Brand Activation, Strategi Baru Menarik Perhatian Konsumen

Salah satu unsur penting dalam menjalankan bisnis adalah merek atau brand. Mengapa begitu? Layaknya sebuah nama yang melekat dalam diri kita, brand adalah identitas dari bisnis yang kita jalankan. Tentu saja kita ingin orang mengenal bisnis kita dengan nama yang kita bangun bukan?

Semakin hari, kompetisi di antara bisnis yang berdiri semakin tinggi, sehingga dibutuhkan brand yang kuat dan mudah dikenal oleh orang lain. Sementara itu, kita juga harus tetap membangun hubungan alias engagement dengan konsumen. Brand activation menjadi salah satu strategi marketing yang bisa diterapkan untuk memasarkan produk atau jasa kita.

Pengertian Brand Activation

Brand activation atau aktivasi merek adalah segala bentuk kegiatan promosi produk atau layanan yang bertujuan untuk meningkatkan interaksi dengan konsumen dan membangun brand awareness secara bersamaan. Kegiatan promosi tersebut bisa berupa iklan, pengalaman, atau bahkan acara, yang penting ada keterlibatan pelanggan di dalamnya. Kesimpulannya strategi ini bersifat dua arah antara brand dan pelanggan.

Meskipun masih tergolong baru, brand activation telah dianggap sebagai strategi pemasaran yang populer dan dianggap sebagai pengganti metode pemasaran tradisional. Zaman yang semakin canggih ini, lebih banyak pebisnis yang mengandalkan teknologi untuk memancing ketertarikan konsumen terhadap produk atau jasa yang mereka pasarkan.

Istilah brand activation sering disalahartikan dengan branding pada umumnya. Alasannya sederhana, karena fokus branding dan marketing adalah membangun brand awareness sekaligus membangun hubungan dengan konsumen. Bedanya, brand activation merujuk pada acara atau iklan tertentu yang mengundang perhatian konsumen untuk mencoba produk atau layanan kita sekaligus meningkatkan brand yang kita bangun. 

Alasan Melakukan Brand Activation

Mengapa kita harus melakukan brand activation? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami akan menjelaskannya dengan empat alasan.

1. Meningkatkan brand awareness

Perusahaan atau bisnis yang baru berdiri pasti ingin membangun brand dengan usaha yang maksimal, dan aktivasi merek bisa menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Citra merek perusahaan akan meningkat dan konsumen akan datang sebanyak-banyaknya dengan kekuatan brand activation ini.

2. Memperkuat relasi antara brand dan konsumen

Tidak hanya brand kita yang semakin kuat, hubungan dengan konsumen yang terjalin pun semakin erat. Inilah keuntungan aktivasi merek, kita bisa membuat target audiens sekaligus menjalin hubungan yang kuat dengan mereka. Pada akhirnya, mereka yang tertarik akan membeli produk atau layanan yang kita pasarkan tersebut.

Jasa SEO

3. Menarik konsumen potensial untuk mencoba produk kita

Selain hubungan yang dibangun, konsumen juga berkesempatan untuk mencoba produk atau layanan yang kita gunakan. Misalnya, ketika kita mempromosikan usaha kita di dalam ruangan, kita bisa membuat stand yang menarik, seperti mengadakan kontes, game, atau sekedar membuat pameran mini tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Semakin menarik booth kita, semakin banyak konsumen potensial yang penasaran dan ingin mencoba produk kita.

4. Mendapatkan feedback

Inilah manfaat brand activation yang paling berguna, yaitu kita bisa memperoleh feedback langsung dari pelanggan potensial. Kita bisa meminta feedback yang bernilai dan berguna untuk pertumbuhan bisnis. Kita bisa menanyakan tentang apa yang mereka pikirkan tentang bisnis, sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Strategi Brand Activation

Aktivitas brand activation bisa dilaksanakan secara online dan offline, jadi Anda bisa memikirkan tipe yang tepat dalam melakukan aktivasi merek. Bila menjalankan aktivitas ini secara online, bisnis kita harus memiliki akun media sosial untuk memasarkan produknya. Sedangkan via offline, kita harus memiliki lapak atau tempat untuk sebagai tempat konsumen untuk mencoba produk atau layanan kita.

Ada empat tipe brand activation yang bisa diterapkan:

1. Sponsorship activation

Aktivitas brand activation ini dilakukan dengan mendanai kegiatan atau acara yang sedang berlangsung. Contohnya, produk susu yang mensponsori lomba mewarnai anak TK, kemudian membuka booth di lokasi lomba sehingga konsumen bisa mencoba produk susu yang dipasarkan. Dengan cara ini, terciptalah relasi antara brand dan calon pelanggan sehingga mereka mau membeli produk susu tersebut.

2. Promotions activation

Kegiatan brand activation ini dianggap paling menarik bagi orang, karena melibatkan berbagai promo spesial untuk menjaring target audiens. Contohnya, menggunakan promo diskon, undian berhadiah, referral code, dan lain-lain. Siapa yang tidak suka promosi atau diskon? Itulah cara yang bisa dimanfaatkan oleh brand untuk menciptakan relasi emosional dengan calon konsumen mereka.

3. Direct marketing activation

Kegiatan pemasaran ini dilakukan secara langsung dan berhubungan dengan target pelanggan. Contohnya, memberikan sampel atau produk gratis untuk mereka coba sebelum membelinya. Di sini, dua arah antara brand dan customer juga dibangun, sehingga menciptakan ketertarikan konsumen terhadap produk yang dipasarkan.

Baca Juga: Engagement Marketing: Membangun Relasi dengan Konsumen

4. Marketing event activation

Berbeda dengan cara yang pertama, strategi brand activation ini dilakukan dengan cara membuat event atau kegiatan untuk mempromosikan produk atau layanan yang mereka jual. Bisnis bisa mengadakan kegiatan seperti pameran, arena games, kontes, dan lain-lain sebagai bagian dari produk mereka.

5. Social media activation

Yang terakhir, strategi aktivasi merek yang dilakukan secara online. Di sini, bisnis memanfaatkan kekuatan media sosial untuk memasarkan produk mereka. Tidak hanya media sosial, brand juga bisa memanfaatkan email blast untuk menciptakan relasi dengan konsumen.

Era yang semakin berubah membuat kegiatan pemasaran pun harus mengikuti zaman. Tidak heran saat ini aktivasi merek dan digital marketing menjadi langkah ampuh untuk memasarkan bisnis kita. Karena itu, jangan ragu untuk menggunakan jasa SEO dari Toffeedev untuk kemajuan bisnis Anda. Kami adalah digital marketing agency yang sudah bekerjasama dengan berbagai sektor usaha di Indonesia.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat