Apa itu Remarketing dalam SEM? Apa Keuntungannya?

Apa itu remarketing dalam SEM? Dapat kita ketahui bahwa teknik ini merupakan salah satu strategi dalam memasarkan produk dengan menggunakan iklan sebagai media pemasaran digital. Strategi ini diterapkan untuk menargetkan pengunjung yang sebelumnya telah berkunjung di sebuah situs  web dan melalui cookie data-data tersebut dapat digunakan oleh perusahaan dalam melakukan remarketing.

Remarketing menguatkan strategi dan sangat mungkin untuk menjangkau kembali pengguna yang telah mengindikasikan ketertarikan dan keterlibatan mereka terhadap suatu produk atau layanan. Strategi ini layaknya memberikan peluang kembali kepada pengguna untuk dapat meningkatkan konversi sampai pengguna melakukan tindakan pembelian. Melihat tujuannya penting sekali bagi perusahaan untuk menerapkan strategi ini dalam bisnis mereka. Selanjutnya mari ikut dalam pembahasan yang lebih luas mengenai remarketing. 

Apa itu Remarketing dalam Digital Marketing?

Dapat kita pahami bahwa remarketing merupakan suatu upaya strategis dalam menjangkau kembali pengunjung yang awalnya telah mengindikasikan ketertarikan mereka terhadap bisnis Anda, tetapi belum melakukan tindakan yang lebih jauh lagi seperti membeli atau menggunakan jasa produk serta layanan.

Dalam praktiknya remarketing mengambil langkah terukur dengan menerapkan penggunaan cookie sebagai pelacakan dari setiap aktivitas pengguna di sebuah situs web. Data tersebut dapat dianalisis kemudian perusahaan dapat  menyediakan apa yang mereka butuhkan dengan menawarkan kembali melalui iklan.

Kesadaran merek secara lebih kuat dapat terbangun melalui penyesuaian iklan yang disiapkan untuk menargetkan pengguna yang melakukan interaksi dengan brand bisnis Anda. Tentu saja upaya ini dapat memotivasi mereka untuk mengambil sebuah tindakan yang diharapkan. Oleh sebab itu, melihat keefektifannya tentu saja strategi ini berjalan dengan baik secara personal.

Banner Ads - General 2

Keuntungan Remarketing SEM dalam Menampilkan Iklan

Perusahaan perlu mempertimbangkan segala keuntungan yang bisa diperoleh dari menerapkan strategi remarketing dalam SEM sebab sangat efektif untuk meningkatkan konversi yang mengunjungi website. Lebih jauh lagi mengenai keuntungan yang bisa diperoleh dapat Anda simak dalam penjelasan di bawah ini.

1. Meningkatkan ROI

Penerapan remarketing dalam SEM membantu untuk meningkatkan rasio Return on Investment (ROI) bisnis Anda. Bisnis dapat mengarahkan ulang target mereka melalui penyesuaian iklan yang cocok dengan preferensi atau kebutuhan sehingga menghasilkan konversi yang lebih tinggi.

2. Memperluas Jangkauan Iklan

Strategi remarketing tentu dapat membantu perusahaan untuk meluaskan jangkauan manfaat dari iklan mereka kepada setiap pengunjung yang sempat berinteraksi melalui situs web. Strategi ini terpusat kepada upaya untuk menarik kembali minat pengunjung ke bisnis dan meningkatkan peluang untuk melakukan sebuah tindakan.

Baca Juga: Mengenal SEM (Search Engine Marketing): Apakah Layanan Ini Berbayar?

3. Meningkatkan Kesadaran Merek

Dalam penerapan strategi remarketing tentu saja dapat menguatkan kesadaran merek secara lebih efektif melalui iklan yang konsisten ditampilkan kepada pengunjung website. Kehadiran iklan yang konsisten mampu untuk mempererat kehadiran bisnis di dalam benak pengunjung sehingga terikat secara emosional.

Baca Juga: Apa itu A/B Testing dalam SEM? Bagaimana Cara Melakukannya?

4. Meningkatkan Konversi

Remarketing menggunakan Iklan yang peruntukan kepada pengunjung sebelumnya sehingga  dapat berhasil untuk meningkatkan konversi online yang lebih tinggi. Iklan secara khusus disediakan agar menjadi lebih relevan dengan preferensi pengunjung dengan tujuan menarik minat dan mendapat konversi yang tinggi.

5. Mengatur Segmentasi

Segmentasi dapat diketahui melalui perilaku pengunjung di situs web atau platform bisnis Anda. Berdasarkan wawasan tersebut Anda bisa menyediakan pesan iklan yang menyesuaikan dengan preferensi mereka dan nantinya berguna untuk peningkatan peluang konversi.

Banner Ads - Ebook 2

Tip Strategi Remarketing yang Efektif untuk Situs Web Bisnis Anda

Di balik kesuksesan dari strategi remarketing terdapat tip yang menyertainya. Berikut ini kami mempunyai beberapa tip untuk menerapkan remarketing yang efektif dan dapat Anda gunakan.

1. Tentukan Tujuan Kampanye Remarketing

Tujuan yang jelas dapat membantu Anda dalam merencanakan strategi remarketing sehingga kampanye bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung di situs web. Selain itu, berguna dalam meningkatkan kesadaran merek serta dapat meningkatkan penjualan.

2. Gunakan Data Pengguna untuk Memperkuat Kampanye

Data pengguna sangat berguna untuk merencanakan kampanye yang kuat serta tepat pada sasarannya. Analisis terkait perilaku pengguna, preferensi, sampai pada riwayat pembelian tentu saja membantu bisnis Anda untuk memahami mereka.

Baca Juga: Memahami SEMrush Competition Metric: Fitur, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

3. Tentukan Audiens yang Ingin Ditargetkan

Audiens yang relevan dimaksud agar sesuai dengan kampanye yang Anda rencanakan sebab sangat ampuh untuk meningkatkan konversi sehingga sangat perlu menentukan target yang diinginkan pelanggan sejak awal.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan SEO dan SEM

4. Personalisasi Pesan dan Penawaran

Pengunjung yang telah berinteraksi dengan situs web Anda mungkin saja tertarik pada suatu produk dan mengisi daftar keranjang  belanja mereka, tetapi belum melakukan pembelian. Melalui personalisasi pesan dan penawaran tentu dapat mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

Banner Ads - Lead Gen 2

5. Gunakan Multiple Channel Remarketing dan Atur Frekuensi Iklan

Anda dapat menggunakan multiple channel untuk mencapai audiens yang lebih luas seperti iklan di Facebook, Google, atau menggunakan email marketing. Selain itu, frekuensi iklan perlu Anda atur dengan bijak agar tidak menampilkan hal yang sama secara terus-menerus sehingga membuat mereka menjadi tidak nyaman dan mungkin memblokirnya.

Itu tadi beberapa keuntungan dan tip yang dapat Anda pelajari serta menerapkannya dalam menjalankan sebuah strategi marketing remarketing. Semua keuntungan strategi remarketing tentu saja dapat membantu bisnis Anda makin bertumbuh. Selain itu, menggunakan jasa SEM dari ToffeeDev berguna untuk meningkatkan visibilitas sehingga lalu lintas organik situs web makin bertambah dan peluang untuk mendapat pengunjung baru lebih besar. Konsultasi sekarang mengenai kebutuhan Anda bersama ToffeeDev.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top