APA YANG DIMAKSUD DENGAN SEO? DAN MANFAAT SEO UNTUK BISNIS ANDA

Hi! Welcome back to Toffee #SharingMonday! Kali ini bersama saya, Novia. Setiap hari Senin kami akan membagikan insight seputar Digital Marketing, website, dan juga design. Pada video kali ini, saya akan memberikan insight seputar “apa itu SEO dan apa manfaatnya bagi bisnis Anda”.

Apa Itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu strategi digital marketing yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan visibilitas website Anda dalam search engine, sehingga bisa mendapatkan traffic organik yang diharapkan dapat meningkatkan penjualan atau sales. Perlu dicatat bahwa SEO tidak dikerjakan hanya satu kali saja, namun perlu dilakukan secara konsisten dan juga terus menerus. Selain itu, hasil dari implementasi SEO sendiri tidaklah instan dan membutuhkan waktu yang tidak cepat agar impact-nya dapat dirasakan atau terlihat.

Manfaat SEO Untuk Bisnis Anda

1. Brand Awareness

Manfaat pertama yaitu meningkatkan brand awareness. Mengimplementasikan SEO untuk bisnis Anda, dapat menaikkan frekuensi munculnya brand ataupun produk Anda di internet, ataupun search engine. Hal ini dapat membantu produk Anda maupun brand Anda sehingga semakin dikenal luas oleh lebih banyak orang yang kemudian akan membangun brand awareness terhadap bisnis dan juga produk Anda.

2. Meningkatkan Penjualan

Yang kedua yaitu meningkatkan penjualan. Hampir semua orang sebelum membeli sesuatu pasti akan melakukan riset terlebih dahulu dengan cara mencarinya di internet. Hal ini sangat wajar, karena orang-orang tersebut pastinya tidak ingin tertipu dan merasa kecewa nantinya. Apabila halaman website Anda ada di halaman pertama bahkan di ranking paling atas, maka akan semakin banyak orang yang cenderung mengunjungi website Anda dan berpotensi untuk meningkatkan penjualan di website Anda.

3. Investasi Jangka Panjang

Dan yang ketiga adalah SEO bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang dan tentunya memberikan impact yang lumayan besar. Cara kerja SEO tidaklah sama dengan iklan berbayar yang apabila budget Anda habis, maka website Anda tidak akan muncul lagi. Jika mengimplementasikan SEO, selagi Anda mengelolanya dengan baik dan mengikuti perkembangannya, maka impact dari SEO akan terus berlanjut dan terasa. Biasanya, jika sebuah website sudah berada di posisi teratas, akan sulit digeser oleh pihak lain terkecuali jika ada perubahan yang signifikan. Maka SEO dapat dikategorikan sebagai investasi jangka panjang, karena memang dampaknya bisa dirasakan dalam waktu yang sangat lama.

Sekian insight hari ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk di-share. Jika Anda punya usulan topik untuk kami bahas di video selanjutnya, silahkan comment di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di Toffee #SharingMonday berikutnya!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat