Mari Mengenal Apa Itu Advertorial

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Advertorial adalah salah satu jenis strategi marketing melalui pembuatan iklan. Berbeda dari jenis iklan lainnya, iklan advertorial memiliki format serupa dengan tulisan jurnalistik. Biasanya, iklan ini dapat ditemukan pada surat kabar atau majalah. Untuk mengenal iklannya lebih jauh, simak ulasannya berikut.

Mengenal iklan advertorial

Iklan advertorial adalah suatu bentuk strategi pemasaran yang menggunakan gaya penulisan jurnalistik, lengkap dengan enam unsur berita (5W+1H). Bisa dibilang, iklan jenis ini adalah teknik marketing halus karena formatnya yang “menyatu” dengan tulisan jurnalistik.

Jika dibandingkan dengan iklan biasa, prospek iklan jenis ini lebih besar. Sebab, pembacanya merasa tidak sedang membaca konten promosi. Mereka merasa sedang membaca sebuah berita yang informatif.

Iklan ini biasanya dimuat pada surat kabar atau majalah. Seiring dengan perkembangan zaman, iklan ini juga bisa ditemukan pada website atau bahkan media sosial. Setiap platform media umumnya memiliki aturan tersendiri terkait iklan ini.

Jenis-jenis iklan advertorial

Iklan advertorial ada bermacam-macam jenisnya, menyesuaikan materi yang dimuat di dalamnya. Berikut adalah beberapa jenisnya yang sering dijumpai:

  • Advertorial produk

Jenis yang pertama adalah iklan yang memuat tentang informasi produk, entah itu mengenai kualitas, jenis, hingga cara pembuatan produk.

  • Advertorial jasa

Jenis iklan yang satu ini memuat pembahasan mengenai jasa. Pembahasan tersebut bisa mengenai jenis layanan yang disediakan atau sejarah munculnya layanan tersebut.

  • Advertorial korporat

Jenis korporat membahas tentang sebuah perusahaan. Umumnya, berisi tentang kegiatan perusahaan maupun produk jadi dari perusahaan tersebut.

  • Advertorial pemerintah

Sama seperti namanya, iklan ini menampilkan informasi seputar pemerintah, seperti kegiatan atau update mengenai layanan pemerintah.

Baca juga: Beberapa Contoh Teks Iklan yang Efektif

Tips membuat advertorial

Sekarang mari membahas tentang cara membuat iklan jenis ini. Untuk membuat iklan ini menarik, Anda bisa mengikut tips berikut:

1. Menggunakan format ringan

Langkah pertama adalah dengan menggunakan format tulisan yang ringan. Format tulisan yang ringan umumnya berisi informasi penting, namun sifatnya tidak mendesak. Penggunaan format yang ringan ini akan memudahkan pembaca untuk memahami konten tulisan Anda. Selain itu, format yang ringan dan tidak bertele-tele juga akan membuat pembaca segera menangkap maksud Anda dalam tulisan tersebut.

2. Memakai bahasa editorial

Bahasa editorial adalah bahasa yang digunakan saat menulis teks berisi pendapat atau reaksi terhadap suatu peristiwa. Dengan menggunakan bahasa editorial ini, tulisan Anda tidak hanya berisi konten promosi, tapi juga informasi yang dibutuhkan oleh pembaca. Selain itu, penggunaan bahasa editorial juga membantu Anda untuk melakukan promosi produk secara halus. Jadi, pembaca pun tidak merasa sedang membaca sebuah konten iklan.

3. Hindari bahasa promosi

Kunci dari iklan ini adalah penggunaan bahasa promosi yang minim atau bahkan tidak ada sama sekali. Hindari kata-kata bersifat ajakan seperti “ayo”, “mari”, atau “segera dapatkan” dalam iklan advertorial Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa memasukkan opini mengenai produk. Dengan begitu, pembaca pun akan merasa tertarik dengan produk yang ada dalam iklan tersebut.

Dari pembahasan ini, bisa disimpulkan bahwa advertorial adalah salah satu jenis iklan dengan bahasa promosi yang halus. Saat membacanya, pembaca tidak sadar bahwa ia sedang membaca sebuah konten iklan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa penulisannya tidak semudah kelihatannya, terlebih jika Anda belum pernah melakukannya.Sebagai solusinya, Anda bisa menyerahkan pengerjaan advertorial pada digital marketing agency seperti ToffeeDev yang memang telah berpengalaman dalam mengerjakan tulisan jenis ini, khususnya pada media online. Dengan begitu, hasil advertorial Anda pun bisa optimal dan menjangkau banyak pembaca secara tepat sasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post