Mari Mengenal Apa Itu Advertorial

Ingin mempromosikan produk atau jasa dengan efektif? Iklan advertorial dapat dijadikan sebagai sebuah strategi marketing yang menarik. Berbeda dari jenis iklan lainnya, iklan advertorial memiliki format serupa dengan tulisan jurnalistik. Biasanya, iklan ini dapat ditemukan pada surat kabar atau majalah. Untuk mengenal apa itu iklan advertorial lebih jauh, simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal Iklan Advertorial

Dari segi bahasa, kata advertorial sendiri diserap dari dua kata Bahasa Inggris, advertising dan editorial. Jadi, berdasarkan pengertian sumber katanya, iklan advertorial adalah suatu bentuk strategi pemasaran yang menggunakan gaya penulisan jurnalistik, lengkap dengan enam unsur berita (5W+1H).

Bisa dibilang, iklan jenis ini adalah teknik pemasaran halus karena advertorial adalah bentuk periklanan yang disajikan dengan gaya bahasa jurnalistik. Apabila iklan pada umumnya menggunakan gaya penyajian materi secara persuasif dan klise, penulisan advertorial menggunakan gaya bahasa jurnalistik yang lebih informatif.

Jika dibandingkan dengan iklan biasa, prospek iklan jenis ini lebih besar. Sebab, pembacanya merasa tidak sedang membaca konten promosi. Mereka merasa sedang membaca sebuah berita yang informatif.

Iklan ini biasanya dimuat pada surat kabar atau majalah. Seiring dengan perkembangan zaman, iklan ini juga bisa ditemukan pada website atau bahkan media sosial. Setiap platform media umumnya memiliki aturan tersendiri terkait iklan ini.

Baca Juga: Mengapa Iklan Sangat Penting Dalam Bisnis Online?

Tujuan dan Fungsi Advertorial

Sama seperti jenis iklan lainnya, iklan advertorial dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa kepada masyarakat agar nantinya mereka berminat membeli barang atau jasa tersebut.

Tetapi tujuan dari sebuah advertorial adalah membangun citra perusahaan dan juga brand awareness sekaligus menyajikan informasi yang jelas agar masyarakat lebih mengenal barang atau jasa yang dipromosikan.

Fungsi utama advertorial adalah menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan bahasa yang halus. Dalam kata lain, iklan ini berperan sebagai pendamping, penerjemah, sekaligus penafsir iklan yang muncul di media massa. Oleh karena itu, gaya bahasa jurnalistik advertorial haruslah lugas, jelas, dan mudah dimengerti.

Jasa SEO

Sifat-Sifat Iklan Advertorial

Untuk dapat dikategorikan sebagai sebuah advertorial, ada beberapa sifat unik yang harus dimiliki sebuah iklan. Berikut ini adalah beberapa sifat unik dari iklan advertorial:

  1. Advertorial harus menekankan sisi informatif dalam memperkenalkan sebuah produk atau jasa.
  2. Iklan advertorial tetap harus bersifat persuasif kepada publik, meskipun penyajiannya lebih halus.
  3. Iklan ini harus bersifat eksplanatif dan mampu memberikan secara mendetail informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan pada khalayak.
  4. Advertorial harus memiliki sifat interpretatif untuk menjelaskan semua hal terkait produk atau jasa melalui keterangan.
  5. Iklan ini harus argumentatif agar bisa menjelaskan pada khalayak mengapa barang atau jasa yang ditawarkan adalah yang terbaik.
  6. Advertorial harus memiliki sifat influentif untuk menarik perhatian pembaca agar mau membeli produk atau jasa yang dipromosikan.
  7. Iklan ini juga harus bersifat eksploratif agar pembaca bisa mendapatkan informasi yang utuh dan lengkap mengenai barang atau jasa yang ditawarkan.

Jenis-Jenis Iklan Advertorial

Iklan advertorial ada bermacam-macam jenisnya, menyesuaikan materi yang dimuat di dalamnya. Berikut adalah beberapa jenisnya yang sering dijumpai:

1. Advertorial produk

Jenis advertorial yang pertama adalah iklan yang memuat tentang informasi produk, entah itu mengenai kualitas, jenis, hingga cara pembuatan produk.

2. Advertorial jasa

Jenis iklan advertorial yang satu ini memuat pembahasan mengenai jasa. Pembahasan tersebut bisa mengenai jenis layanan yang disediakan atau sejarah munculnya layanan tersebut.

3. Advertorial korporat

Jenis advertorial korporat membahas tentang sebuah perusahaan. Umumnya, berisi tentang kegiatan perusahaan maupun produk jadi dari perusahaan tersebut.

4. Advertorial pemerintah

Sama seperti namanya, iklan ini menampilkan informasi seputar pemerintah, seperti kegiatan atau update mengenai layanan pemerintah.

Baca juga: Beberapa Contoh Teks Iklan yang Efektif

Keunggulan Iklan Advertorial dalam Mempromosikan Barang Atau Jasa

Setelah mengetahui pengertian advertorial, mungkin Anda penasaran mengapa bentuk iklan ini menjadi salah satu strategi pemasaran yang marak digunakan belakangan ini. Hal ini dikarenakan bentuk iklan ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan jenis iklan lainnya. Berikut ini adalah penjelasannya.

Lebih disukai masyarakat

Ketimbang jenis iklan hard-selling biasa, kebanyakan orang kini lebih menyukai iklan advertorial karena sifatnya yang halus dan tidak menggurui. Penulisannya yang lebih alami dan informatif akan memberikan kesan nyaman pada pembaca karena mereka tidak terasa dipaksa membeli sebuah barang atau jasa. Justru mereka akan senang karena mendapatkan informasi baru yang menarik.

Membangun citra perusahaan/brand

Advertorial juga dapat membantu membangun citra baik bagi perusahaan. Masyarakat bisa memperoleh informasi mengenai perusahaan Anda tanpa merasa dipaksa harus mengenal dan suka pada brand Anda. Pengenalan yang lebih halus tersebut justru dapat menumbuhkan rasa percaya pada calon pelanggan Anda.

Dapat disampaikan melalui media massa secara halus

Mirip seperti jenis iklan lainnya, iklan advertorial dapat ditampilkan di media massa. Hanya saja, jenis iklan ini dapat ditampilkan dalam bentuk artikel informatif. Akibatnya, pembaca akan mengenal produk, jasa, dan citra brand Anda tanpa sadar bahwa mereka sedang membaca sebuah bentuk promosi.

Tips Membuat Advertorial

Sekarang mari membahas tentang cara membuat iklan advertorial. Untuk membuat iklan ini menarik, Anda bisa mengikut tips berikut:

1. Menggunakan format ringan

Langkah pertama adalah dengan menggunakan format tulisan yang ringan. Format tulisan yang ringan umumnya berisi informasi penting, namun sifatnya tidak mendesak. Penggunaan struktur yang ringan ini akan memudahkan pembaca untuk memahami isi tulisan Anda. Selain itu, struktur penulisan yang ringan dan tidak bertele-tele juga akan membuat pembaca segera menangkap maksud Anda dalam tulisan tersebut.

2. Memakai bahasa editorial

Pengertian bahasa editorial adalah bahasa yang digunakan saat menulis teks berisi pendapat atau reaksi terhadap suatu peristiwa. Dengan menggunakan gaya bahasa ini, tulisan Anda tidak hanya berisi konten promosi, tapi juga informasi yang dibutuhkan oleh pembaca. Selain itu, penggunaan bahasa editorial juga membantu Anda untuk melakukan promosi produk secara halus. Jadi, pembaca pun tidak merasa sedang membaca sebuah konten iklan.

3. Hindari bahasa promosi

Kunci dari iklan ini adalah penggunaan bahasa promosi yang minim atau bahkan tidak ada sama sekali. Hindari kata-kata bersifat ajakan langsung seperti “ayo”, “mari”, atau “segera dapatkan” dalam iklan advertorial Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa memasukkan opini mengenai produk. Dengan begitu, pembaca pun akan merasa tertarik dengan produk yang ada dalam iklan tersebut.

4. Hindari gaya bahasa yang berlebihan

Gaya bahasa jurnalistik advertorial harus bersifat jujur dan tidak boleh melebih-lebihkan. Jangan menggunakan kata atau kalimat yang melebih-lebihkan atau terlalu memuji barang atau jasa yang diiklankan. Hindari ekspresi superlatif berlebihan, seperti “Terhebat di abad ini”, “Termurah sepanjang masa”, “Termegah di dunia”, dan sebagainya.

5. Perhatikan proporsi advertising dan editorial

Ingatlah bahwa sebuah advertorial mengandung dua unsur, yakni advertising dan editorial. Pastikan proporsi bagian editorial lebih kuat ketimbang bagian iklannya. Tujuan utama iklan ini adalah menyampaikan informasi kepada masyarakat, oleh karena itu sisi informatifnya harus ditekankan. Tetapi, iklan ini tetap harus memiliki sifat persuasif kepada publik meskipun dalam kadar yang lebih sedikit ketimbang iklan pada umumnya.

Baca Juga: Memaksimalkan Keuntungan Dari Periklanan Online

Dari pembahasan ini, bisa disimpulkan bahwa advertorial adalah salah satu jenis iklan dengan bahasa promosi yang halus. Saat membacanya, pembaca tidak sadar bahwa ia sedang membaca sebuah konten iklan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa penulisannya tidak semudah kelihatannya, terlebih jika Anda belum pernah melakukannya.Sebagai solusinya, Anda bisa menyerahkan pengerjaan advertorial pada digital marketing agency seperti ToffeeDev yang memang telah berpengalaman dalam mengerjakan tulisan jenis ini, khususnya pada media online. Dengan begitu, hasil advertorial Anda pun bisa optimal dan menjangkau banyak pembaca secara tepat sasaran.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat