bisnis dropship
5 Ide Bisnis Dropship yang Menguntungkan
April 1, 2021
Perbedaan Website Statis dan Dinamis yang Perlu Diketahui
Kenali Perbedaan Website Statis dan Dinamis Sebelum Memulai Bisnis Online
April 1, 2021

Belajar Bisnis Online dengan 5 Langkah

belajar bisnis online

idea 4095184 1280

Belajar bisnis online, kenapa tidak? Melihat pesatnya perkembangan teknologi saat ini, peluang untuk memulai bisnis online terbuka lebar. Terlebih, sudah ada banyak platform yang memungkinkan Anda untuk berbisnis online, mulai dari media sosial hingga e-commerce

Belajar Bisnis Online dengan Mudah

Selain dari segi ketersediaan platform, bisnis online juga relatif lebih mudah dijalankan karena membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Beberapa model bisnis online seperti dropship bahkan memungkinkan Anda untuk memulai bisnis tanpa modal. Nah, bagi Anda yang memang tertarik untuk memulai bisnis, mari simak langkah-langkah belajar bisnis online berikut ini.

1. Mulai dengan riset  

Mulailah bisnis Anda dengan melakukan riset. Langkah persiapan ini akan membantu Anda untuk merancang strategi bisnis. Dengan melakukan riset, Anda bisa mengetahui target pasar, kebutuhan pasar, hingga strategi pemasaran yang tepat.

Tidak perlu riset yang rumit dan kompleks. Anda bisa melihat pergerakan pasar dan kondisi di sekitar, apa kira-kira komoditi yang banyak dicari dan dibutuhkan. Setelah itu, tentukan pula segmentasi pasar. Biasanya, indikator yang digunakan adalah usia, jenis kelamin, dan pekerjaan calon pelanggan Anda.

Baca Juga : Mengenal Sistem Kerja Bisnis Online yang Potensial

2. Menetapkan harga jual

Setelah melakukan riset, akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan produk yang akan dijual. Baru setelah itu Anda menetapkan harga dijual. Bisa dibilang inilah bagian paling tricky dalam belajar bisnis online. Pasalnya, Anda harus benar-benar teliti agar tidak salah menetapkan harga.

Untuk membantu Anda, coba lakukan survei pada e-commerce atau tempat lain yang menjual produk serupa. Tetapkan harga tengah dan gunakan sebagai harga jual. Hindari menetapkan harga jual yang terlalu tinggi karena akan sulit menarik minat calon pembeli. Terlebih, Anda masih merupakan pemain baru di pasaran.

3. Menentukan strategi promosi

Apabila produk, target pasar, dan harga jual telah ditetapkan, maka langkah selanjutnya adalah menentukan strategi promosi. Strategi promosi sangat mempengaruhi kelangsungan bisnis. Dengan strategi promosi yang baik, maka pembeli akan terus berdatangan. Artinya, keuntungan pun akan didapat dan bisnis terus berjalan.

Dalam belajar bisnis online, Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai tempat promosi. Selain gratis, media sosial juga mudah diakses banyak orang. Anda juga bisa merancang website bisnis untuk menjangkau kalangan yang lebih luas. Jangan lupa mencantumkan kontak pada media sosial dan website Anda agar interaksi dengan konsumen lebih mudah.

4. Lakukan secara konsisten

Untuk menggaet banyak calon konsumen, Anda harus melakukan promosi secara konsisten. Buat jadwal khusus untuk mengunggah konten promosi di media sosial atau website. Tidak ada salahnya juga untuk melakukan “jemput bola” dengan membagikan konten promosi di forum atau grup media sosial.

Promosi yang konsisten akan membuat calon konsumen lebih mudah mengingat produk Anda. Ditambah dengan konten promosi yang menarik, tentu akan lebih banyak calon konsumen yang berminat pada produk Anda.

Baca Juga : Rekomendasi Cara Mempertahankan Bisnis Online

5. Memberikan penawaran menarik

Salah satu cara menarik pelanggan dalam belajar bisnis online adalah dengan memberikan penawaran-penawaran khusus. Strategi seperti ini sudah sering dilakukan oleh para pelaku bisnis, terutama di masa-masa awal merintis bisnis.

Memberikan penawaran seperti diskon atau bundling akan meningkatkan brand awareness. Calon pembeli pun bisa lebih mengenal produk Anda dengan mudah. Dengan begitu, nantinya mereka akan sukarela melakukan pembelian ulang atau bahkan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain.
Dalam belajar bisnis online memang tidak ada rumus pasti untuk menuju kesuksesan. Semoga lima langkah belajar yang telah dibahas dalam artikel ini bisa membantu Anda dalam merintis bisnis online. Namun, ingat pula bahwa hasilnya tidak bisa didapat secara instan. Pasti akan ada proses trial and error yang akan Anda lalui. Jadi, jangan menyerah dan teruslah konsisten menjalankan bisnis online Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments