DesignAwards.Asia Design Of The Day
Kesetiaan + Kepemimpinan = Sempurna!
Februari 18, 2016
CONFIRMED : Google Ads Sudah Tak Lagi Muncul Di Sebelah Kanan Mesin Pencari
Februari 22, 2016
Show all

Bagaimana Membawa Leads Yang Berasal Dari Social Media

Hand completing a multiple choice exam.

Sebagai seorang marketer untuk konten social media, pasti kamu setiap hari harus memutar otak tentang bagaimana mengubah “mereka” menjadi sales leads yang sesungguhnya. Ini merupakan hal yang tidak mudah untuk membuat konten kepada calon leads kita. Tidak seperti Google, ketika orang-orang sibuk mencari solusi di dalamnya, sedangkan Facebook atau Twitter kebanyakan digunakan hanya untuk menghabiskan waktu saja, seperti melakukan observasi. Dikutip dari SocialMouths, berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan leads melalui social media:

Buatlah Sebuah Kuis Untuk Menarik Calon Leads

Akhir-akhir ini pasti banyak sekali kuis yang “nyeleneh” berseliweran di timeline social media kamu. Dari mulai kuis tentang “Akan menjadi apa saya di tahun 2016” sampai “Tipe orang seperti apakah saya”, dan lain sebagainya. Hal semacam ini bisa kamu gunakan untuk menarik perhatian calon pelanggan agar mau meng-klik link tersebut lalu masuk ke dalam website kamu. Buatlah kuis yang sesuai dengan bisnis kamu, sehingga pesan yang akan disampaikan juga akan langsung diterima oleh si calon klien. Dengan begini, si calon klien perlahan akan mengetahui jenis bisnis apa yang kamu jalani dan apa yang dapat kamu lakukan untuk mereka. Sudah bukan rahasia umum lagi kalau social media sangat diperlukan untuk publikasi kuis semacam ini, karena ketika ada seseorang yang mengikuti kuisnya dan dia menyukainya maka dia tidak akan segan membagikannya ke timeline social media yang dia miliki. Dan jangan lupa, pakalilah gambar yang menarik sebagai thumbnail kuis kamu.

Jangan Lupa Promosikan Semua Kuis/Event Kamu

Lebih dari 75% orang yang membuka kuis berasal dari social media seperti Facebook atau Twitter. Ada beberapa trik untuk mempromosikan secara “halus” kuis atau event yang kamu miliki. Prosesnya cukup sederhana yaitu buatlah judul kuis/event yang menarik serta gambar yang unik. Hal ini sangat dapat menarik para calon pelanggan yang ada di timeline kamu. Setelah itu, buatlah caption yang tidak kalah menarik sehingga calon klien secara tidak langsung “terhipnotis” dengan postingan yang kamu buat. Yang terakhir, bagikan foto dengan caption yang menarik, serta link untuk menuju ke website kamu. Dengan begitu, mereka tidak akan segan untuk mengklik link tersebut dan melalukan surfing disana.

Jangan Lupa Untuk Follow-Up

Jika dalam beberapa waktu sudah terkumpul banyak leads dalam database kamu, jangan lupa untuk follow up. Ketika mereka tertarik dengan isi postingan dalam social media kamu, maka ketika mereka memberikan feedback positif, mereka pun berharap kamu akan menghubungi mereka lebih lanjut. Cara paling mudah adalah, ketika si calon klien mengisi form atau mengikuti kuis yang kamu buat, langsung kirimkan ucapan “Terima Kasih” ke email mereka masing-masing. Dengan begini, mereka akan merasa dihargai sebagai calon pembeli produk/jasa kamu. Lalu, beberapa hari kemudian kirimkanlah kembali konten yang berhubungan dengan bisnis kamu, sehingga si calon klien merasa diakui keberadaannya.

Menggabungkan social media marketing dengan leads memang bukan cara yang mudah untuk dilakukan. Kamu harus mengubah pikiran seseorang dari “hanya browsing” menjadi “siap membeli” secara tidak langsung. Namun, itulah tantangan tersendiri bagi kita sebagai marketer di dunia social media seperti sekarang ini.

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar social media marketing, silahkan hubungi kami di 021-5890 1608

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *