Panduan Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

bisnis daring dan pemasaran

Bisnis Daring dan Pemasaran adalah jurusan yang mempelajari ilmu dan praktik di bidang pemasaran dan pengembangan usaha secara daring atau online melalui internet.

Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran, atau yang biasa disingkat BDP, biasanya dapat kita temui pada jenjang SMK. Jurusan ini merupakan salah satu Kompetensi Keahlian pada Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran. Biasanya siswa akan mempelajari dasar kemampuan bisnis daring dan pemasaran bisnis daring.

Pada artikel ini, ToffeeDev akan membahas tentang jurusan BIsnis Daring dan Pemasaran secara keseluruhan. Dari mulai apa yang saja yang diajarkan hingga prospek kerja dari jurusan ini.

Materi yang Diajarkan Pada SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

Selama masa pembelajaran, siswa SMK yang mengikuti jurusan ini akan mempelajari bagaimana cara untuk menganalisa pasar dan menemukan peluang usaha di dalamnya. Selain itu, para siswa juga akan dibekali dengan ilmu agar bisa memanfaatkan internet sebagai media bisnis dan pemasaran mereka.

Sekolah kejuruan seperti SMK biasanya akan mengajarkan mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan sesuai Kompetensi Keahlian yang diambil oleh siswanya. Berikut adalah Muatan Peminatan Kejuruan pada Kompetensi Keahlian pada jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran:

1. Penataan Produk

Mata pelajaran ini membahas tentang cara mengelompokkan barang menurut jenis dan kegunaannya. Pengelompokan tersebut tentunya juga dengan memperhatikan keindahan untuk menarik konsumen agar membeli produk tersebut. Dalam pengelompokan produk, siswa juga dituntut untuk benar-benar memahami spesifikasi dari produk tersebut.

2. Bisnis Daring

Pada mata pelajaran Bisnis Daring, siswa akan dibekali dengan cara memasarkan produk yang dijual melalui internet. Pemasaran ini bisa dilakukan dengan website atau memanfaatkan media sosial yang ada. Dengan membuka usaha online tentunya akan lebih mudah dan tidak membutuhkan biaya yang banyak. Misalnya, biaya sewa bangunan untuk toko, membeli stok barang, membayar karyawan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 8 Cara Efektif Untuk Menjadi Faster Learner

3. Administrasi Transaksi

Dalam Administrasi Transaksi, mahasiswa dibekali untuk dapat membuat pencatatan keuangan secara rapi dan terstruktur sehingga hasil pencatatannya mudah dipahami.

Jasa SEO

4. Manajemen Bisnis Ritel

Manajemen Bisnis Ritel mempelajari bagaimana mengelola keseluruhan faktor yang memengaruhi proses perdagangan eceran atau ritel. Misalnya, faktor-faktor yang memengaruhi perdagangan langsung barang dan jasa kepada konsumen.

5. Produk Kreatif Kewirausahaan

Pada mata pelajaran ini, siswa dibentuk untuk menjadi individu yang siap kerja. Materi yang dibahas meliputi pemahaman karakteristik wirausahawan, pemahaman peluang usaha produk dan jasa, hingga proses pengajuan hak kekayaan intelektual.

Jadi, jika Anda mengambil jurusan ini pada jenjang SMK, mata pelajaran yang disebutkan di atas akan menjadi santapan harian Anda. Dengan bekal tersebut Anda bisa mendapatkan keilmuan menjadi seorang marketing dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 9 Tips Digital Entrepreneur Untuk Kesuksesan Anda

Prospek Kerja Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

Prospek Kerja Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

Setelah mendapatkan bekal pendidikan dan pengetahuan seperti yang disebutkan di atas, berikut adalah beberapa prospek bidang pekerjaan yang bisa Anda geluti setelah lulus dari jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran:

  • Entrepreneur
  • Pramuniaga
  • Tenaga Pemasaran
  • Perantara Dagang
  • Administrasi (Penjualan, Pembelian, Pergudangan)
  • Dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Pelajari Cara Berbisnis yang Baik dan Coba Lakukan Setelahnya

Kembangkan Bisnis Anda Bersama ToffeeDev

Ada banyak strategi untuk melakukan bisnis online yang bisa Anda gunakan. Beberapa ada yang mudah untuk dilakukan, tetapi ada juga yang rumit dan membutuhkan lebih banyak pekerjaan. Perlu diingat juga bahwa kehadiran online Anda adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan sebuah strategi bisnis online.

Untungnya, ada ToffeeDev yang dapat membantu Anda meningkatkan kehadiran online Anda dan menarik pelanggan serta calon pelanggan dengan mudah. Jika Anda tertarik, kunjungi ToffeeDev sekarang juga!

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat