Agency: Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Kelebihannya

agency adalah

Dalam dunia pemasaran, agency adalah salah satu hal yang penting untuk membantu mempromosikan produk atau jasa. Agency dapat membantu bisnis untuk menghasilkan konversi yang cukup besar, apalagi jika perusahaan Anda masih dalam tahap merintis, tetapi memiliki dana bisnis yang tidak terpakai. Untuk mengetahui lebih dalam lagi, kita akan membahas tentang pengertian, jenis, cara kerja, dan kelebihan dari sebuah agency.

Apa itu Agency?

Apa pengertian AgencyAgency merupakan sebuah organisasi yang menyediakan layanan atau jasa tertentu untuk menyelesaikan suatu project suatu industri. Umumnya project industri ini berkaitan dengan kegiatan pemasaran untuk pengguna produk atau jasanya. Contohnya, tujuan marketing, branding, atau advertising.

Baca Juga: In-House Agency Adalah: Pengertian, Perbedaan, dan Cara Kerjanya

Kehadiran agency sangat berkaitan erat dengan perkembangan teknologi digital dan internet yang sangat berkembang pesat. Setiap jenis perusahaan dituntut untuk dapat beradaptasi dengan mendigitalisasikan bisnis mereka. Melalui marketing atau branding yang kuat dan cocok dengan target pasar, maka penjualan juga akan mengalami perkembangan yang pesat pula.

Namun pada kenyataannya, banyak perusahaan yang tidak memiliki banyak waktu lebih untuk berfokus pada kegiatan seputar marketing saja. Di sinilah agency dapat berperan sebagai solusinya.

Banner - Ads General

Jenis-Jenis Agency

Terdapat beberapa jenis-jenis agency yang ada saat ini. Selain memahami definisinya, penting juga untuk mengetahui jenis-jenisnya. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai 7 jenis agency yang sering ditemukan:

1. Digital Agency

Digital agency adalah perusahaan yang menyediakan dan berfokus pada pengembangan dan pemasaran produk atau jasa secara digital. Mereka memanfaatkan teknologi dan strategi pemasaran digital seperti SEO (Search Engine Optimization), PPC, social media, dan content marketing untuk mencapai tujuan klien mereka.

Baca Juga: Kenapa Harus Digital Agency? Inilah 7 Manfaatnya untuk Bisnis Anda

2. Advertising Agency

Advertising agency adalah perusahaan yang menyediakan jasa yang berfokus pada pembuatan iklan dan kampanye promosi. Mereka mengembangkan konsep iklan dan strategi pemasaran, serta membuat materi iklan seperti brosur, poster, iklan televisi, radio, dan digital.

3. Marketing Agency

Marketing agency adalah perusahaan yang membantu klien mereka dalam memasarkan produk atau jasa mereka dengan lebih efektif. Mereka memberi layanan seperti riset pasar, pengembangan merek, pengembangan strategi pemasaran, dan implementasi kampanye pemasaran.

Baca Juga: Headline Adalah: Pengertian, Jenis dan Tips Membuatnya

4. Branding Agency

Branding agency adalah perusahaan yang membantu klien mereka dalam membangun merek atau image brand mereka. Mereka memberikan seperti penamaan merek, desain logo, identitas merek, dan strategi merek.

5. Public Relation Agency

Public relation agency atau PR agency adalah perusahaan yang membantu klien mereka dalam membangun hubungan baik dengan masyarakat atau stakeholder. PR agency menyediakan layanan seperti manajemen krisis, media relations, pengembangan pesan merek, dan manajemen acara.

6. Creative Agency

Creative agency adalah perusahaan yang berfokus pada pengembangan konsep kreatif dan produksi materi kreatif. Layanan yang disediakan seperti desain grafis, animasi, pembuatan konten video, dan kampanye iklan kreatif. Creative agency tidak hanya terlibat dalam proses pembuatan desain logo saja, melainkan juga berperan dalam mendukung strategi pemasaran dengan menggunakan desain kreatif, serta melibatkan berbagai aspek lainnya. Hal ini bertujuan untuk menarik minat banyak orang agar memilih untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, tim creative agency terdiri dari orang-orang kreatif seperti graphic designer, videografer, art director, illustrator, dan berbagai posisi lain yang diperlukan dalam produksi konten kreatif.

7. Entertainment Agency

Entertainment agency adalah perusahaan yang berfokus pada industri hiburan. Mereka menyediakan layanan seperti manajemen bakat, produksi musik, produksi konten film, dan acara di dunia hiburan.

8. Government Agency

Government Agency adalah lembaga atau instansi yang bertugas melaksanakan tugas-tugas tertentu atas nama pemerintah. Tugas-tugas ini dapat meliputi penegakan hukum dan peraturan serta penyediaan layanan publik seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial.

9. Employement Agency

Employement Agency adalah lembaga yang menghubungkan individu yang mencari pekerjaan dengan perusahaan yang membutuhkan karyawan. Mereka umumnya memiliki basis data yang berisi informasi tentang lowongan pekerjaan dan calon karyawan yang sesuai dengan kriteria tertentu. Tugas mereka adalah mencocokkan calon karyawan yang sesuai dengan pekerjaan yang tersedia.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Agency Periklanan dan Manfaatnya?

10. News Agency

News Agency adalah badan yang mengumpulkan dan menyebarkan berita kepada media lain, seperti koran, stasiun televisi, dan situs web berita. Mereka mempekerjakan jurnalis dan tenaga profesional lainnya untuk melaporkan peristiwa berita dari berbagai tingkatan, mulai dari level lokal, nasional, hingga internasional.

Cara Kerja Agency

Agency memiliki cara kerja tersendiri yang dilakukan secara bertahap untuk dapat membantu klien memasarkan produk atau jasa bisnis dengan lebih efektif. Berikut adalah cara kerja umum yang dilakukan oleh agency:

1. Mengenali Jenis Bisnis Klien

Pertama-tama, agency akan melakukan analisis dan pemahaman terhadap jenis bisnis klien. Dari sini, mereka akan mengetahui tujuan bisnis dan produk atau jasa yang ingin dipasarkan.

2. Membuat Konsep Sesuai Brief Klien

Setelah memahami jenis bisnis klien, agency akan membuat konsep atau ide kampanye sesuai dengan brief yang diberikan klien. Konsep tersebut harus sesuai dengan target pasar dan tujuan bisnis yang ingin dicapai.

3. Memahami Segmentasi Market

Agency akan melakukan market research atau riset pasar dan analisis pasar untuk memahami segmentasi target pasar klien. Hal ini akan membantu dalam konsep dan pengembangan strategi pemasaran yang efektif.

4. Memahami Media yang Akan Digunakan

Selanjutnya, agency akan memilih media yang paling efektif untuk mencapai target pasar klien. Media tersebut bisa berupa media sosial, televisi, radio, atau media lainnya.

5. Membuat Funneling

Setelah menentukan media yang akan digunakan, agency akan membuat strategi funneling. Hal ini melibatkan serangkaian tindakan untuk mengarahkan prospek ke dalam proses penjualan. Contohnya, mengarahkan prospek untuk mengunjungi situs web klien dan melakukan pembelian.

6. Eksekusi dan Integrasi Konsep

Setelah semua persiapan selesai, agency akan melakukan eksekusi dan integrasi konsep kampanye pemasaran yang telah dibuat. Mereka akan mengatur semua detail produksi materi promosi, memastikan bahwa kampanye berjalan dengan lancar.

7. Evaluasi Hasil Eksekusi

Setelah kampanye berakhir, agency akan melakukan evaluasi untuk mengevaluasi hasil kampanye. Hal ini meliputi analisis data, mengukur keberhasilan kampanye, dan membuat rekomendasi untuk kampanye selanjutnya.

Banner - Ebook Ads

Kelebihan Menggunakan Jasa Agency

Menggunakan jasa agency memiliki berbagai kelebihan, di antaranya:

1. Solusi Terpadu

Jasa agency memungkinkan bisnis perusahaan dapat memperoleh solusi terpadu untuk kebutuhan pemasaran mereka. Agency dapat membantu dalam merancang dan mengeksekusi strategi pemasaran yang terintegrasi, mulai dari branding, iklan, hingga kegiatan promosi lainnya.

2. Peningkatan Konversi

Agency dapat membantu bisnis untuk meningkatkan konversi dengan mengoptimalkan strategi pemasaran yang efektif. Kampanye yang tepat dapat membantu bisnis meningkatkan penjualan dan memperoleh keuntungan yang lebih besar.

3. Mendapatkan Perspektif Baru

Menggunakan jasa agency dapat memberikan perspektif baru untuk bisnis. Agency dapat membantu dalam melihat pasar dari sudut pandang yang berbeda dan memberikan ide-ide kreatif yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Baca Juga: User Interface Adalah: Definisi, Jenis, dan Trennya di 2023

4. Deadline Tepat Waktu

Bekerja dengan agency dapat memberikan keuntungan dalam hal jadwal dan deadline. Agency memiliki pengalaman dalam menyelesaikan proyek dengan waktu yang ditentukan, sehingga bisnis dapat memastikan bahwa kampanye pemasaran selesai tepat waktu.

5. Bisnis Dapat Berkembang dengan Lebih Efisien

Jasa agency memungkinkan bisnis dapat berkembang dengan lebih efisien. Agency dapat membantu dalam mengembangkan strategi marketing yang efektif dan mengelola kampanye pemasaran dengan lebih baik, sehingga bisnis dapat fokus pada pengembangan produk atau jasa mereka. Hal ini dapat membantu bisnis untuk lebih efisien dan efektif dalam mencapai tujuan mereka.

Baca Juga: Apa Manfaat Perusahaan Menggunakan Marketing Agency?

Kekurangan Menggunakan Jasa Agency

Selain kelebihannya, menggunakan jasa agency juga memiliki kekurangan, di antaranya:

1. Kontrol yang Kurang

Menggunakan jasa agency dapat mengurangi kontrol yang dimiliki bisnis atas kampanye pemasaran mereka. Bisnis harus mempercayakan strategi pemasaran mereka kepada agency, yang mungkin memiliki pandangan yang berbeda tentang cara mempromosikan produk atau jasa mereka. Hal ini dapat menghasilkan strategi pemasaran yang tidak sesuai dengan visi dan misi bisnis.

2. Kemungkinan Kualitas Hasil yang Kurang Baik

Meskipun agency memiliki keahlian dan pengalaman dalam strategi pemasaran, hasil akhir dari kampanye pemasaran tidak selalu terjamin berkualitas tinggi. Ada kemungkinan bahwa kampanye pemasaran yang dirancang dan diimplementasikan oleh agency tidak sesuai dengan harapan bisnis, atau bahkan merugikan bisnis.

Baca Juga: Apa yang Dilakukan Marketing Agency: Peran dan Strategi yang Digunakan

3. Biaya Cenderung Tinggi

Menggunakan jasa agency dapat memerlukan biaya yang cukup besar. Biaya tersebut mencakup biaya untuk konsultasi, riset, perencanaan, dan implementasi kampanye pemasaran. Hal ini dapat menjadi beban bagi bisnis kecil atau startup yang memiliki anggaran terbatas untuk pemasaran.

Banner - Lead Gen Ads

Kesimpulan

Penting bagi perusahaan untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan agency karena dapat membantu mereka dalam mengambil keputusan yang tepat terkait penggunaan jasa agency untuk pemasaran bisnis. Mengetahui kelebihan dan kekurangan ketika menggunakannya akan membantu perusahaan dapat mempertimbangkan apakah penggunaan jasa agency sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis.

Namun, jika perusahaan Anda mengalami kesulitan dalam pertumbuhan bisnisnya, maka pertimbangkanlah untuk menggunakan jasa agency. Terlebih lagi pada zaman digital saat ini, apa pun bisnis yang Anda geluti, tentu tidak akan terlepas dari kebutuhan pemasaran digital. Oleh karena itu, untuk dapat tetapi bersaing dan lebih unggul dibandingkan perusahaan lainnya, Anda bisa memanfaatkan jasa Digital Marketing Agency seperti Toffeedev untuk menciptakan strategi pemasaran digital yang jitu dan mendatangkan keuntungan bagi bisnis Anda.

Sebagai salah satu Digital Marketing Agency Indonesia di Jakarta, ToffeeDev siap membantu Anda dalam mengembangkan situs, dan membantu Anda untuk merencanakan dan menerapkan strategi pemasaran digital terbaik yang tepat sasaran, dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Tunggu apalagi, mari mulai mendigitalkan bisnis Anda bersama ToffeeDev, sebelum pesaing bisnis Anda melakukannya.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top