Ingin SEO Bisnis Anda Sukses? Pelajari 5 Elemen Ini

Menjalankan bisnis pada saat ini memang membutuhkan berbagai strategi dari bermacam-macam aspek. Strategi-strategi yang dijalankan tidak hanya berfokus pada bagaimana mendapatkan penjualan tinggi saja, tetapi juga mengetahui cara promosi yang tepat sesuai target konsumen. Berbicara mengenai promosi, ada satu strategi yang sebenarnya bisa dikonversikan menjadi bentuk memperkenalkan bisnis Anda pada masyarakat. Apa strategi itu? Jawabannya adalah SEO bisnis.

SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu strategi dari digital marketing yang memberikan manfaat dan dukungan besar bagi bisnis. Dukungan dari SEO untuk bisnis memang berfokus pada hasil pencarian Google. Tidak dapat dimungkiri bahwa aktivitas masyarakat saat ini untuk mencari beragam jenis produk atau jasa lebih sering melalui internet, khususnya Google. Melihat bagaimana masyarakat semakin dekat dengan dunia maya, maka sudah waktunya untuk setiap bisnis melakukan promosi via Google.

SEO memiliki beragam manfaat untuk bisnis yang bisa Anda rasakan seiring berjalannya waktu, seperti:

  • Meningkatkan trafik pengunjung ke dalam website
  • Meningkatkan konversi bisnis sehingga mendapatkan angka penjualan lebih baik
  • Meningkatkan brand awareness sehingga semakin banyak yang mengenali bisnis Anda

Dari tiga manfaat utama SEO yang telah dijelaskan, secara keseluruhan, semuanya memang memberikan dukungan besar sehingga bisnis menjadi lebih maju. Sayangnya, tidak semua bisnis memahami bagaimana menjalankan strategi SEO yang baik.

Ketika mereka ingin mendapatkan hasil instan, maka berbagai jalan pintas pun dilakukan. Disebut sebagai strategi Black Hat SEO, sebenarnya trafik pengunjung bisa lebih cepat naik dengan menempatkan website bisnis di bagian pertama hasil pencarian Google. Namun Google sendiri mengetahui bagaimana trik Black Hat SEO sehingga semakin ke sini, jalan pintas ini bisa diredam. Mau tidak mau, bisnis harus menjalankan strategi SEO yang memang adil dan jujur sesuai aturan Google.

Disebut sebagai White Hat SEO, strategi yang diterapkan memang tidak selamanya tepat juga. Melihat bagaimana semakin banyaknya bisnis yang menggunakan strategi SEO, akhirnya tingkat kompetisi pun jauh lebih tinggi lagi. Inilah yang menyebabkan terkadang strategi yang sudah dijalankan malah tidak membuahkan hasil sesuai target.

Oleh karena itu, Anda harus memahami apa saja elemen penting di dalam SEO sehingga hasil akhirnya bisa sesuai. Mari mengenali setiap elemennya lebih dalam bersama Master SEO dari ToffeeDev.

Lima Elemen Penting SEO Bisnis

Lima elemen penting yang ada di dalam SEO sebenarnya termasuk dalam dua bagian, yaitu on page dan off page

SEO on page berfokus pada seluruh teknik dan strategi yang diterapkan di dalam website Anda agar mampu meningkatkan peringkat dalam hasil pencarian Google. Selain itu juga dimanfaatkan untuk mendapatkan website yang jauh lebih user friendly dan mudah digunakan oleh setiap pengunjung.

Perlu diketahui bahwa pembuatan website bukanlah perkara yang mudah. Ada saja desain website yang sebenarnya tidak user friendly. Namun dikarenakan keterbatasan informasi dan pengetahuan mengenai hal ini, akhirnya website bisnis yang digunakan malah tidak optimal dan jauh dari user friendly. Beruntung, dalam SEO on page, website bisnis yang dioptimasi pasti akan mendapatkan pengaturan baru sehingga secara desain hingga konten jauh lebih optimal lagi.

SEO off page sendiri berfokus pada segala sesuatu yang dilakukan di luar website Anda. Mungkin penjelasan ini belum terlalu mengerti dan menjelaskan secara dalam tentang apa itu SEO on page dan off page. Nah, di bawah ini ada lima elemen penting yang termasuk di dalam dua bagian SEO tersebut. Berikut ulasan selengkapnya.

Elemen SEO On Page

Ada tiga elemen utama dalam SEO on page, yaitu konten, keyword, dan meta title/description

1. Konten

Konten adalah elemen penting dalam strategi SEO yang tepat. Alasan utama mengapa konten itu penting karena di dalamnya mengandung informasi yang menarik, khususnya mengenai produk atau jasa bisnis tersebut. Dengan menggunakan konten, maka Anda dapat menjelaskan apa jasa atau produk yang dijual dengan lebih rinci dan deskriptif. Dengan begitu, pengunjung website menjadi jauh lebih mengerti.

Dalam membuat konten yang SEO friendly, perlu memperhatikan panjang isinya. Saat ini minimal konten dalam satu laman website ada di angka 300 hingga 500 kata. Namun untuk lebih maksimal, coba buat konten minimal 500 kata. Semakin banyak dan berkualitas isi konten, maka pengunjung bisa mendapatkan informasi yang relevan dan menarik.

Baca Juga: 5 Manfaat Digital Marketing untuk Perkembangan Bisnis

2. Keyword

Keyword atau kata kunci merupakan suatu kata atau rangkaian kata yang ketika diketik di Google, maka langsung menampilkan website Anda. Keyword yang baik harus memiliki search volume yang tinggi dengan tingkat kompetisi rendah. Dengan optimasi SEO, keyword yang ada di dalam masing-masing konten bisa mempermudah Google dalam memasukkan ke hasil pencarian. Dengan begitu, semakin banyak pengguna internet yang menemukan website bisnis Anda.

Keyword sendiri harus dimasukkan beberapa kali dalam konten setiap laman website. Termasuk dalam meta title/description. Selain itu, setiap laman website yang dioptimasi juga biasanya memiliki keyword berbeda-beda.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Keyword Dalam SEO

3. Meta Title/Description

Meta title/description adalah tulisan yang akan ditampilkan dalam SERP (Search Engine Results Pages). Penjelasan lebih mudahnya, meta title adalah judul dari laman website tersebut. Sedangkan meta description adalah penjelasan ringkas yang biasanya muncul di bawah judul laman website dalam SERP. 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, di dalam meta title/description harus ada keyword agar semakin mudah untuk dioptimasi.Jasa SEO

Elemen SEO Off Page

Kalau elemen dalam SEO on page ada tiga, untuk off page ada dua, yaitu backlink dan media sosial.

1. Backlink

Backlink telah menjadi topik perbincangan yang panjang dalam dunia SEO. Termasuk pula sebagai hal paling sulit untuk diterapkan. Mengapa sulit untuk dijalankan? Backlink bersumber dari website lain yang mau meletakkan link website Anda di dalamnya. 

Tentu saja untuk mendapatkan backlink secara alami bukanlah perkara mudah. Anda harus membuat website bisnis menjadi lebih tepercaya dengan konten marnik. Dari sana, maka Anda bisa mendapatkan backlink dengan sendirinya. Namun tidak semua backlink itu baik. Jika website yang meletakkan link website Anda ternyata tidak tepercaya, maka hasilnya dapat berpengaruh buruk pada reputasi.

2. Media Sosial

Media sosial menjadi medium terbaik untuk berkomunikasi dengan konsumen. Selain itu, Anda juga dapat memberikan informasi terkini mengenai produk terbaru, promosi, dan membuat konten yang menarik. Jangan lupa untuk selalu meletakkan link website bisnis Anda di postingan media sosial agar dapat menarik trafik juga.

Jadi itulah lima elemen SEO yang sangat penting untuk diketahui dan dioptimasi secara optimal untuk website bisnis Anda. Semoga informasi mengenai SEO bisnis ini dapat bermanfaat dan jika Anda membutuhkan dukungan strategi SEO yang tepat sasaran dan sesuai target bagi bisnis, jangan ragu untuk menghubungi Pakar SEO ToffeeDev sekarang juga. 

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat