Apa itu Marketing Beserta Jenis-Jenisnya

Sebagai pelaku bisnis, Anda pasti sudah sangat familiar dengan istilah marketing atau dalam bahasa Indonesia berarti pemasaran. Namun, sebenarnya apa itu? Apakah hanya berhubungan dengan pemasaran atau justru lebih luas daripada itu? Agar tidak sekadar menebak-nebak, berikut penjelasan mengenai marketing dan juga jenis-jenisnya.

Apa itu marketing?

Biasanya identik dengan pemasaran suatu produk. Pemahaman tersebut tidak sepenuhnya salah, namun sebenarnya cakupannya lebih luas daripada itu. Jadi, apa itu marketing? Merupakan sebuah proses manajemen produk mulai dari perumusan konsep (concepting) hingga akhirnya sampai ke tangan pelanggan.

Dari sini bisa diketahui bahwa bukan sekadar “memasarkan produk”, tapi juga melakukan identifikasi produk, memperkirakan permintaan, menghitung harga jual produk, hingga memikirkan tentang jalur distribusi produk kepada pelanggan. Jauh sebelum produk menjadi barang jadi, marketing juga menentukan konsep serta strategi promosi produk.

Baca Juga : Mengapa Bagian Marketing Disebut Jantung Perusahaan?

Jenis-jenis marketing

Marketing memiliki pendekatan yang berbeda-beda, itulah kenapa media yang digunakan pun berbeda-beda. Hasilnya, jenisnya pun sangat beragam. Berikut adalah beberapa jenis yang sering digunakan hingga saat ini.

1. Iklan berbayar

Iklan berbayar adalah salah satu jenis konvensional. Implementasinya adalah dengan memasang iklan pada media tertentu, bisa cetak maupun TV. Seiring dengan perkembangan zaman, iklan berbayar pun masuk ke platform digital. Pemasaran digital ini biasanya disebut dengan istilah Paid Ads. Iklan dipasang pada platform agar menarik minat para calon pembeli untuk mengunjungi halaman produk.

2. Word of mouth

Word of mouth atau pemasaran dari mulut ke mulut juga termasuk bentuk strategi paling tradisional. Meski begitu, strategi ini masih efektif dan relevan untuk digunakan di masa sekarang. Word of mouth mengandalkan hubungan antara perusahaan, produk, dan pelanggan. Hubungan yang baik di antara ketiga faktor tersebut akan menciptakan sebuah strategi yang efektif, yakni word of mouth.

Baca Juga : Marketing Communication Adalah Kunci Dari Pemasaran Anda

3. Relationship marketing

Mempelajari apa itu marketing juga mencakup jenis relationship marketing, yang menitikberatkan pada hubungan jangka panjang antara penyedia produk dengan pelanggan. Dengan adanya prinsip tersebut, maka diharapkan akan terjadi hubungan yang menguntungkan antar keduanya. Pelanggan bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhannya secara terus-menerus dan penyedia produk pun bisa mendapat keuntungan.

4. Diversity marketing

Sama seperti namanya, diversity marketing berhubungan dengan keanekaragaman. Strategi yang satu ini terbilang kompleks karena menyatukan beberapa aspek sekaligus dalam satu waktu. Diversity marketing biasanya mencakup aspek budaya, kepercayaan, nilai, bahkan pandangan.

5. Media sosial

Marketing terus berkembang agar bisa menjawab tuntutan zaman. Jika dulu iklan berbayar di media cetak saja sudah cukup, di era yang serba digital ini tentu terjadi transformasi. Salah satu pemasaran digital yang banyak dilakukan adalah melalui media sosial. Strategi ini efisien mengingat jumlah pengguna media sosial yang sangat banyak dan terus bertambah hari demi hari.

6. SEO

Selain media sosial, digital marketing juga bisa dilakukan melalui SEO atau Search Engine Optimization. Apa itu marketing SEO? Pemasaran model ini memanfaatkan optimasi website agar produk dapat muncul dalam hasil penelusuran search engine (mesin pencari) seperti Google. Dengan SEO, penyedia produk pun bisa menentukan target pembelinya secara lebih spesifik.

7. SEM

Terakhir ada SEM atau Search Engine Marketing. SEM adalah pemasaran melalui internet dengan menaikkan tingkat visibilitas sebuah website. SEO sendiri termasuk salah satu strategi SEM ini. Selain SEO, SEM juga memanfaatkan PPC (pay per click) dan layanan iklan seperti Google AdSense.
Itulah pembahasan mengenai apa itu marketing beserta jenis-jenisnya. Mana strategi marketing yang sudah Anda terapkan? Ingin operasional bisnis Anda lebih efisien? Manfaatkan jasa SEO agar promosi website bisnis Anda semakin maksimal. ToffeeDev menyediakan konsultasi SEO yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat