7 Rekomendasi Bisnis Untuk Mahasiswa

Akhir-akhir ini, bisnis untuk mahasiswa menjadi cukup populer karena peluangnya yang terbuka lebar. Ditambah kemajuan teknologi, memulai bisnis di era seperti sekarang sudah tidak sesulit dulu. Bahkan memulai bisnis tanpa modal pun bukan suatu hal yang mustahil di masa sekarang.

Pilihan Bisnis Untuk Mahasiswa

Dengan peluang yang terbuka lebar, otomatis model bisnis yang bisa dijalankan pun sangat variatif. Meski di satu sisi menguntungkan, tak bisa dipungkiri terkadang hal tersebut juga bisa membingungkan. Nah, agar tidak bingung, berikut tujuh rekomendasi bisnis untuk mahasiswa yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Bisnis online shop

Rekomendasi pertama adalah bisnis online shop. Bisa dibilang, inilah model bisnis yang paling banyak dijalankan oleh mahasiswa. Pada dasarnya, bisnis online shop memang cocok untuk dijalankan oleh mahasiswa. Selain praktis, modal yang diperlukan pun tidak terlalu besar. Dari segi operasional, Anda hanya memerlukan gadget dan koneksi internet.

Adanya platform media sosial dan e-commerce juga membuat bisnis online shop menjadi lebih ringkas. Anda bisa melakukan promosi secara gratis di dua platform tersebut. Selain itu, model bisnis online shop pun kini makin berkembang. Jika masih minim modal, sudah ada program reseller dan dropship yang bisa diikuti.

Baca Juga : Inilah Cara Bisnis Online Shop Untuk Pemula

2. Menjadi blogger

Bisnis untuk mahasiswa yang selanjutnya adalah menjadi blogger. Blog sekarang bukan sekadar platform untuk menulis diary online. Dengan sedikit usaha saja, blog Anda bisa disulap menjadi mesin pencetak uang. Bagaimana caranya? 

Anda bisa monetisasi blog dengan menggunakan Google AdSense. Dengan program ini, Google akan menjadikan blog Anda sebagai tempat untuk memasang iklan. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti program afiliasi. Program afiliasi memungkinkan Anda untuk mendapat penghasilan dengan mempromosikan suatu produk.

3. Fotografer

Bagi yang memiliki hobi fotografi, peluang bisnis pun terbuka untuk Anda. Hobi yang satu ini memang bisa mendatangkan keuntungan. Jika Anda mengelolanya dengan baik, bahkan hobi fotografi bisa menjadi bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan.

Ada banyak cara untuk mendapatkan keuntungan dengan menjadi fotografer. Anda bisa mengikuti kompetisi berhadiah, menjual foto ke platform stock photography seperti Shutterstock, hingga menjual foto cetak. Salah satu model bisnis fotografi yang sedang populer adalah menjadi fotografer atau videografer untuk acara pernikahan. Anda bisa bekerja sama dengan wedding organizer untuk mulai bisnis seperti ini.

4. Bisnis desain grafis

Saat ini, kebutuhan akan desain grafis sangat tinggi. Peminatnya pun bukan hanya individu, tapi juga perusahaan-perusahaan. Hal ini tentu bisa menjadi peluang bisnis untuk mahasiswa. Pasalnya, bisnis desain grafis tidak memerlukan modal besar dari segi operasional.

Sebagai permulaan, Anda bisa menawarkan jasa desain grafis kepada orang-orang terdekat. Selain itu, bisa juga dengan mengikuti kompetisi berhadiah. Kompetisi pembuatan logo atau branding biasanya memberikan hadiah yang sangat besar, terutama jika diadakan oleh perusahaan-perusahaan ternama. Agar bisa menarik lebih banyak konsumen, sebaiknya Anda membuat portofolio online yang mudah diakses.

Baca Juga : 7 Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan

5. Jasa penerjemah

Sebagai seorang mahasiswa, Anda tentu familiar dengan jurnal, buku materi, hingga e-book pendukung. Namun, terkadang materi kuliah tersebut menggunakan bahasa asing seperti bahasa Inggris. Ternyata hal ini pun bisa dijadikan peluang bisnis.

Anda bisa menawarkan jasa penerjemah. Tawarkan pada teman atau mahasiswa lain yang kesulitan dengan bahasa asing. Jika hasil kerja sudah terbukti, biasanya Anda tidak perlu susah-susah mencari konsumen karena mereka akan datang sendiri. Sama seperti jasa desain grafis, Anda juga sebaiknya menyusun portofolio untuk meningkatkan kredibilitas. 

6. Menjadi YouTuber

Peluang bisnis untuk mahasiswa yang berikutnya adalah menjadi YouTuber. Profesi satu ini belakangan memang sangat populer, terutama di kalangan anak muda. Untuk mendapatkan untung dari YouTube, sebelumnya Anda perlu jumlah viewers dan subscribers yang cukup. Kuncinya tentu dengan membuat dan mengunggah konten menarik secara konsisten.

Setelah itu, Anda bisa monetisasi channel YouTube dengan mengikuti program Google AdSense. Cara lain adalah dengan membuat merchandise yang dijual kepada viewers dan subscribers channel YouTube Anda.

7. Bisnis kuliner

Selain bisnis digital seperti blogging dan menjadi YouTuber, Anda juga bisa melirik bisnis yang lebih “konvensional” seperti bisnis kuliner. Pertimbangannya, makan adalah kebutuhan dasar manusia, maka bisnis kuliner pun tidak akan pernah mati selama manusia butuh makan.

Anda bisa menjajakan makanan yang tidak terlalu sulit pengolahannya, contohnya seperti snack kiloan. Sebagai alternatif lain, Anda juga bisa berjualan makanan yang sedang tren. Nah, untuk meminimalisir risiko rugi, Anda dapat menerapkan sistem made by order.

Dari tujuh rekomendasi bisnis untuk mahasiswa di atas, mana yang paling menarik bagi Anda? Apa pun pilihannya, pastikan Anda melakukan riset pasar sebelum memulai bisnis. Tujuannya adalah untuk meminimalisir risiko rugi dan memaksimalkan keuntungan. Selamat berbisnis!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat