Headline Adalah: Pengertian, Jenis dan Tips Membuatnya

headline adalah

Headline adalah bagian terpenting dalam sebuah artikel atau konten. Tanpa headline yang menarik perhatian, pembaca mungkin tidak akan membaca artikel yang telah kita tulis. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami apa itu headline, jenis-jenisnya, dan bagaimana cara membuatnya dengan benar.

Pengertian Headline

pengertian headline

Headline merupakan judul besar dari suatu karya, baik itu berita, artikel, iklan, dan bentuk tulisan lainnya. Headline berada di posisi paling atas dalam sebuah tulisan, dan menjadi hal yang pertama kali dilihat oleh pembaca.

Fungsi utama dari sebuah headline adalah menarik minat target pembaca untuk membaca isi iklan, artikel, atau berita yang telah Anda buat hingga tuntas. Keberadaan headline pada tulisan sangatlah penting, dan menjadi kunci utama keberhasilan suatu konten.

Mengutip dari buku Advertising Edisi Kedelapan karya Sandra Moriarty, terdapat beberapa prinsip umum untuk seseorang dapat menyusun sebuah headline, yaitu:

  • Headline yang baik ditujukan untuk target atau prospek pasar tertentu.
  • Headline harus disesuaikan dengan kombinasi gambar untuk menarik perhatian pembaca.
  • Headline harus mengidentifikasi produk atau brand dari isi konten. Tujuannya adalah agar pembaca dapat dengan mudah mengasosiasikan keduanya.
  • Headline harus menggunakan frasa yang menarik atau catchy, disertai dengan penyampaian ide yang menarik target pembaca.

Baca Juga : Tagline Adalah: Pengertian, Contoh dan Tips Membuatnya

Jenis-Jenis Headline

Setelah mengetahui pengertian dan pentingnya untuk menggunakan headline di setiap tulisan yang dibuat, mungkin Anda sekarang penasaran apa saja jenis-jenis headline yang biasa digunakan. Berikut ini adalah beberapa jenis headline yang dapat Anda gunakan untuk menarik perhatian pembaca, di antaranya:

1. Question Headline

Jenis headline ini biasanya berupa pertanyaan yang memancing rasa ingin tahu pembaca. Pertanyaan tersebut dapat berkaitan dengan isu terkini atau permasalahan yang relevan dengan pembaca.

Contoh: “Apa yang Terjadi pada Ekonomi Global?“

2. Curiosity Headline

Jenis headline ini bertujuan untuk menarik perhatian pembaca dengan memberikan informasi yang mengejutkan atau menarik secara unik.

Contoh: “10 Rahasia Kecantikan ala Artis Hollywood yang Wajib Anda Ketahui“

3. Selective Headline

Jenis headline ini menekankan pada seleksi atau pemilihan yang dilakukan terhadap topik tertentu.

Contoh: “5 Restoran Terbaik untuk Menikmati Steak di Jakarta“

4. Command Headline

Jenis headline ini berupa perintah yang disampaikan kepada pembaca.

Contoh: “Beli Sekarang dan Dapatkan Diskon 50%!“

5. Brand Name Headline

Jenis headline ini mengandung nama merek atau brand. Tujuannya adalah untuk mempromosikan merek atau brand tersebut.

Contoh: “Pakai Sabun Mandi Dove dan Rasakan Kulit Lebih Halus dan Sehat“

Jasa SEO

6. Claim Headline

Jenis headline ini berisi klaim yang dapat menarik perhatian pembaca dan meyakinkan mereka untuk membaca artikel tersebut.

Contoh: “Rahasia Sukses dalam Bisnis Online: Dijamin 100% Berhasil“

7. Gimmick Headline

Jenis headline ini mengandung trik atau gimmick yang dapat menarik perhatian pembaca.

Contoh: “Anda Tidak Akan Percaya Apa yang Terjadi Setelah Wanita Ini Menemukan Kucing yang Hilang“

8. Fear Headline

Jenis headline ini mengandung unsur ketakutan atau ancaman, sehingga dapat menarik perhatian pembaca.

Contoh: “Bahaya Radikalisme: Mengapa Anda Harus Peduli?“

9. Benefit Headline

Jenis headline ini menekankan manfaat atau keuntungan yang akan didapatkan oleh pembaca.

Contoh: “Cara Mudah Meningkatkan Produktivitas Kerja dan Mendapatkan Kenaikan Gaji“

Baca Juga : Ketahui 6 Ciri-Ciri Artikel dalam Menulisnya

Tips Membuat Headline yang Menarik

tips membuat headline yang menarik

Headline yang menarik dapat menjadi kunci sukses dalam menarik perhatian pembaca untuk membaca artikel atau konten yang kita buat. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat headline yang menarik beserta penjelasannya:

1. Sesuaikan Gaya Tulisan dengan Target Pembaca

Headline yang baik harus sesuai dengan target pembaca. Anda perlu memperhatikan gaya tulisan, kata-kata yang digunakan, dan bahasa yang dipilih agar sesuai dengan sasaran pembaca. Misalnya, jika target pembaca Anda adalah anak muda, Anda dapat menggunakan bahasa yang lebih santai dan tidak terlalu kaku.

2. Gunakan Angka pada Headline

Menggunakan angka pada headline dapat membuatnya lebih menarik dan mudah diingat. Angka dapat menarik perhatian pembaca dan memberikan kesan bahwa artikel yang ditawarkan sangat spesifik dan memiliki informasi yang berguna. Misalnya, “10 Tips untuk Meningkatkan Produktivitas Anda” atau “5 Resep Sederhana untuk Membuat Kue Coklat”.

3. Berikan Urgensi agar Orang Membacanya

Menambahkan unsur urgensi dalam headline dapat membantu meningkatkan minat pembaca. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan frasa atau kata-kata seperti “Segera”, “Sekarang”, atau “Jangan Lewatkan”. Contohnya, “Segera Daftar! Hanya Tinggal 2 Hari Lagi!” atau “Jangan Lewatkan Kesempatan Ini! Diskon Hingga 50% hanya hari ini”.

4. Gunakan Kata Tanya

Menggunakan kata tanya dalam headline dapat menarik perhatian pembaca dan memicu rasa ingin tahu. Misalnya, “Mengapa Harus Memilih Produk Lokal?” atau “Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Internet?”

5. Berikan Janji kepada Pembaca

Headline yang menarik juga dapat berisi janji untuk memberikan manfaat atau solusi bagi pembaca. Misalnya, “Solusi Tepat untuk Masalah Kulit Kering Anda” atau “Panduan Lengkap untuk Menjadi Pengusaha Sukses”.

6. Tulis Headline dengan Jelas dan Padat

Headline yang baik harus ditulis dengan jelas dan padat. Hindari menggunakan kata-kata yang berlebihan atau informasi yang tidak penting. Headline yang terlalu panjang juga dapat membuat pembaca kehilangan minat sebelum membaca artikel tersebut. Sebaiknya, headline hanya terdiri dari 6-8 kata yang mudah diingat dan mudah dipahami.

Baca Juga : Mengenal Peran LSI Keyword Generator Dalam SEO Dan Artikel

Kesimpulan

Pemahaman mendalam tentang bagaimana membuat headline yang menarik dapat membantu pemilik bisnis dapat menarik perhatian pembaca dan meningkatkan kemungkinan bahwa konten mereka akan dibaca dan dipahami oleh calon pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran merek dan membantu dalam pemasaran produk atau jasa mereka. Headline yang menarik dapat membantu menarik perhatian calon pelanggan, meningkatkan traffic website, dan memperkuat citra merek.

Selain itu, pemahaman tentang headline juga dapat membantu pemilik bisnis dalam memilih platform pemasaran yang tepat. Platform seperti media sosial atau email marketing sering memiliki batasan karakter untuk headline. Oleh karena itu, pemahaman tentang headline dapat membantu pemilik bisnis untuk menyusun headline yang padat dan menarik dengan memperhatikan batasan karakter pada platform pemasaran tertentu.

Terlebih lagi pada zaman digital saat ini, apa pun bisnis yang Anda geluti, tentu tidak akan terlepas dari kebutuhan pemasaran digital, seperti brand awareness. Salah satu platform penting yang dapat Anda gunakan yaitu website. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan jasa web developer seperti Toffeedev untuk menciptakan website yang menarik dan mendatangkan keuntungan bagi bisnis.

Sebagai salah satu Digital Marketing Agency Indonesia di Jakarta, ToffeeDev siap membantu Anda dalam mengembangkan situs, dan membantu Anda untuk merencanakan dan menerapkan strategi Digital Marketing terbaik yang tepat sasaran, dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Tunggu apalagi, mari mulai mendigitalkan bisnis Anda bersama ToffeeDev, sebelum pesaing bisnis Anda melakukannya.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top