Apa Itu Bisnis Digital? : Pengertian dan Contohnya

Apa itu Bisnis Digital?

Bisnis digital adalah salah satu jenis jasa yang menggunakan kecanggihan teknologi saat membuat suatu produk ataupun dalam proses pemasarannya. Bisnis digital tidak hanya berkaitan dengan penjualan suatu produk tanpa wujudnya saja seperti software.

Jadi, secara singkat artinya merupakan seluruh jenis usaha yang penjualan produknya dilakukan secara online, baik itu melalui website ataupun aplikasi.

Bisnis digital juga bisa berupa barang maupun jasa, contohnya Anda memiliki kemampuan dalam memberikan tulisan yang menarik, maka anda bisa menjadi content writer. Keahlian ini bisa Anda jadikan inti dari usaha yang Anda jalani.

Contoh Ide Bisnis Digital

Terdapat beberapa contoh usaha yang bisa ditekuni dan dijalankan, antara lain:

Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi adalah salah satu bentuk kegiatan memasarkan barang milik orang lain dengan imbalan berupa komisi. 

Cara kerja dari afiliasi digital secara singkat terbagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Mendaftarkan diri pada suatu program afiliasi, dan mendapatkan suatu kode referral atau link berupa ajakan tertentu.
  2. Melakukan kegiatan pemasaran produk dengan memanfaatkan website ataupun sosial media.
  3. Jika ada pembeli yang menggunakan kode yang Anda berikan ataupun mengikuti link yang Anda bagikan, maka Anda akan mendapatkan penghasilan.

Bisnis Dropship

Dropship adalah salah satu usaha yang memungkinkan untuk menjual suatu produk tanpa adanya tempat penyimpanan sendiri serta pengiriman produk. Hanya dengan kemampuan berjualan, anda bisa memulai bisnis dropship ini.

Bisnis dropship berbeda dengan bisnis afiliasi, dimana bisnis afiliasi anda menjadi orang yang memasarkan dan menjual produk tertentu. Sedangkan bisnis dropship anda hanya membantu memasarkan produk yang disediakan oleh penjual. Keuntungan yang didapat berupa selisih dari harga jual yang diberikan oleh penjual.

Secara singkatnya, bisnis dropship adalah sebagai penghubung antara konsumen dan penjual. Alasan utama kenapa menjadi dropshipper ini bisa Anda jadikan sebagai peluang yang menarik karena bisnis ini bisa dimulai tanpa modal dan anda bebas menentukan barang apa yang akan difokuskan untuk dijual.

Menulis Konten Digital

Jika anda merasa mahir dalam menulis atau merangkai kata, bisnis menulis konten digital ini cocok untuk anda. Menulis tidak selamanya harus di media cetak, tetapi bisa juga dilakukan di dunia digital. Sudah banyak website yang bersedia untuk membayar jasa untuk menulis konten dengan tulisan berkualitas pada laman web mereka.

Baca Juga: Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan

Kesimpulan

Di era seperti ini, memulai bisnis digital sangatlah menjanjikan dan memberikan peluang yang sangat besar terutama di Indonesia. Selain contoh bisnis yang disebutkan diatas, masih terdapat banyak contoh yang bisa menjadi peluang untuk anda kembangkan. Kuncinya adalah mulailah usaha yang sesuai dengan kemampuan dan juga skill yang anda miliki.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat