3 Bahasa Pemrograman yang Wajib Anda Ketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Dalam satu dekade terakhir, perkembangan teknologi yang pesat membuat keterampilan pemrograman menjadi sesuatu yang penting. Tak main-main, di Amerika Serikat saja, gaji seorang programer berpengalaman bisa mencapai angka $500.000 dalam setahun.  Saat ini, keahlian penulisan bahasa pemrograman tidak hanya dibutuhkan di industri digital saja. Menjamurnya aplikasi mobile dan situs web bisnis membuat para ahli bahasa pemrograman dibutuhkan di hampir semua lini industri, termasuk pemerintahan.

Macam-Macam Bahasa Pemrograman

Selain sebagai programer, keahlian bahasa pemrograman juga mutlak diperlukan untuk berbagai profesi lain yang berhubungan dengan pengembangan aplikasi, seperti full-stack developer, back-end developer, atau software engineer.

Lantas, apa bahasa pemrograman yang wajib dikuasai oleh para profesional di bidang tersebut? Inilah tiga contohnya.

1. JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang wajib dikuasai untuk pengembang web. Bahasa ini secara sederhana berfungsi untuk membangun sistem dan tampilan web. Penggunaan JavaScript umumnya dibarengi dengan HTML, CSS, dan PHP.

Bahasa pemrograman yang mulai dikembangkan pada tahun 1995 ini dapat digunakan untuk aplikasi berbasis web dan mobile. Cakupannya yang luas membuat peran bahasa tersebut tak tergantikan. Selain itu, HTML juga memiliki sejumlah kelebihan, yaitu:

  • Relatif lebih mudah dipelajari daripada bahasa sejenisnya
  • Menghasilkan situs web yang lebih interaktif dan responsif
  • Error handling yang baik sehingga kesalahan pemrograman dapat dengan mudah diperbaiki
  • Memakai HTML sebagai alat pemroses sehingga pengguna tidak lagi membutuhkan compiler untuk menjalankannya.

Hingga tahun 2018, tercatat bahwa JavaScript telah digunakan oleh 95% situs web di dunia. Angka fantastis ini menegaskan bahwa bahasa tersebut adalah salah satu yang wajib dikuasai untuk para programer profesional di masa depan.

Baca Juga: Pengertian JavaScript dan Sejarahnya yang Penting

2. PHP

Sama seperti JavaScript, PHP (Hypertext Preprocessor) juga merupakan bahasa pemrograman yang berguna untuk pengembangan situs web dan aplikasi. Bedanya, PHP bersifat server-side alias membutuhkan server untuk melakukan pengolahan data, tidak seperti JavaScript yang dapat diproses langsung di peramban.

PHP secara spesifik dipakai untuk mengembangkan fungsi dan tampilan statis pada situs web atau aplikasi. Bahasa ini dapat Anda pakai untuk menyimpan data sehingga halaman yang diakses bisa berubah sesuai keinginan user.

Meski bukan satu-satunya scripting language, PHP bisa dibilang adalah yang paling populer. Inilah alasannya:

  • Relatif lebih mudah dipelajari daripada bahasa scripting lainnya
  • Berfungsi lintas-platform alias bisa digunakan di berbagai sistem operasi tanpa perlu melakukan penyesuaian
  • Sifatnya yang open source membuat bahasa ini mendapat dukungan komunitas yang besar dan selalu mendapat pembaruan
  • Mendukung MySQL, Postgres, ODBC, dan berbagai sistem pengelolaan data lain.

3. Java

Java adalah bahasa pemrograman lintas-platform yang dibuat dan dikembangkan sejak tahun 1991 oleh Sun Microsystem sebelum akhirnya diteruskan oleh Oracle hingga saat ini. Uniknya, nama “Java” sendiri konon dipilih karena salah satu pendirinya amat menggilai kopi tubruk dari Pulau Jawa, Indonesia.

Java adalah bahasa yang berorientasi pada penempatan objek (OOP) sehingga relatif lebih mudah dipahami oleh para pengembang pemula. Selain itu, ada sejumlah kelebihan Java yang turut mengangkat popularitasnya, yaitu:

  • Banyak dipakai dalam pengembangan aplikasi Android
  • Menyediakan usability yang lebih luas kepada pengguna sehingga pengembang memiliki lebih banyak opsi untuk berkreasi
  • Memiliki Library yang besar untuk membantu pengembang pemula membangun aplikasi tanpa perlu melakukan penulisan kode dari awal
  • Struktur penulisan yang dinamis dan lebih mudah disusun sesuai kebutuhan pengembang

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang beberapa bahasa pemrograman yang wajib Anda ketahui. Mengingat besarnya peluang di bidang ini, tidak heran jika ada banyak orang yang bercita-cita menjadi seorang programmer andal. Apakah Anda tertarik?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Kategori
Step bye step SEO
SEO Strategi E Book
RTT5VI1
336 x 280

Related Post