Jenis-Jenis Iklan Online Yang Wajib Anda Ketahui

jenis iklan online

Perkembangan dunia teknologi memengaruhi pergeseran teknik pemasaran dari cara konvensional menjadi serba digital. Teknik pemasaran digital atau digital marketing kini telah menjadi andalan bagi seluruh perusahaan bisnis, termasuk penggunaan iklan online. Jenis iklan online sendiri beragam dan menyesuaikan segala kebutuhan periklanan yang ada.

Ketika membangun sebuah bisnis, pastinya Anda ingin modal seminim mungkin untuk keuntungan yang maksimal. Anda akan melakukan berbagai cara-cara efektif dan efisien untuk bisa membuat bisnis maju, salah satunya melalui periklanan. 

Nah, iklan online ini dapat menjadi cara Anda untuk mengembangkan bisnis dengan cepat. Untuk lebih memahami mengenai iklan online, yuk simak informasi lengkapnya di sini.

Pengertian Iklan Online

Ilustrasi Promotion

Iklan online merupakan strategi atau teknik pemasaran bisnis yang menggunakan internet sebagai sarana penyampaian pesan pemasaran kepada target pasar. Bentuk dari iklan online biasanya dapat menyesuaikan kebutuhan dan juga platform yang digunakan. Hal ini membuat iklan online menjadi salah satu teknik pemasaran yang fleksibel.

Iklan online juga dapat dikatakan sebagai salah satu strategi pemasaran untuk mendapatkan traffic kepada target pasar/pelanggaran yang tepat. Berbeda dengan teknik pemasaran konvensional yang melibatkan banyak pihak, iklan online menjadi solusi praktis para pebisnis dikarenakan lebih hemat sumber daya. Tidak heran apabila saat ini, iklan online dinilai jauh lebih unggul daripada iklan konvensional.

9 Jenis Iklan Online

Pada dasarnya, iklan online bersifat fleksibel, menyesuaikan kebutuhan dan platform yang digunakan. Fleksibilitas tersebut membuat iklan menjadi variatif dan memiliki banyak jenis. Anda dapat menyesuaikan jenis iklan sesuai dengan kebutuhan target pasar Anda. Berikut ini merupakan 7 jenis iklan yang dapat menjadi pilihan untuk Anda, yuk simak informasinya.

1. Social Media Ads

Jenis iklan online yang pertama adalah iklan yang menggunakan media sosial sebagai sarananya. Iklan melalui media sosial memiliki pengaturan yang luas. Anda dapat menentukan platform mana yang sesuai dengan target pasar dan bagaimana iklan tersebut akan bekerja. 

Social media ads ini merupakan langkah marketing pertama yang dapat dicoba dengan budget dan sumber daya yang kecil. Contoh pengaturan dalam social media ads adalah ketika bisnis menargetkan anak muda sebagai target pasar, maka Anda dapat melihat platform mana yang paling sering diakses oleh anak muda. 

Misalnya adalah menerapkan social media ads di TikTok yang mayoritas penggunanya adalah anak muda. Memanfaatkan visual video singkat, iklan online Anda menjadi lebih efektif dan efisien.

2. Email Marketing

Jenis iklan online yang kedua adalah email marketing. Iklan dikirim melalui pesan-pesan email ke pelanggan. Sifat email marketing ini tidak hanya menyasar ke target audiens pelanggan tetap, tetapi juga bisa terhadap pelanggan yang potensial. Meskipun tidak seefektif dan seefisien social media ads, tetapi email marketing masih menjadi pilihan beberapa perusahaan bisnis.

Baca Juga: 8 Jenis Ads yang Paling Banyak Digunakan di Era Digital

3. Iklan Sponsorship

Iklan sponsorship merupakan salah satu jenis iklan yang melibatkan pihak ketiga dalam produksinya. Teknik iklan online ini adalah dengan menggaet influencer, selebritis, public figure dan pihak ketiga lainnya untuk meningkatkan engagement publik terhadap konten iklan online yang telah dibuat. 

Sifat manusia biasanya senang meniru sesuatu yang digunakan/dilakukan oleh idolanya atau seseorang yang menurutnya memiliki pengaruh. Keuntungan iklan yang ditampilkan sponsorship ini memanfaatkan sifat alamiah tersebut.

Banner - Ads General

4. Contextual Ads

Jenis iklan contextual adalah iklan online yang dibuat berdasarkan konteks pencarian di internet. Misalnya adalah ketika Anda sebagai pengguna sering membuka tips diet, maka secara otomatis platform lain juga akan menampilkan informasi serupa untuk Anda. Relevansi konteks ini merupakan salah satu cara penyedia informasi untuk menarik simpati Anda.

Baca Juga: Memahami Jenis Iklan Advertorial dan Manfaatnya untuk Promosi

5. Iklan Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) merupakan jenis iklan yang memanfaatkan hasil pencarian Google atau biasa dikenal Google Ads. Biasanya sistem iklan ini merupakan pay per click, jadi terdapat keuntungan mengalir ketika seorang mengguna mengklik iklan Anda. Iklan jenis SEM atau paid search ini memungkinkan Anda untuk menempatkan konten iklan dalam deretan rekomendasi pencarian Google yang relevan.

6. Display Ads

Jenis iklan selanjutnya adalah display ads yang akan memanfaatkan visual sebagai display pada situs web. Iklan akan ditempatkan pada situs web third party, sehingga ketika pengguna mengklik iklan display Anda, mereka kemudian akan diarahkan langsung menuju web milik Anda. 

Dapat dikatakan bahwa display ads ini bekerja seperti billboard pihak ketiga yang mengarahkan pelanggan untuk menilik produk atau jasa yang Anda iklankan di tempat komersial asli.

Banner - Ebook Ads

7. Mobile Ads

Mobile ads merupakan jenis iklan yang memanfaatkan maraknya penggunaan ponsel. Apabila Anda sebagai pengguna ponsel sering mendapatkan push notification ataupun SMS promosi, nah itulah salah satu cara iklan yang dilakukan dalam jenis mobile ads. Meski cukup efektif untuk akses dilihat, tetapi mobile ads sering dihindari karena dapat mengganggu privasi dari target pasar.

8. Influencer Marketing

Influencer marketing adalah kerjasama dengan tokoh influencer, KOL, atau individu berpengaruh lainnya di platform media sosial. Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk atau merek tertentu kepada pengikut mereka. Dengan melibatkan influencer, marketing ini memiliki potensi pengaruh yang besar karena audiens cenderung percaya pada pandangan dan rekomendasi dari tokoh yang mereka ikuti.

9. Video Advertising

Video iklan, atau yang dikenal sebagai video ads, tampil di berbagai platform berbagi video seperti YouTube, Vimeo, atau platform streaming video lainnya. Iklan video ini bisa muncul sebelum, selama, atau setelah konten video utama. Jenis iklan ini memiliki potensi besar untuk menarik perhatian dan memberikan pengalaman yang lebih interaktif bagi para penonton.

Banner - Lead Gen Ads

5 Keunggulan Dan Kekurangan Iklan Online

Setelah mengetahui apa itu iklan online dan juga jenis-jenisnya, lalu apa saja ya keunggulan dan kekurangannya? Bekerja secara efektif dan efisien pastinya iklan online juga memiliki kekurangan tersendiri. Untuk itu, perlu diketahui apa saja keunggulan dan keuntungan dari penggunaan iklan online ini.

Baca Juga: Jenis-Jenis Google Ads yang Perlu Anda Ketahui 

Keunggulan Iklan Online

Menggunakan internet sebagai sarananya, iklan online memiliki banyak keunggulan dari segi sumber daya. Terlebih lagi jika dibandingkan dengan cara konvensional, berikut ini merupakan beberapa keunggulan dari iklan online.

  • Promosi berlangsung secara cepat dan hemat waktu.

  • Promosi dapat dilakukan secara luas tanpa ada batasan.

  • Iklan online lebih hemat biaya dibandingkan iklan konvensional.

  • Iklan online memiliki format yang beragam menyesuaikan kebutuhan dan target pasar.

  • Penggunaan iklan online dapat lebih tepat sasaran.

Kekurangan Iklan Online

Meskipun bekerja secara efektif dan efisien, iklan online tentunya tetap memiliki kekurangan. Sebelum memilih menggunakan iklan online, Anda perlu mempertimbankan untuk meminimalisir terjadinya gangguan kedepannya. Berikut ini merupakan kekurangan iklan online yang perlu diketahui.

  • Ketika memulai penggunaan iklan online, biasanya Anda memerlukan biaya/modal awal yang tinggi.

  • Iklan online rentan terhadap kesalahan teknis, seperti menampilkan informasi lama atau arahan web komersial yang keliru.

  • Menggunakan internet tanpa tatap muka dengan pelanggan, iklan online juga rentan terhadap terjadinya penipuan.

  • Masih banyak masyarakat yang menyukai akses offline karena lebih tepercaya.

  • Beberapa elemen masyarakat masih ada yang belum mahir menggunakan internet.

Nah, itulah tadi informasi lengkap mengenai iklan online beserta jenis dan keunggulan serta kekurangannya. Untuk mendukung kemajuan bisnis Anda, Anda dapat menggunakan layanan Jasa Iklan Facebook dan Jasa Google Ads dari Toffeedev. Hubungi kami sekarang juga, teman andalan untuk bisnis Anda.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top