Jenis-Jenis Google Ads yang Perlu Anda Ketahui

Anda pasti sering mendengar bahwa Google Ads adalah platform yang efektif untuk mempromosikan bisnis. Namun, Anda juga perlu memahami bahwa Google Ads menyediakan berbagai jenis format iklan, mulai dari Search Ads, Video Ads, hingga yang menarik adalah App Ads. Jenis-jenis iklan Google Ads ini perlu dipahami peruntukan dan cara penggunaannya agar Anda bisa memasang iklan digital dengan lebih efisien.

Dalam artikel ini, ToffeeDev akan menguraikan berbagai jenis Google Ads yang tersedia dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Dengan informasi ini, Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang jenis iklan yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Jadi, mari kita mulai membahas jenis-jenis Google Ads yang perlu Anda ketahui!

Google Search Ads

Pilihan pertama yang paling sering digunakan adalah Google Search Ads. Mari kita mulai dengan mengenal jenis iklan terpopuler ini!

Pengenalan Search Ads

Google Search Ads adalah jenis iklan Google yang muncul di hasil pencarian Google ketika seseorang mencari kata kunci tertentu. Iklan ini muncul di atas atau di bawah hasil pencarian organik dan ditandai dengan label “Iklan”.

Keuntungan menggunakan Google Search Ads adalah dapat meningkatkan visibilitas bisnis Anda di halaman hasil pencarian Google. Iklan ini juga dapat menargetkan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, sehingga dapat menarik pengunjung yang lebih berkualitas ke situs web Anda.

Cara Membuat dan Menampilkan Iklan di Google Search

Untuk membuat iklan Google Search, Anda perlu membuat kampanye Google Ads terlebih dahulu. Setelah itu, buat grup iklan dan pilih kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Buat iklan dengan menambahkan judul, deskripsi, dan URL arahan. Setelah itu, atur anggaran dan jangkauan iklan Anda, dan iklan Anda siap ditampilkan di hasil pencarian Google.

Google Display Ads

Berikutnya, ada Google Display Ads yang sering ditemukan ketika kita mengunjungi sebuah website. Seperti apa Google Display Ads itu?

Pengenalan Display Ads

Google Display Ads adalah jenis iklan Google yang ditampilkan di situs web mitra Google dan aplikasi seluler. Iklan ini dapat berupa gambar, teks, atau bentuk iklan lainnya.  Iklan Google Display Ads juga dapat ditampilkan dalam berbagai format dan ukuran. Pengguna dapat memilih iklan berdasarkan lokasi, demografi, dan minat mereka.

Keuntungan menggunakan Google Display Ads adalah dapat meningkatkan brand awareness dan menjangkau audiens yang lebih luas. Iklan ini juga dapat menargetkan audiens yang spesifik berdasarkan minat, perilaku, dan lokasi.

banner

Cara Membuat dan Menampilkan Iklan di Google Display Network

Untuk membuat iklan Google Display, Anda perlu membuat kampanye Google Ads terlebih dahulu. Setelah itu, buat grup iklan dan pilih jenis iklan yang ingin Anda tampilkan. Buat iklan dengan menambahkan gambar, teks, atau bentuk iklan lainnya. Setelah itu, atur anggaran dan jangkauan iklan Anda, dan iklan Anda siap ditampilkan di situs web mitra Google.

Google Video Ads

Seiring dengan populernya konten video, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan peluang ini dengan menampilkan Google Video Ads. Bagaimana tepatnya iklan video di Google ini?

Pengenalan Video Ads

Google Video Ads adalah jenis iklan Google yang ditampilkan di YouTube dan situs web mitra Google. Iklan ini dapat berupa iklan in-stream, iklan video discovery, atau iklan bumper.

Keuntungan menggunakan Google Video Ads adalah dapat meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan. Iklan ini juga dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan menargetkan audiens yang spesifik berdasarkan minat, perilaku, dan lokasi. 

Baca Juga: Panduan Pemasangan GA4 Google Analytics: Langkah demi Langkah

Cara Membuat dan Menampilkan Iklan Video di Google Ads

Untuk membuat iklan video di Google Ads, Anda perlu membuat kampanye Google Ads terlebih dahulu. Setelah itu, buat grup iklan dan pilih jenis iklan video yang ingin Anda tampilkan. Buat iklan dengan mengunggah video, menambahkan judul, deskripsi, dan URL arahan. Setelah itu, atur anggaran dan jangkauan iklan Anda, dan iklan Anda siap ditampilkan di YouTube dan situs web mitra Google.

Google Shopping Ads

Google Shopping AdsIklan ini lebih ideal untuk Anda yang mempunyai website e-commerce sendiri. Mengapa? Simak uraiannya di bawah ini!

Pengenalan Google Shopping Ads

Google Shopping Ads adalah jenis iklan Google yang menampilkan produk Anda di hasil pencarian Google dan Google Shopping. Iklan ini berisi gambar produk, harga, dan nama toko.  Iklan Google Shopping juga menampilkan ulasan produk, lokasi toko, dan informasi lainnya yang dapat membantu pelanggan membuat keputusan belanja yang tepat.

Keuntungan menggunakan Google Shopping Ads adalah dapat meningkatkan penjualan dan meningkatkan brand awareness. Iklan ini juga dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan menargetkan audiens yang spesifik berdasarkan minat, perilaku, dan lokasi.

Cara membuat Shopping Ads yang efektif

Membuat dan menampilkan iklan produk di Google Shopping cukup mudah. Pertama, Anda harus membuat akun Google Merchant Center. Setelah itu, Anda harus mengirimkan produk Anda di Merchant Center dan membuat iklan di Google Ads. Anda harus memilih jenis iklan “Shopping”, memilih produk yang ingin Anda iklankan, dan membuat teks iklan dan gambar. Setelah itu, Anda harus memilih kata kunci yang relevan untuk iklan Anda dan menentukan anggaran iklan. Setelah iklan Anda disetujui oleh Google, iklan Anda akan ditampilkan di Google Shopping.

Google App Ads

Jenis iklan ini lebih cocok untuk Anda yang mempunyai startup atau merilis aplikasi sebagai bagian dari layanan bisnis Anda. Berikut penjelasan lengkap tentang Google App Ads.

Pengenalan Google App Ads

Google App Ads adalah jenis iklan Google yang menampilkan aplikasi Anda di Google Play, YouTube, dan Google Search. Iklan ini dapat berupa iklan tayangan, iklan pencarian, atau iklan universal.

Keuntungan menggunakan Google App Ads adalah dapat meningkatkan unduhan aplikasi dan meningkatkan brand awareness. Iklan ini juga dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan menargetkan audiens yang spesifik berdasarkan minat, perilaku, dan lokasi.

Baca Juga: Peningkatan Visibilitas Lokal dengan Local SEO

Cara Membuat dan Menampilkan Iklan di Aplikasi Google

Untuk membuat iklan di aplikasi Google, Anda perlu membuat kampanye Google Ads terlebih dahulu. Setelah itu, buat grup iklan dan pilih jenis iklan yang ingin Anda tampilkan. Buat iklan dengan menambahkan judul, deskripsi, dan URL arahan. Setelah itu, atur anggaran dan jangkauan iklan Anda, dan iklan Anda siap ditampilkan di Google Play, YouTube, dan Google Search.

Google Local Ads

Bagi Anda yang mempunyai toko offline, Google Local Ads bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mempromosikan bisnis. Mengapa? Mari kita lihat penjelasan di bawah ini.

Pengenalan Google Local Ads

Google Local Ads adalah jenis iklan Google yang menampilkan bisnis Anda di Google Maps dan hasil pencarian lokal. Iklan ini berisi informasi bisnis, seperti alamat, nomor telepon, dan jam operasional. Iklan Google Local Ads juga dapat menampilkan foto, ulasan, dan informasi lainnya tentang bisnis Anda. 

Keuntungan menggunakan Google Local Ads adalah dapat meningkatkan kunjungan ke toko fisik Anda dan meningkatkan brand awareness. Iklan ini juga dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan menargetkan audiens yang spesifik berdasarkan lokasi.

Cara Membuat dan Menampilkan Iklan dengan Google Local Ads

Untuk membuat iklan dengan Google Local Ads, Anda perlu membuat kampanye Google Ads terlebih dahulu. Setelah itu, buat grup iklan dan pilih jenis iklan yang ingin Anda tampilkan. Buat iklan dengan menambahkan informasi bisnis, seperti alamat, nomor telepon, dan jam operasional. Setelah itu, atur anggaran dan jangkauan iklan Anda, dan iklan Anda siap ditampilkan di Google Maps dan hasil pencarian lokal.

Baca Juga: Biaya Iklan di Google Ads: Panduan dan Penjelasan Lengkap

Google Smart Ads

Terakhir, ada Google Smart Ads, jenis iklan termutakhir dan didukung oleh kecerdasan buatan. Seperti apa iklan Google Smart Ads ini?

Pengenalan Google Smart Ads

Google Smart Ads adalah jenis iklan Google yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menampilkan iklan yang relevan dengan audiens Anda di berbagai platform Google.  Google Smart Ads menggunakan algoritma yang canggih untuk menganalisis perilaku pengguna dan menyesuaikan iklan yang ditampilkan. Artinya, Anda bisa menargetkan audiens Anda dengan lebih tepat dan meningkatkan tingkat konversi.

Keuntungan menggunakan Google Smart Ads adalah dapat meningkatkan konversi dan meningkatkan brand awareness. Iklan ini juga dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan menargetkan audiens yang spesifik berdasarkan minat, perilaku, dan lokasi.

Cara Membuat dan Menampilkan Google Smart Ads

Untuk membuat Google Smart Ads, Anda perlu membuat kampanye Google Ads terlebih dahulu. Setelah itu, pilih jenis kampanye Google Ads yang cocok untuk bisnis Anda, seperti kampanye penjualan atau kampanye brand awareness. Setelah itu, atur anggaran dan jangkauan iklan Anda, dan iklan Anda siap ditampilkan di berbagai platform Google. 

Di antara jenis-jenis Google Ads yang telah diuraikan di atas, manakah yang ingin Anda gunakan untuk menjalankan kampanye digital di platform periklanan terbesar ini? Pastikan untuk memilih jenis iklan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Jangan ragu untuk mencoba beberapa jenis iklan yang berbeda untuk melihat opsi yang paling efektif untuk bisnis Anda.

Apabila masih bingung dalam memutuskan jenis-jenis Google Ads yang tepat, jangan khawatir. Anda bisa menghubungi ToffeeDev dan menggunakan jasa iklan Google Ads untuk menentukan jenis iklan yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Tim Digital Advertising kami juga siap mendampingi Anda dalam merancang dan meluncurkan iklan digital dengan Google Ads, mulai dari desain media kampanye sampai Anda mendapatkan laporan bulanan tentang performa iklan yang telah berjalan. Klik di sini dan mulailah berkonsultasi dengan kami untuk menemukan jenis iklan Google Ads yang tepat untuk bisnis Anda!

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda! Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top
WhatsApp chat