5 Hal Wajib yang Perlu Diketahui dalam Reporting SEO Anda

Menerapkan SEO dan bukan perkara mudah. Namun demi bisnis yang lebih menjanjikan, metode ini perlu diimplementasikan.

Adapun setelah mengaplikasikan SEO, tidak lantas pekerjaan berhenti begitu saja. Anda perlu melakukan audit sebagai evaluasi apakah metode SEO yang diterapkan sudah optimal dan mencapai target sasaran atau belum. Sebab di sisi lain, behavior pengguna internet yang dinamis menuntut Anda sebagai digital marketer harus terus melakukan penyesuaian.

Apa Itu Reporting SEO?

Reporting SEO merupakan bagian dari evaluasi yang Anda lakukan atas langkah-langkah SEO yang sudah dilakukan. SEO Report dapat didefinisikan sebagai gambaran umum mengenai kinerja sebuah website mesin pencari seperti Google. Oleh karena SEO yang baik selalu didasarkan pada perencanaan, maka SEO Report menjadi analisis perencanaan dan hasil proses pekerjaan tersebut.

SEO Report sebenarnya lebih lazim dibuat oleh pihak jasa pakar SEO kepada klien mereka. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan sendiri oleh perusahaan yang memiliki tim atau sumber daya khusus yang menangani SEO.

Bagaimana Reporting SEO yang Baik?

Ada dua tujuan utama reporting SEO: memandu pekerjaan Anda sebagai perancang SEO (dan mungkin sekaligus perancang web) dan memberi informasi yang jelas kepada klien maupun tim atau atasan terkait.

Untuk membuat report yang baik, Anda perlu dapat memberikan tiga hal berikut kepada klien maupun pihak yang terkait yang membutuhkan laporan ini.

Baca Juga: 4 Tips untuk Local SEO yang Perlu Diketahui Setiap Bisnis

1. Progress

SEO tidak cuma kompleks, tetapi juga mahal. Maka dari itu, setiap pihak yang benar-benar memahami pentingnya upaya ini rela mengeluarkan nominal yang tak sedikit untuk menggenjot bisnis, baik dengan menyewa pihak profesional SEO eksternal maupun menjadikan mereka sebagai in-house.

Wajar jika pemilik bisnis kemudian mengharap hasil yang baik atas biaya dan investasi yang dilakukan. Namun mengingat SEO bukan hal yang terjadi dalam satu malam (apalagi jika langsung mengharap peringkat menembus atas dari nol dalam waktu cepat seperti satu minggu hingga satu bulan), Anda tak perlu merasa terbebani.

Setidaknya, tampilkanlah progress atau kemajuan yang sudah dilakukan. Cantumkan apa saja hal-hal yang sudah dilakukan dan hal-hal apa saja yang sudah berubah dalam kurun waktu tersebut sejak Anda mengoptimasi situs web tersebut.

Baca Juga: Pahami Cara Kerja SEO yang Bisa Membantu Bisnis Anda

2. Insight

Anda juga sebaiknya dapat memberi informasi sesuai pengetahuan yang dimiliki tentang hal-hal apa saja yang dapat diterapkan. Hal ini khususnya berkaitan (dan menjadi highlight) dengan isu-isu berikut area mana saja yang dapat dikerjakan dalam periode mendatang.

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Traffic Website Berikut Ini

3. Recommendation

Pembaca SEO report biasanya tak akan menjelajahi data satu per satu dan hanya ingin mengetahui kondisi saat ini berikut hal apa yang harus dilakukan selanjutnya. Anda bisa memberi rekomendasi dalam laporan SEO yang dibuat tentang apa saja yang perlu dan dapat dilakukan oleh pihak tersebut dalam mencapai tujuan.

Jasa SEO

Hal-Hal yang Harus Ada dalam Reporting SEO

Komponen SEO sangat banyak. Dari sekian banyak hal tersebut, secara umum lima hal ini yang harus Anda ketahui dan terapkan.

1. SEO Health

Ini adalah gambaran umum tentang seberapa bagus performa SEO yang sudah dilakukan. Oleh sebab itu, parameternya pun cukup banyak. 

Anda bisa memulainya dengan struktur berikut respon web. Apabila web terlalu berat, maka proses loading akan makin lama dan membuat pengunjung justru hanya akan meninggalkan bounce rate tinggi. Tak lupa, cek apakah web sudah cukup mobile-friendly sehingga meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Selain itu, Anda bisa mengevaluasi komponen lainnya seperti SEO On Page, redirect, hingga segala hal yang berkaitan dengan pengindeksan. Gunakan berbagai tool yang berkualitas (beberapa di antara gratis) untuk mengaudit setiap parameter yang ingin diuji. 

2. Backlink Health

Backlink adalah istilah untuk menamakan tautan atau link yang mengarah ke situs web. Backlink banyak dimanfaatkan untuk keperluan optimasi agar website lebih populer di mata mesin pencari maupun sebagai rujukan untuk memudahkan dan meyakinkan pengunjung saat mencari informasi dalam konten tersebut.

Anda perlu memeriksa kesehatan backlink web. Hal ini juga dimaksudkan untuk meminimalkan risiko terkena Google Penalty yang dapat membuat peringkat web merosot drastis sehingga mengurangi trafik yang terjadi. Jika backlink ditanam atau mengarah ke web yang mencurigakan di mata mesin pencari, maka web berisiko mendapat penalti. 

Selain itu, Anda juga bisa mengecek backlink yang mengarah ke situs Anda. Sama seperti pada kondisi yang dijelaskan sebelumnya, kualitas web yang memberi backlink ke website Anda akan turut berpengaruh. Makin banyak backlink berkualitas yang mengarah ke situs Anda, maka makin tinggi pula ranking pencarian di SERP.

3. Ranking Progress

SEO bertujuan untuk meningkatkan peringkat sebuah web di SERP. Maka dari itu, ini adalah bagian yang boleh dibilang paling penting untuk diketahui dalam sebuah laporan SEO.

Reporting SEO harus bisa menunjukkan kemajuan atas peringkat yang telah dicapai setelah menerapkan upaya-upaya optimasi. Hal ini juga akan menjadi tolak ukur serta guideline bagi Master SEO untuk melakukan secara maksimal tugas yang diberikan.

Selain itu, ranking progress juga dimaksudkan untuk mengawasi perubahan peringkat saat terjadi potensi penurunan. Kondisi naik-turunnya peringkat ini tidak semestinya dibuat beban mengingat ketatnya persaingan—apalagi jika suatu web terbilang baru menerapkan konsep SEO.

4. Organic Traffic Progress

Trafik dapat berasal dari mana saja. Melalui SEO tools, Anda bisa memantau dari mana saja trafik web bersumber.

Organic traffic sendiri merupakan trafik yang terjadi saat pengunjung yang datang ke situs web adalah berdasarkan pencarian yang mereka lakukan sendiri secara manual. Contohnya, pengunjung yang berkunjung ke situs Toffeedev sebelumnya mengetikkan secara langsung ‘Toffeedev’ pada mesin pencari alih-alih mengklik tautan yang ada di website lain atau mengetikkan kata kunci yang relevan.

Adapun jenis trafik ini selaras dengan progress atas brand awareness tentang sebuah produk atau bisnis. Makin kuat brand awareness yang tercipta di masyarakat, makin besar peluang trafik web meningkat.

5. Sales / Leads

SEO hanyalah metode yang diimplementasikan sebagai bagian dari pemasaran melalui media digital. Pada akhirnya, tujuan dari cara-cara marketing yang dilakukan adalah untuk menghasilkan penjualan alias sales. Dalam kata lain, implementasi SEO ditujukan untuk meningkatkan sales.

Kendati SEO bukanlah satu-satunya faktor yang memengaruhi tindakan seseorang untuk membeli, persentase persuasif yang dihasilkan cukup besar. Oleh sebab itu, semakin baik SEO yang diterapkan, idealnya, makin banyak pula sales yang terjadi.

Sertakan dalam SEO Report data penjualan yang berhasil terjadi sejak diimplementasikannya SEO dan bandingkan dengan kondisi sebelumnya. Anda pun dapat membuat rasio setiap berapa sales yang tercipta atas pengaplikasian setiap teknik SEO.

Baca Juga: Mengenal Istilah Lead Generation dalam Digital Marketing

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan ketahui dalam sebuah reporting SEO. Buatlah SEO Report yang baik untuk memudahkan klien atau pihak terkait lainnya dalam memperoleh informasi yang mereka butuhkan sekaligus menjadi tanda bahwa Anda adalah seorang SEO optimizer yang profesional dan berkualitas.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat