cara mendapatkan uang dari internet
Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet?
Maret 27, 2021
cara mendapatkan uang dari youtube
5 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube
Maret 27, 2021

Apa itu Webinar? Apa Manfaatnya?

Apa Itu Webinar

pexels rodnae productions 6517095

Selama masa pandemi Anda mungkin jadi lebih sering mendengar kata ‘webinar’. Kata ini kerap dipakai oleh perusahaan, brand, startup, hingga pelajar dan mahasiswa. Di dunia pemasaran, webinar adalah salah satu media yang digunakan untuk memberikan informasi serta promosi terbaru. Tak jarang pula digunakan sebagai media untuk meningkatkan branding perusahaan. Namun, apa itu webinar? Simak langsung ulasannya berikut ini. 

Mengenal apa itu webinar

Webinar adalah singkatan dari web seminar. Maksudnya adalah seminar yang dilakukan melalui situs website atau aplikasi berbasis internet. Karena melalui aplikasi maupun website berbasis internet, maka Anda harus memiliki perangkat laptop, komputer, atau smartphone yang bisa terhubung ke jaringan. 

Web seminar memungkinkan pembicara membagikan materi melalui internet maupun media elektronik lainnya. Biasanya diikuti oleh pembicara (bisa satu orang atau lebih), moderator, serta peserta. Tidak hanya seminar, web seminar ini juga bisa berupa talkshow, diskusi, dan workshop. Bagi pelaku bisnis, sering kali dijadikan strategi marketing yang segar dan efektif sebab bisa menjangkau audiens secara lebih dekat melalui tipe komunikasi personal dan interaktif. 

Manfaat menyelenggarakan webinar

Mengetahui apa itu web seminar mungkin belum cukup menyakinkan Anda untuk menggunakan cara ini sebagai salah satu strategi marketing. Jika Anda adalah seorang pemasar yang ingin menjaring leads atau mempromosikan produk tertentu, maka ini adalah satu langkah tepat yang bisa Anda ambil. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Mengumpulkan leads 

Sama seperti email marketing, webinar pun bisa dipakai untuk mengumpulkan nama dan alamat email calon pelanggan potensial. Anda bisa mendapatkan leads atau orang-orang yang tertarik dengan tawaran yang disajikan didalamnya. Oleh karena itu, agar mendapatkan calon pelanggan yang tepat dari peserta, perhatikan pemilihan topik. 

2. Media promosi dan campaign

Dari definisi apa itu webinar tadi, kemungkinan besar Anda bisa menebak bahwa salah satu manfaatnya adalah untuk memberikan informasi terkait peluncuran produk atau campaign terbaru yang sedang dijalankan. Namun, kemaslah promosi dan campaign tersebut dalam sebuah materi yang berkualitas. 

3. Membantu mengumpulkan feedback 

Jika Anda ingin mengetahui langsung hasil dari promo atau campaign yang sudah dilakukan, maka bisa memberikan kuesioner melalui webinar. Di samping itu, jika Anda membutuhkan ide, inovasi, atau cara baru dalam menjalankan operasional bisnis, maka bisa pula menggunakan media ini. 

Baca Juga : Pengertian Webinar dan Jenis – jenisnya

4. Menunjukkan image lebih 

Melalui webinar, Anda bisa menunjukkan seberapa jauh kemampuan dan kapabilitas sebagai pribadi maupun atas nama perusahaan. Dengan begitu, Anda dan perusahaan pun akan terlihat lebih profesional dan ahli di bidangnya. Terlebih, calon pelanggan juga bisa bertatap muka dengan Anda sehingga memberikan rasa percaya.

5. Menghemat waktu dan biaya promosi

Menyelenggarakan seminar offline membutuhkan biaya tidak sedikit, banyak kebutuhan dan perlengkapan yang harus disiapkan. Belum lagi masalah teknis pada hari penyelenggaraan acara. Sebaliknya, web seminar yang dilakukan secara online lebih mampu menghemat bujet dan tenaga. Lagi pula, melalui web seminar ini pun promosi yang Anda lakukan tetap bisa sama-sama maksimal.  

Baca Juga : 3 Jenis Webinar Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

6. Meningkatkan brand awareness

Dengan mengadakan webinar, tentu saja Anda dapat meningkatkan brand awareness perusahaan. Jadikan hal ini sebagai media bercerita dan menunjukkan keunggulan bisnis Anda. Anda pun juga dapat memberikan info dan tips bermanfaat untuk pelanggan. 
Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu webinar beserta dengan manfaatnya. Untuk perusahaan, webinar adalah salah satu cara terbaik mengenalkan brand kepada calon pelanggan selama masa pandemi. Tidak perlu bertemu langsung, melalui media dan jaringan internet saja Anda sudah bisa berkomunikasi personal dengan pelanggan, melakukan promosi, serta mendapatkan feedback.

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments