Apa yang Dimaksud Bahasa Pemrograman?

Apa itu Bahasa Pemrograman

Dunia pemrograman menjanjikan peluang karier yang cerah seiring perkembangan zaman. Tidak heran banyak generasi muda yang mulai tertarik mempelajari pemrograman. Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum mempelajari bidang ini, salah satunya memahami apa yang dimaksud bahasa pemrograman.

Bidang ilmu pemrograman sangat luas, tetapi Anda bisa mulai dengan memahami bahasa pemrograman. Malahan, Anda harus materi tersebut karena bahasa pemrograman merupakan hal yang fundamental. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih dalam tentang bahasa pemrograman.

Apa yang Dimaksud Bahasa Pemrograman?

Bahasa pemrograman adalah serangkaian instruksi dasar sebagai perintah dalam komputer. Singkatnya, bahasa pemrograman hadir supaya sistem komputer, software, aplikasi, atau website dapat beroperasi sesuai perintah pengguna.

Pada dasarnya, bahasa pemrograman merupakan himpunan dari aturan sintaksis dan semantik yang dimanfaatkan untuk mendefinisikan program komputer. Seorang programmer dapat menentukan data yang harus diolah oleh komputer, cara penyimpanan atau meneruskan data, serta langkah yang diambil dalam berbagai situasi khusus melalui bahasa pemrograman.

Lantas, mengapa perlu mempelajari bahasa pemrograman? Anda dapat mengasah skill teknis dalam pemrograman sekaligus mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah terkait website.

Baca Juga: 9 Cara Menaikkan Domain Authority dan Page Authority Website Anda

5 Bahasa Pemrograman yang Populer

Ada lebih dari 700 bahasa pemrograman yang tersedia di dunia komputer. Pertanyaannya, bahasa pemrograman mana yang lebih bagus untuk dipelajari? Jawabannya tentu bergantung pada tujuan, tetapi Anda dapat memilih bahasa pemrograman yang populer karena mudah untuk dipelajari oleh pemula.

ToffeeDev telah merangkum lima bahasa pemrograman populer dari sekian banyak bahasa pemrograman, yaitu:

1. JavaScript

JavaScript menjadi jawara dalam bahasa pemrograman karena telah digunakan oleh banyak orang selama delapan tahun berturut-turut. Alasannya tidak sekadar mudah dan cepat dipelajari, tetapi JavaScript juga fleksibel digunakan untuk berbagai penggunaan. 

Anda dapat mempelajari JavaScript untuk mengembangkan front-end website agar lebih interaktif dan menarik, membangun aplikasi web, bahkan mengembangkan game.

2. Python

Python termasuk dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi, tetapi masih cocok dipelajari oleh programmer pemula. Banyak sekali tugas yang dapat dilakukan dengan Python, seperti pengembangan back-end website, data science, otomatisasi, dan machine learning.

Bahasa pemrograman ini mudah dipelajari karena sintaksisnya mirip bahasa Inggris. Python sangat ideal dipelajari bagi Anda yang ingin terjun di bidang developer atau engineer software.

Baca Juga: Mengenal Pengertian Programmer, Profesi Penting Saat Ini

3. C++

C++ bersifat serbaguna dan dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang memiliki performa terbaik. Bahasa pemrograman ini merupakan kombinasi tingkat rendah dan tinggi sehingga cocok sebagai sistem programming.

C++ sulit dipelajari karena sintaksisnya cukup rumit. Namun, Anda dapat mengembangkan aplikasi mobile dan video game, sistem operasi serta menerapkan machine learning dalam teknologi setelah mempelajari bahasa ini.

4. SQL

Structured Query Language (SQL) paling cocok digunakan dalam data science dan komputasi statistik. SQL termasuk dalam bahasa khusus domain sehingga Anda bisa membuat kueri, memanipulasi, serta menganalisis data dalam database relasional.

Bahasa pemrograman ini sangat universal dan dapat dipelajari dalam bidang karier apa pun. Web developer juga memerlukan SQL agar bisa mengatur database website, sementara digital marketer dapat mempelajari SQL sebagai alat bantu evaluasi strategi iklan atau kampanye yang telah dijalankan.

5. PHP

Back-end web developer perlu mempelajari PHP sebagai bahasa pemrograman terpenting, apalagi jika website Anda menggunakan WordPress. Framework PHP sangat cocok digunakan untuk mengembangkan website dan aplikasi, khususnya Laravel, Symfony, dan CodeIgniter.

Anda dapat mempelajari PHP dengan lebih mudah karena sintaksisnya tidak rumit. Sifatnya open-source dan Anda dapat menggunakan bahasa ini untuk menulis skrip sisi server dan skrip command-line.

Jasa SEO

4 Cara Belajar Pemrograman yang Efektif untuk Pemula

Selalu ada tantangan ketika mempelajari hal baru, termasuk pemrograman. Tantangan tersebut kadang membuat proses belajar menjadi tidak efektif. Namun, Anda dapat mencoba cara ini agar lebih efektif dalam mempelajari bahasa pemrograman.

1. Fokus pada Dasar Ilmu Pemrograman

Layaknya ilmu di sekolah, Anda harus memahami fundamental atau dasar ilmu pemrograman dahulu. Langkah ini harus diperlukan supaya Anda tidak kagok saat mempelajari pemrograman di tingkat berikutnya. Selain itu, dasar ilmu pemrograman sangat membantu dalam memahami logika komputer bekerja.

Baca Juga: 5 Tips Belajar Pemrograman Secara Autodidak

2. Praktikkan Teori yang Telah Dipelajari

Ketika membaca buku pemrograman, Anda pasti berpikir bahwa teori tersebut susah diaplikasikan. Namun, cobalah menerapkan teori tersebut ke dalam praktik dahulu. Lagi pula, belajar melalui praktik justru sangat membantu supaya Anda terus mengingat materi pemrograman yang telah dipelajari.

3. Pilih Materi Pembelajaran Tepercaya

Banyak sekali platform yang menyediakan materi pemrograman, tetapi Anda harus bijak memilih sumber yang tepat. Perhatikan kredibilitas pengajar atau sumber materi yang akan digunakan dan pastikan sumber tersebut mudah Anda pelajari dan terapkan.

4. Jangan Ragu untuk Bertanya

Mentor atau teman belajar merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan skill ini. Anda dapat bertanya dan bertukar pikiran bersama mereka apabila menemukan kendala dalam mempelajari pemrograman. Tidak ada salahnya bergabung dalam forum programming supaya Anda bisa memiliki wadah untuk bertukar pikiran mengenai topik ini.

Apakah Anda makin tertarik mempelajari pemrograman setelah memahami apa yang dimaksud bahasa pemrograman? Gunakan empat cara di atas supaya Anda tidak mengalami hambatan dalam belajar pemrograman. Ilmu ini pasti bermanfaat untuk membangun website atau aplikasi sebagai platform jual-beli bisnis Anda.

Bagaimana jika Anda sudah memiliki bisnis, tetapi belum mampu membangun website. Jangan khawatir, serahkan saja masalah ini melalui jasa pengembangan website dari ToffeeDev. Kami siap mendengarkan ekspektasi Anda dalam bisnis dan website, kemudian mewujudkan ekspektasi tersebut. 

Tim web developer ToffeeDev telah berpengalaman, memahami apa yang dimaksud bahasa pemrograman, dan mampu memilih bahasa pemrograman yang tepat untuk website Anda. Hubungi kami segera dan wujudkan impian untuk memiliki website bisnis yang mudah dan cepat diakses demi kemajuan bisnis Anda.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat