Beberapa Contoh Teks Iklan yang Efektif

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Ada beberapa contoh teks iklan yang bisa Anda gunakan sebagai media promosi produk atau jasa untuk mengembangkan bisnis Anda. Ketika sedang menjalankan bisnis, tentu saja Anda memerlukan promosi. Baik promosi melalui media cetak maupun digital. Untuk bisa mendapatkan promosi yang efektif dan berdampak positif untuk penjualan, tentu diperlukan iklan yang baik dan juga menarik perhatian calon konsumen. Namun untuk membuat iklan yang baik, bukanlah pekerjaan yang mudah. Ada berbagai hal yang harus dipikirkan. Dimulai dari sisi visual hingga teks. Keduanya sama-sama sulit, tapi di dalam artikel kali ini, mari membahas beberapa contoh teks iklan yang efektif. Anda juga dapat mempelajari bagaimana cara membuat teks iklan yang menarik.

10 Contoh Teks Iklan yang Dapat Anda Ikuti

Membuat teks iklan bukanlah hal yang bisa disepelekan. Perlu kreativitas, pemahaman mendalam tentang maksud iklan tersebut, dan juga pengalaman. Maka dari itu, saat ini industri periklanan selalu membutuhkan copywriter berkualitas setiap waktunya untuk dapat membuat iklan yang menarik calon konsumen. Dengan besarnya kebutuhan industri dalam membuat iklan secara konsisten, maka peluang karier di dalam bidang ini sangatlah besar.

Mungkin Anda tertarik untuk menjadi copywriter tapi masih belum tahu bagaimana contoh teks iklan yang baik. Tenang saja, di bawah ini ada beberapa contoh yang bisa Anda pahami dan Anda lakukan di dalam pekerjaan nantinya. Bagaimana contoh teks iklan yang efektif? Simak penjelasannya 2 contoh teks iklan di bawah ini.

Contoh Teks Iklan Produk

Dari semua contoh teks iklan di daftar ini, bisa dibilang contoh iklan produk menjadi yang paling dikenal dan harus dimiliki dari sisi kemampuan membuatnya. Memang iklan produk itu sangatlah banyak. Mau tidak mau, diperlukan kreativitas dan cara menyampaikan pesan yang baik agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Dalam membuat teks iklan produk, tentu saja harus ada pesan yang disampaikan. Pesan tersebut biasanya berisi produk apa yang dijual, keunggulan apa yang ditawarkan, dan juga terkadang ada klaim dari produk tersebut. Klaim yang dimaksud bisa berbentuk pernyataan bahwa produk mereka merupakan nomor satu di kelasnya.

Baca Juga: Inilah Cara Membuat Iklan Yang Menarik

Tentu saja dalam praktiknya, masih bisa disesuaikan dari teks iklan jenis ini. Tidak semua harus bergaya sama. Dari segi panjang teksnya pun juga harus dilihat. Ada yang mau menggunakan kalimat yang panjang. Ada juga yang hanya mau 3-4 kata saja. Itu semua tergantung dari apa yang ingin disampaikan. Dan tentu saja, teks iklan produk sangatlah beragam, tergantung dari produk apa yang ditawarkan.

Berikut ini adalah beberapa contoh teks iklan produk yang terkenal.

Contoh iklan makanan

Kalimat iklan makanan biasanya mengedepankan aspek rasa makanan tersebut. Tetapi, tidak jarang juga ada aspek tambahan yang ditekankan, misalnya seberapa sehat makanan tersebut, kemurnian bahan makanan yang digunakan, seberapa trendi makanan tersebut, atau bahkan promosi tentang makanan tersebut.

Ada beberapa 5 contoh teks iklan makanan, di antaranya:

  • Jagonya Ayam (KFC)
  • I’m Lovin It (McDonald’s)
  • Indomie Seleraku (Indomie)
  • Madu asli langsung dari sarangnya
  • Ayam geprek tidak pedas, garansi 100% uang kembali!

Contoh iklan minuman

Masih mirip dengan sebelumnya, teks iklan minuman juga biasanya berfokus kepada aspek rasa minuman tersebut. Biasanya juga dapat ditambahkan dengan promosi betapa menyegarkan atau menyehatkan minuman tersebut.

Berikut ini adalah 5 contoh iklan minuman:

  • Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botoh Sosro (Teh Sosro)
  • Healthy Inside Fresh Outside (You C1000)
  • Kembalikan Ionmu (Pocari Sweat)
  • Dengan 100% gula alami, tanpa pengawet dan pewarna buatan
  • Diskon spesial natal tanpa minimal pembelian

Contoh iklan produk sabun

Iklan sabun juga merupakan salah satu iklan yang paling sering ditampilkan di TV. Biasanya iklan sabun menekankan betapa ampuhnya sabun tersebut dalam membersihkan, membasmi bakteri, serta betapa harumnya sabun tersebut.

Berikut ini adalah 4 contoh kalimat iklan sabun:

  • Nuvo Family ciptakan generasi sehat Indonesia (Nuvo)
  • Lux memberikan sentuhan yang lembut, halus dan mampu memikat pada kulitmu (Lux)
  • Gunakan sabun Dettol agar selalu fit dan aktif (Dettol)
  • Terbukti bahwa 1 tutup botol Rinso cair bisa membersihkan semua pakaian kamu yang kotor (Rinso)

Contoh iklan pakaian

Kemudian, untuk iklan pakaian, biasanya teks iklan akan berfokus kepada seberapa trendi dan unik pakaian tersebut. Seringkali, ditekankan juga bahan pakaian, seberapa nyaman pakaian, harga atau promo pakaian, dan bahkan negara tempat pembuatan pakaian tersebut.

Berikut ini adalah 3 contoh iklan pakaian:

  • Kemeja ini bahannya nyaman banget, cocok buat iklim tropis!
  • Produk impor dari Korea, baju cantik, imut dan satu-satunya di Indonesia!
  • Nikmati cashbak 45% untuk minimum pembelian Rp100 ribu saja!

Contoh iklan produk teknologi

Untuk produk teknologi, iklan biasanya ditulis untuk mempromosikan seberapa canggihnya produk tersebut dibandingkan model yang lama atau merek lain. Biasanya, ada salah satu fitur unik dan menarik yang dipromosikan.

Berikut ini adalah 5 contoh kalimat iklan produk teknologi:

  • Pre-order sekarang untuk bisa dapetin Galaxy Buds (Samsung)
  • Say hello to the future (Apple)
  • Beli OPPO Reno4 dan OPPO Watch sekarang dan dapatkan berbagai promo menarik! (Oppo)
  • Kamu juga bisa mendapatkan tambahan hingga Rp 500.000 untuk HP lama kamu untuk tukar tambah
  • Beli sekarang dan dapatkan powerbank gratis

Contoh iklan obat-obatan

Teks iklan obat-obatan sangat beragam, tergantung dengan jenis obatnya. Biasanya iklan obat-obatan mengandung gejala penyakit tertentu dan memberikan informasi bagaimana obat yang sedang dipromosikan dapat mengatasinya.

Berikut ini adalah 3 contoh kalimat iklan obat-obatan:

  • Orang pintar minumnya Tolak Angin (Tolak Angin)
  • Badan gereges, masuk angin? Balsem Lang bantu rejakan gejala sakit ringan, hangatya pas bikin nyaman (Balsem Lang)
  • Diapet, solusi alami diare untuk seluruh keluarga! (Diapet)

Contoh Teks Iklan Jasa

Bila ada iklan produk, tentu saja ada juga iklan jasa. Sesuai namanya, iklan jenis ini digunakan untuk mempromosikan jasa tertentu. Meskipun jumlahnya tidak sebanyak iklan produk, iklan jasa juga tetap marak ditemui. Oleh sebab itu, sangat diperlukan kreativitas dan kemampuan komunikasi yang baik agar iklan jasa Anda efektif dan mencolok dibandingkan yang lainnya.

Dalam membuat teks iklan jasa, biasanya akan ada sebuah permasalahan umum yang bisa terjadi pada pembaca. Dari permasalahan itu, kemudian akan ditekankan bagaimana jasa yang ditawarkan dapat memberikan solusi terbaik. Selanjutnya, tentu ada informasi yang harus disampaikan pada pembaca. Informasi tersebut biasanya berisi detail jasa yang ditawarkan, keunggulan penyedia jasa, dan juga terkadang ada klaim unik dari jasa tersebut.

Berikut ini adalah 4 contoh teks iklan jasa:

  • Menyediakan jasa pembuatan website bisnis yang dinamis, cantik, dan fungsional.
  • Jangan lewatkan setiap momen berharga Anda. X Fotografi siap membantu Anda mengabadikan setiap momen kebahagiaan Anda.
  • Anda punya toko online tapi masih bingung buat kirim barang? Jangan khawatir. Jasa Kurir X siap membantu Anda! Tetap #dirumahaja, dan serahkan semua pada yang berpengalaman.
  • Rumah Anda penuh dengan serangga, kecoa dan tikus? Mau bikin rumah bebas dari semua itu? RK Cleaning siap memberi yang terbaik untuk Anda. Hubungi kami sekarang juga!

Contoh Iklan Pendidikan

Sesuai dengan namanya, iklan pendidikan adalah iklan yang memuat informasi atau tawaran yang terkait dengan dunia pendidikan dan edukasi. Anda mungkin sering melihat iklan pendidikan menjelang tahun ajaran baru sebagai sarana untuk mengiklankan sekolah-sekolah tertentu.

Meskipun namanya iklan pendidikan, jenis iklan ini tidak melulu harus berasal dari sekolah atau universitas. Iklan pendidikan juga bisa digunakan oleh tempat kursus, les, atau bimbel, formal maupun non-formal, untuk menawarkan jasa mereka. Oleh sebab itu, target demografisnya juga sebenarnya luas, tidak hanya anak atau pemuda berusia pelajar saja. Tergantung dengan kontennya, iklan pendidikan bisa juga ditujukan kepada orang tua, pekerja yang berniat meningkatkan karirnya, profesional yang berniat memperdalam ilmunya, dan sebagainya.

Untuk strukturnya, iklan pendidikan biasanya agak mirip dengan iklan jasa karena sifat hal yang ditawarkan. Namun, biasanya iklan pendidikan lebih spesifik dalam penulisan penawarannya. Iklan pendidikan cenderung lebih panjang dan mendetail dibandingkan teks iklan jasa pada biasanya.

Berikut ini adalah 2 contoh iklan pendidikan:

  • Menerima peserta didik baru tahun ajaran 20xx/20xx. Gratis biaya pendaftaran dari tanggal X hingga X. Syarat pendaftaran: …
  • Tingkatkan Karir dan Kemampuan Bahasa Inggris Anda Bersama EF Adults Indonesia (EF)

Contoh Teks Iklan Komersial

Selain teks iklan produk, ada juga teks iklan komersial. Untuk teks iklan jenis ini, memang fokus utamanya adalah untuk menawarkan produk atau jasa dengan gaya yang lebih unik karena tidak lagi menjadi tagline. Bisa saja dalam beberapa waktu ke depan, teks iklan berubah walaupun barang dan jasa yang dijual masih sama.

Dalam iklan komersil, ada dua jenis iklan yang bisa dipilih. Pertama adalah iklan taktis yang bertujuan untuk mendesak orang mau memperhatikan barang dan jasa yang ditawarkan. Kedua adalah iklan strategis yang memiliki tujuan membangun merek yang dipasarkan. Biasanya iklan seperti ini banyak dilakukan oleh agensi periklanan.

Jika Anda memperhatikan iklan provider seperti IM3 dan Telkomsel, mereka yang paling sering menggunakan teks iklan komersial. Iklan tersebut bisa menjadi contoh yang baik tentang bagaimana membangun merek sambil menjual produk yang ada.

Baca Juga: Mencari Tahu Cara Iklan Di Instagram Bisnis

Tips Membuat Teks Iklan Yang Menarik

Apakah Anda merasa bahwa teks iklan yang Anda buat kurang efektif? Penasaran bagaimana caranya membuat teks iklan yang tidak hanya menarik tapi juga efektif? Berikut ini adalah beberapa tips sederhana untuk membuat teks iklan sebagai bahan promosi untuk barang atau jasa yang Anda tawarkan.

1. Singkat dan Padat

Menurut penelitian, seseorang hanya akan tertarik pada suatu hal yang baru selama 8 detik. Terlebih dari itu, orang tersebut akan berpindah dan mengabaikan hal tersebut. Fakta ini harus Anda pertimbangkan saat membuat teks iklan. Pastikan teks iklan Anda singkat dan padat agar pembaca bisa langsung mendapatkan informasi yang tepat dan langsung tertarik pada barang maupun jasa yang Anda jual.

2. Informatif

Saat hendak membuat sebuah iklan, teks yang Anda tulis harus bersifat informatif atau bermakna untuk sang pembaca. Posisikan diri Anda di perspektif calon pelanggan. Topik atau solusi permasalahan apa yang kira-kira mampu menarik perhatian mereka? Tulislah kalimat iklan yang relevan dan bermakna bagi pembaca.

3. Unik

Bayangkan berapa banyak iklan yang dilihat oleh seseorang dalam satu hari. Pasti banyak sekali bukan? Oleh karena itu, membuat kalimat iklan yang unik sangat esensial untuk mempromosikan sebuah bisnis. Masukkanlah aspek atau fitur menarik dari produk yang Anda tawarkan ke dalam teks iklan. Pastikan agar pembaca menjadi tertarik untuk tahu lebih banyak mengenai produk Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan slogan yang keren atau lucu sebagai catchphrase unik brand Anda.

4. Gunakan Kata Ajaib

Dalam penulisan teks iklan, jangan ragu untuk menggunakan kata-kata ajaib untuk menekankan poin Anda. Kata-kata ajaib adalah kata atau frasa yang bermakna kuat dan dapat langsung memikat perhatian pembaca. Sebenarnya, ada banyak sekali kata ajaib yang bisa Anda gunakan dalam iklan, tapi Anda harus menganalisanya dan memilih kata ajaib yang tepat untuk mendapatkan hasil maksimal. Berikut ini adalah 12 contoh kata ajaib yang bisa Anda coba:

  1. Promo
  2. Gratis
  3. Asli
  4. Mudah
  5. Hemat
  6. Eksklusif
  7. Bonus
  8. Garansi
  9. Terbukti
  10. Terjamin
  11. Instan
  12. Aman

5. Bangkitkan Perasaan

Gunakan teks iklan Anda sebagai sarana untuk membangkitkan perasaan pada pembaca. Dengan mengaitkan emosi tertentu kepada produk yang Anda tawarkan, pembaca akan semakin tertarik untuk membeli produk tersebut.

Salah satu contoh perasaan yang paling ampuh untuk meningkatkan penjualan adalah rasa penasaran. Dengan membuat pembaca penasaran, maka ia akan lebih tertarik untuk mencari informasi mengenai produk Anda dan bahkan membelinya langsung. Selain itu, Anda juga bisa mencoba membangkitkan perasaan lain, contohnya kebahagian, ketenangan, kerinduan, percaya diri, dan masih banyak lagi. Pastikan perasaan tersebut masih sesuai dengan manfaat yang ditawarkan produk Anda.

Silakan Mencoba Membuat Teks Iklan yang Menarik

Itulah beberapa contoh teks iklan yang efektif. Semoga informasi contoh teks iklan yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post