Webinar: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Selama masa pandemi Anda mungkin jadi lebih sering mendengar kata ‘webinar’. Kata ini kerap dipakai oleh perusahaan, brand, startup, hingga pelajar dan mahasiswa. Di dunia pemasaran, webinar adalah salah satu media yang digunakan untuk memberikan informasi serta promosi terbaru. Tak jarang pula digunakan sebagai media untuk meningkatkan branding perusahaan. Namun, apa itu webinar? Simak langsung ulasannya berikut ini. 

Pengertian Webinar

Webinar adalah singkatan dari web seminar. Maksudnya adalah seminar yang dilakukan melalui situs website atau aplikasi berbasis internet. Karena melalui aplikasi maupun website berbasis internet, maka Anda harus memiliki perangkat laptop, komputer, atau smartphone yang bisa terhubung ke jaringan. 

Web seminar atau seminar online memungkinkan pembicara membagikan materi melalui internet maupun media elektronik lainnya. Biasanya diikuti oleh pembicara (bisa satu orang atau lebih), moderator, dan juga peserta webinar. Tidak hanya seminar, webinar juga bisa berupa talkshow, diskusi, dan workshop.

Bagi pelaku bisnis, webinar sering kali dijadikan strategi digital marketing yang segar dan efektif sebab bisa menjangkau audiens secara lebih dekat melalui tipe komunikasi personal dan interaktif. 

Manfaat Webinar Bagi Pemilik Bisnis

Mengetahui apa itu web seminar mungkin belum cukup menyakinkan Anda untuk menggunakan cara ini sebagai salah satu strategi marketing. Jika Anda adalah seorang pemasar yang ingin menjaring leads atau mempromosikan produk tertentu, maka ini adalah satu langkah tepat yang bisa Anda ambil. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Mengumpulkan leads 

Sama seperti email marketing, webinar pun bisa dipakai untuk mengumpulkan nama dan alamat email calon pelanggan potensial. Anda bisa mendapatkan leads atau informasi kontak orang-orang yang tertarik dengan tawaran yang disajikan didalamnya. Oleh karena itu, agar mendapatkan calon pelanggan yang tepat dari peserta webinar, perhatikan pemilihan topik. Pastikan topik menarik dan sesuai dengan produk yang Anda tawarkan.

2. Media promosi dan campaign

Dari definisi apa itu webinar tadi, kemungkinan besar Anda bisa menebak bahwa salah satu manfaatnya adalah untuk memberikan informasi terkait peluncuran produk atau campaign terbaru yang sedang dijalankan. Webinar bisa dijadikan media untuk menjalankan promosi produk secara engaging dan menarik. Oleh sebab itu, sebisa mungkin kemaslah promosi dan campaign tersebut dalam sebuah materi yang berkualitas. 

3. Membantu mengumpulkan feedback 

Melalui webinar, Anda juga bisa mengumpulkan feedback dari pelanggan ataupun calon konsumen Anda. Caranya cukup sederhana, Anda bisa memberikan kuesioner melalui webinar. Di samping itu, jika Anda membutuhkan ide, inovasi, atau cara baru dalam menjalankan operasional bisnis, maka bisa pula menggunakan media ini. Semua data tersebut nantinya bisa Anda olah kembali untuk dijadikan inspirasi atau bahkan strategi untuk mengembangkan produk atau bisnis Anda.

Baca Juga : Pengertian Webinar dan Jenis – jenisnya

4. Menunjukkan image lebih 

Melalui webinar, Anda bisa menunjukkan seberapa jauh kemampuan dan kapabilitas sebagai pribadi maupun atas nama perusahaan. Dengan begitu, Anda dan perusahaan pun akan terlihat lebih profesional dan ahli di bidangnya. Terlebih, calon pelanggan juga bisa bertatap muka dengan Anda sehingga memberikan rasa percaya.

5. Menghemat waktu dan biaya promosi

Menyelenggarakan seminar offline membutuhkan biaya tidak sedikit, banyak kebutuhan dan perlengkapan yang harus disiapkan. Belum lagi masalah teknis pada hari penyelenggaraan acara. Sebaliknya, web seminar yang dilakukan secara online lebih mampu menghemat bujet dan tenaga. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk menyewa lokasi, membayar perlengkapan onsite untuk kapasitas besar, ataupun biaya transportasi. Lagi pula, melalui web seminar inipun promosi produk dan bisnis yang Anda lakukan tetap bisa memberikan hasil yang maksimal.  

Baca Juga : 3 Jenis Webinar Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

6. Meningkatkan brand awareness

Dengan mengadakan webinar, tentu saja Anda dapat meningkatkan brand awareness perusahaan. Jadikan hal ini sebagai media bercerita dan menunjukkan keunggulan bisnis Anda. Anda pun juga dapat memberikan info dan tips bermanfaat untuk pelanggan. 

Jenis Webinar

Ada berbagai macam jenis webinar yang bisa diselenggarakan untuk membantu promosi produk dan brand. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus bisa membedakan berbagai jenis webinar. Tujuannya adalah agar proses pemasaran tersebut berjalan dengan lancar dan tepat sasaran.

Berdasarkan tujuan penyelenggaraan

Dalam konteks bisnis dan marketing, terdapat 3 jenis webinar yang dikategorikan berdasarkan perbedaan motivasi penyelenggaraannya. Simak perbedaan ketiganya di bawah ini.

1. The Lead-Generation or Sales Webinar

Ini adalah jenis seminar online yang paling sering digunakan oleh pemasar dan pemilik bisnis saat ini. Fungsiny adalah untuk mendapatkan leads dalam jumlah besar. Caranya, panitia akan meminta peserta untuk mendaftarkan data diri dan informasi kontak di form online atau website tertentu. Sebagai gantinya, panitia penyelenggara akan memberikan akses ke webinar serta materi atau modul yang terkait dengan topik seminar.

Di sini, sang penyelenggara mendapatkan untung berupa leads dan informasi calon pelanggan. Sedangkan peserta yang mengikuti webinar mendapatkan keuntungan berupa informasi atau ilmu baru.

Untuk menarik peserta agar mau mendaftarkan diri, biasanya webinar jenis ini diselenggarakan secara gratis atau dipatok dengan harga yang rendah. Kemudian, agar semakin baik dan menarik, Anda juga harus menjamin ilmu dan informasi yang disampaikan benar-benar bermanfaat.

2. The One-Off For-Profit Webinar

Sesuai dengan namanya, webinar ini digunakan untuk mencari keuntungan atau laba. Jadi, pemilik bisnis atau penyelenggara bisa memperoleh pendapatan langsung dari webinar jenis ini. Tapi tentu saja, bila materi atau informasi yang disampaikan berkualitas, webinar jenis ini tetap dapat membantu mempromosikan bisnis dan meningkatkan brand awareness.

Karena berfungsi sebagai sumber pendapatan, maka peserta harus membayar untuk dapat mengakses webinar dan juga konten yang disampaikan. Oleh karena itu, kualitas pembicara dan juga informasi yang disampaikan dana webinar jenis ini tentu harus lebih baik.

3. The Multi-Module Webinar or Webinar Series

Sesuai dengan namanya, webinar ini biasanya diselenggarakan beberapa kali dan topik utamanya dibagi menjadi beberapa bagian atau modul. Oleh karena itu, topik yang dipilih biasanya cukup luas dan informasi serta pembahasan yang disampaikan umumnya mendalam. Tidak jarang jenis webinar ini disampaikan oleh beberapa pembicara berbeda, tapi tidak menutup kemungkinan webinar series ini dibawakan oleh satu pembicara yang memang sudah sangat ahli dalam bidangnya.

Bila dilaksanakan dengan tepat, jenis webinar ini bisa menjadi webinar yang paling menguntungkan, baik untuk memperoleh keuntungan, mendapatkan leads, ataupun meningkatkan reputasi bisnis.

Berdasarkan konten

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kualitas materi atau modul yang dikandung dalam sebuah web seminar sangatlah penting. Webinar yang berkualitas akan mampu menarik lebih banyak orang untuk mengikuti web seminar tersebut. Akibatnya, Anda sebagai pemilik bisnis dan penyelenggara webinar pun akan mendapatkan manfaat yang lebih besar.

Berikut ini adalah beberapa jenis webinar populer berdasarkan konten yang disampaikan.

1. Educational

Kebanyakan orang mengikuti webinar dengan tujuan memperoleh ilmu atau informasi baru. Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa mengambil kesempatan dengan menyelenggarakan webinar yang bersifat educational.

Educational webinar adalah seminar online yang bertujuan untuk mengajarkan penonton ilmu atau informasi baru yang bermanfaat. Proses berjalannya web seminar ini mirip proses pembelajaran di sebuah kelas, di mana pembicara akan menyampaikan informasi penting mengenai topik tertentu. WEebinar ini biasanya menggunakan bantuan presentasi, video, ilustrasi, dan media lainnya untuk membantu proses penyampaian informasi.

2. Workshop

Mirip seperti sebelumnya, selain ilmu, banyak juga orang yang tertarik untuk meningkatkan kemampuan mereka di bidang tertentu atau bahkan mempelajari keterampilan baru. Untuk itu, Anda juga harus mempertimbangkan workshop webinar.

Workshop webinar adalah web seminar yang digunakan untuk mengajarkan sebuah keterampilan dengan cara mendemonstrasikannya melalui media online. Jenis webinar ini dapat digunakan juga oleh sebuah perusahaan untuk melatih pekerjanya dalam melakukan suatu kegiatan.

3. Q&A

Sesi pertanyaan adalah bagian yang wajar muncul dalam kebanyakan webinar. Tapi siapa sangka, ternyata Anda juga bisa membuat sebuah webinar dengan format ini semata. Q&A webinar adalah smeinar online yang memberikan kesempatan bagi peserta untuk bertanya mengenai produk atau brand tertentu. Q&A webinar biasanya diselenggarakan berdekatan dengan tanggal peluncuran sebuah produk.

Melalui Q&A webinar, pembicara bisa berinteraksi langsung dengan penonton. Jenis webinar ini sangat berguna untuk memperkenalkan sebuah produk atau bisnis lebih dalam. Tidak hanya itu, bila dijalankan dengan efektif, jenis webinar ini bisa digunakan sebagai media untuk memperoleh feedback dari pelanggan.

4. Product demo

Product demo webinar adalah seminar online yang bertujuan untuk mendemonstrasikan sebuah produk yang ditawarkan. Biasanya fungsi web seminar ini murni untuk mempromosikan produk, memperoleh leads, serta mendapatkan feedback dari target pasar. Jenis webinar ini biasanya diselenggarakan sebelum peleuncuran sebuah produk baru.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu webinar, berbagai manfaat webinar bagi pebisnis, serta jenis-jenis webinar yang bisa Anda pertimbangkan. Untuk perusahaan, webinar adalah salah satu cara terbaik mengenalkan brand kepada calon pelanggan selama masa pandemi. Tidak perlu bertemu langsung, melalui media dan jaringan internet saja Anda sudah bisa berkomunikasi personal dengan pelanggan, melakukan promosi, serta mendapatkan feedback.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post