cek kecepatan website
3 Cara Cek Kecepatan Website
Maret 20, 2021
apa itu cloudflare
Apa Itu Cloudflare? Apa saja fungsinya?
Maret 20, 2021

Berapa Total Biaya Pembuatan Website?

biaya pembuatan website

Biaya pembuatan website sudah lazim menjadi topik pembahasan di dunia digital. Berbagai faktor serta komponen dapat memengaruhi total biaya website yang dibuat. Bila dirinci, ada tiga aspek penting yang menjadi penentu harga pembuatan sebuah website:

  • Lengkap atau tidaknya fitur
  • Spesifikasi hosting
  • Level kesulitan pembuatan

Sesungguhnya tidak masalah bila ingin membuat website sendiri. Namun, bukan berarti cara ini tanpa biaya. Untuk tempat penyimpanan data, Anda tetap membutuhkan domain dan hosting.

Anda juga membutuhkan kemampuan untuk coding, koneksi internet yang stabil dan kuat, serta perangkat komputer untuk melakukan instalasi. Biayanya pasti juga beragam.

Rincian Biaya Pembuatan Website di Tahun 2021

Pandemi COVID-19 sejak 2020 hingga 2021 ini tentu juga berpengaruh pada kecepatan koneksi internet dan harga pembuatan sebuah website. Banyaknya karyawan yang harus bekerja di rumah lewat koneksi digital (#WFH atau Work From Home) memang membuka peluang bisnis digital. Namun, koneksi internet juga harus diperhitungkan.

Nah, inilah perkiraan rincian total biaya untuk membuat website:

1. Biaya Pembelian Domain

Domain tidak hanya untuk mempermudah pengunjung saat mengakses website Anda. Nama domain juga mencerminkan brand produk atau jasa yang ditawarkan. Untuk tahun 2021 ini, perkiraan biaya pembelian domain adalah antara 20 hingga 300 ribu rupiah per tahun. Domain .com adalah yang paling diminati, dengan harga sekitar 100 hingga 165 ribu rupiah per tahun.

2. Biaya Penyewaan Hosting

Berdasarkan fitur, desain, dan spesifikasi web, biaya penyewaan hosting dapat bervariasi. Harganya bisa sekitar 20 hingga 150 ribu rupiah per bulan. Jika ingin hosting yang berperforma maksimal, harganya pun bisa makin tinggi.

3. Biaya untuk Sertifikat SSL

Sebenarnya, sertifikat SSL bisa didapatkan secara gratis melalui servis Let’s Encrypt. Namun, bila ingin sertifikat SSL yang perlindungannya maksimal, gunakanlah yang berbayar. Memang, harganya sekitar 100 ribu hingga empat juta rupiah per tahun. Perbedaan harga tergantung oleh:

  • Banyaknya domain yang bisa diinstal
  • Lamanya garansi
  • Teknologi yang dipakai

Untuk website profil perusahaan, Anda bisa menggunakan Sectigo atau Asphassl yang harganya terjangkau. Bila butuh memunculkan nama perusahaan, tambahkan dengan fitur Green Bar.

4. Biaya untuk Plugins

Bila memakai platform WordPress, fitur tambahan ini ada yang gratis dan berbayar. Tentu saja, bila ingin versi optimal, pilihlah yang berbayar. Contoh plugins di antaranya plugins SEO, cache, hingga untuk keamanan website.

5. Biaya untuk Template

Bila bisa mendesain template sendiri, biasanya Anda tidak perlu mengeluarkan uang. Namun, bila bukan ahlinya, banyak yang gratisan. Tentu saja, bila ingin template unik, banyak versi berbayar yang desainnya lebih cantik. Harganya beragam, tetapi paling mentok sekitar dua jutaan rupiah.

Harga Pembuatan Website Sesuai Kebutuhan:

Berdasarkan kebutuhan Anda, inilah perkiraan rincian harga website:

1. Untuk E-Commerce

Untuk tahun 2021 ini, biaya website untuk e-commerce bisa sekitar 10 hingga ratusan juta rupiah. Demi kemudahan pelanggan saat berbelanja di website, sistem website memang harus kompleks. Contohnya, menu keranjang, checkout, hingga Live Chat, area member, serta payment gateway.

2. Untuk Pribadi

Bagi blogger pribadi, kisaran total biaya untuk membuat website adalah antara 500 ribu hingga tiga jutaan rupiah. Total perkiraan ini sudah termasuk domain .com dan biaya sewa hosting selama setahun. Tagihannya pun biasanya dikeluarkan per tahun.

3. Untuk Profil Perusahaan

Nah, kalau ini tergantung kebutuhan perusahaan masing-masing. Untuk itu, bahaslah dulu dengan pengembang website yang bersangkutan. Jika ingin membuat website profesional dengan tenaga andal, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website dari ToffeeDevJadi, itulah informasi perkiraan biaya pembuatan website. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Sumber:
https://toffeedev.com/services/company-profile/jasa-pembuatan-website-profesional/
https://qwords.com/blog/harga-pembuatan-website/
https://toffeedev.com/blog/cara-membuat-website-toko-online-dengan-mudah-untuk-e-commerce/
http://blog.pekku.com/biaya-pembuatan-website/

Dwivy Andre
Dwivy Andre
Website Developer at Toffeedev and Interest in Website Enginer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments