3 Tips Praktis Membuat Website Anda Menjadi Lebih Efektif
Mei 28, 2018
Bagaimana Membuat Laporan SEO Berdasarkan Performance?
Juni 11, 2018
Show all

Bagaimana Meningkatkan Penjualan di Dunia Online?

Selamat datang di Toffeedev Sharing Monday!

Untuk hari ini saya akan memberikan 3 tips marketing yang efektif untuk meningkatkan penjualan di dunia online. Seperti yang kita tahu saat ini dunia online atau bisnis online seperti e-commerce gitu itu sedang maraknya dan memang banyak sekali gitu yang memiliki website toko online, baik yang memang punya website sendiri atau berjualan di marketplace. Nah mungkin kalau dibilang tips market yang efektif sebenarnya ada banyak banget, tapi hari ini saya akan merangkum tiga hal atau tiga tips marketing yang efektif untuk kamu terapkan dengan mudah ke toko onlinenya kamu.

Tips yang pertama adalah kamu itu harus TREAT CUSTOMER kamu baik yang happy atau unhappy customer dengan baik. Contohnya gini kalau misalkan, kita ambil contoh yang unhappy customer dulu ya, kalau misalkan unhappy customer di dunia online itu sangat rentan dengan komentar-komentar yang buruk. Kalau misalkan dia merasa jasa atau produk yang dia dapatkan tidak sesuai dengan ekspektasi merek, si unhappy customer ini akan mudah menuliskan komentar-komentar buruk seputar tentang toko online kamu. Jadi sebagai owner kamu harus dengan sigap melayani atau merespon mereka, supaya pada pembelanjaan selanjutnya mereka tetap merasa puas ketika belanja di tokonya kamu. Jangan sampai itu adalah pembelian pertama dan terakhirnya dia di toko online kamu. Pastikan kamu harus treat well mereka si unhappy customer ini. Jadi untuk men-treat si unhappy customer ini kamu bisa memberikan kupon atau voucher untuk pembelian selanjutnya.

Tapi, jangan lupa juga ke si happy customer. Jangan anggap karena dia udah happy jadi kamu gak pernah memperdulikan mereka lagi, jangan sampai seperti itu. Si happy customer juga harus kamu treat well as your best friend kalo bisa.

Tips marketing efektif yang kedua untuk meningkatkan penjualan kamu di dunia online adalah SPECIAL OFFER. Special offer ini bisa berupa kupon, voucher atau diskon. Siapa sih yang gak suka diskon? Siapa sih yang gak suka promo? Pasti semua orang, termasuk saya juga suka dengan diskon atau voucher atau dengan promo-promo. Nah caranya yang paling mudah untuk supaya si customer ini melihat ada promo apa di halaman website kamu, di toko online kamu, adalah sediakan satu page khusus untuk pemberian promo, voucher atau kupon yang kamu miliki. Jadi si customer ketika masuk ke toko onlinenya kamu, dia udah tau nih kira-kira ada promo atau voucher apa sih untuk di bulan ini. Jadi mereka bisa langsung buka halaman tersebut tanpa harus mencari lagi. Nah ini bisa juga meningkatkan penjualan kamu dengan voucher atau diskon ini, tentunya barang yang di-diskon jangan barang yang “reject” tapi tetap barang yang memang kamu jual atau kamu sediakan di toko onlinenya kamu.

Mungkin bisa juga dengan cara kalo misalkan kamu baru memulai toko online, kamu bisa ikuti cara salah satu marketplace yang saya tidak perlu sebutkan namanya yang di awal kemunculannya dia memberikan promo Gratis Ongkir ke seluruh Indonesia. Nah itu adalah caranya mereka supaya kita aware terhadap aplikasi tersebut, terhadap marketplacenya. Itu berhasil, banyak banget orang dan termasuk saya juga ikutan mendownload aplikasi tersebut, kenapa? Ya karena kalau bisa dibilang waktu itu dia merupakan satu-satunya marketplace yang memberikan Gratis Ongkir ke seluruh Indonesia. Nah walaupun sekarang memang sudah ada minimal pembelian berapa tapi kan tidak mengurangi orang untuk menghapus aplikasi tersebut, karena masih ada promo gratis ongkir yang lain.

Dan untuk tips yang ketiga atau tips yang terakhir untuk Toffee Sharing Monday kali ini adalah BE ACTIVE EVERYWHERE. Maksudnya disini adalah kalau kamu memiliki account di semua platform media social seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube atau apapun itu, usahakan kamu aktif di semua platform tersebut. Dalam artian minimal satu hari ada satu postingan, namanya juga dunia online, otomatis orang akan mencari kamu di dunia online. Kalau misalkan kamu tidak aktif di social media tersebut, lalu orang mau mencari tahu kamu dimana lagi, kalau bukan di social media? Jadi pastikan kamu aktif di semua platform social media yang kamu miliki. Jadi orang-orang bisa lihat nih, “oh, ternyata memang betulan ada”, jadi kredibilitas kamu bisa meningkat dengan adanya atau dengan aktifnya kamu di social media.

Ya itu dia tadi tiga tips marketing untuk meningkatkan penjualan di dunia online tau di toko online yang kamu miliki. Dan sekian dari saya dan jangan lupa untuk saksikan Toffee Sharing Monday setiap hari Senin pukul 9.30 hanya di page Toffeedev.

Sampai jumpa!

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat