawakan sebelumnya.

BigBlueButton

BigBlueButton memang sengaja diciptakan sebagai webinar untuk edukasi. Dengan sistem open souce dan bisa digunakan secara gratis, BigBlueButton bisa tercipta karena hasil dari kolaborasi para developer secara online. Ada berbagai macam fitur yang dibangun di dalam aplikasi ini, seperti fitur membagikan layar, bisa melakukan voice/video call, serta adanya fitur papan tulis yang bisa digunakan di dalam satu panggilan video tersebut. Fitur moderator juga tersedia di sini sehingga perjalanan webinar bisa dilakukan secara lancar karena audiensnya bisa dikelola juga dengan rapi dan teratur.

Google Meet

Sebagai salah satu produk dari Google, bisa dibilang Google Meet memiliki popularitas yang jauh lebih besar dibandingkan aplikasi webinar lain yang ada di dalam daftar ini. Anda juga bisa menggunakan Google Meet atau biasa disebut Hangouts Meet untuk webinar. Maksimal orang yang melakukan online meeting bisa menembus angka maksimal 250 orang. Selain itu, integrasi dengan berbagai produk Google lainnya, seperti membagikan dokumen lewat Google Drive, fitur text-to-speech yang mampu memunculkan caption, serta penjadwalan meeting  via Google Calendar juga bisa dipakai dengan Google Meet.

Fitur screen sharing juga tetap ada di Google Meet. Jadi ketika Anda ingin menunjukkan beberapa dokumen secara langsung kepada orang lain, mereka juga bisa membaca dengan jelas melalui fitur ini. Google Meet sudah tersedia di PC/laptop dan smartphone berbasis Android serta iOS.

Baca Juga: Barisan Aplikasi Untuk Online Meeting di Rumah

Itulah barisan aplikasi untuk membuat webinar yang bisa Anda pilih. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *