Apa itu Hosting? Dan Kegunaan dari Hosting?

apa itu hosting

Setiap pemilik bisnis yang mengandalkan platform website untuk bisnisnya tentu harus mengetahui apa itu hosting. Terlebih lagi, hosting adalah langkah pertama yang harus Anda perhatikan sebelum berencana untuk membangun website baru.

Lantas apa sebenarnya hosting ini? Apa saja jenis dan fungsi hosting untuk bisnis Anda? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak ulasan lengkap seputar hosting di bawah ini, ya!

Apa itu Hosting?

Apa itu Hosting

Hosting adalah layanan penyimpanan data atau informasi di server yang dapat diakses melalui internet. Sebuah hosting memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan website atau aplikasi secara online.

Hosting juga dapat diibaratkan seperti tanah atau lahan tempat Anda membangun rumah (website). Lahan ini menyimpan semua resource yang diperlukan sehingga website dapat dikunjungi oleh orang lain.

Pada dasarnya, proses hosting berjalan di web server, yaitu komputer fisik yang bekerja 24 jam setiap harinya untuk menyediakan website internet. Pengunjung website Anda dapat menggunakan nama domain atau alamat IP untuk membuka website di web browser. Kemudian, server web host akan mengirimkan semua file yang diperlukan agar website dapat dimuat di aplikasi tersebut.

Ketika membeli hosting, sebenarnya Anda sedang menyewa sebuah ruang di server web host untuk menyimpan data website. Itulah mengapa layanan hosting perlu diperpanjang beberapa waktu (biasanya per tahun).

Biasanya, perusahaan web hosting menyediakan berbagai paket dengan fitur-fitur yang berbeda untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggan. Misalnya, untuk kebutuhan website atau blog sederhana, perusahaan hosting menyediakan paket single dengan fitur sederhana. Namun, jika di kemudian hari website Anda semakin berkembang dan traffic menjadi lebih ramai, Anda dapat melakukan upgrade ke paket hosting yang memiliki kapasitas lebih besar.

Jenis-Jenis Hosting

Jenis-jenis hosting yang umum digunakan adalah sebagai berikut:

1. Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis hosting di mana beberapa website berbagi satu server dan sumber daya yang sama. Ini adalah opsi yang paling ekonomis, karena biaya server dibagi oleh banyak pengguna. Namun, karena sumber daya terbatas, performa website dapat terpengaruh oleh pengguna lain yang berbagi server yang sama.

2. VPS Hosting

VPS (Virtual Private Server) hosting memungkinkan pengguna untuk memiliki akses root dan mengelola server virtual mereka sendiri. Meskipun beberapa pengguna berbagi server fisik yang sama, setiap pengguna mendapatkan sumber daya yang ditentukan dan tidak terganggu oleh pengguna lain. Ini adalah pilihan hosting yang lebih fleksibel dan terukur daripada shared hosting.

3. Cloud Hosting

Cloud hosting memungkinkan website untuk berjalan pada jaringan server yang terhubung secara virtual. Ini memberikan keuntungan dalam skalabilitas dan uptime yang tinggi, karena sumber daya dapat dengan mudah ditambahkan atau dikurangi sesuai kebutuhan. Biaya cloud hosting dapat bervariasi tergantung pada penggunaan sumber daya yang sebenarnya.

4. WordPress Hosting

WordPress hosting adalah hosting yang dirancang khusus untuk website yang berjalan di platform WordPress. WordPress hosting biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur khusus yang diperlukan untuk menjalankan situs WordPress, termasuk manajemen plugin dan tema.

5. Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah jenis hosting yang memberikan server fisik yang sepenuhnya dikelola oleh pengguna tunggal. Ini memberikan kontrol yang paling fleksibel dan keamanan yang lebih baik daripada opsi hosting lainnya. Namun, dedicated hosting biasanya lebih mahal dan membutuhkan keahlian teknis yang lebih tinggi.

Fungsi dan Kegunaan Hosting

Fungsi kegunaan hosting

Hosting memiliki fungsi dan kegunaan yang sangat penting dalam membangun dan menjalankan sebuah website. Beberapa fungsi dan kegunaan hosting antara lain:

1. Membuat Halaman Website

Hosting memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan halaman website mereka di internet. Hosting memungkinkan pengguna dapat mengunggah file website mereka ke server dan membuatnya dapat diakses oleh pengunjung melalui domain yang telah didaftarkan.

2. Mengembangkan Situs Jual Beli Online

Hosting dapat membantu pengguna untuk mengembangkan situs jual beli online mereka. Hosting dapat membantu website untuk terhubung dengan database untuk menyimpan informasi produk dan pesanan. Pengguna juga dapat memasang plugin e-commerce untuk memfasilitasi pembayaran online dan pengiriman pesanan.

Baca Juga: 5 Perbedaan Cloud Computing dengan Web Hosting

3. Membuat Email Profesional

Hosting dapat membantu pengguna untuk membuat email profesional dengan domain kustom mereka sendiri. Pengguna dapat membuat email yang terhubung dengan domain mereka dan menyesuaikan tampilan email mereka dengan logo dan brand mereka sendiri. Hal ini membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan pada brand mereka.

4. Mampu Melindungi Website dengan SSL

Hosting juga dapat membantu melindungi website dari ancaman keamanan dengan SSL (Secure Sockets Layer). SSL adalah protokol keamanan yang mengenkripsi data yang ditransmisikan antara server dan browser pengunjung. Hosting yang dilengkapi dengan SSL membantu menjaga keamanan informasi pengunjung dan mencegah serangan hacker.

banner

Tips Memilih Hosting yang Tepat

Memilih hosting yang tepat adalah langkah penting dalam membangun website atau aplikasi online. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu dalam memilih hosting yang tepat:

1. Control Panel

Pilihlah hosting yang menyediakan control panel yang mudah digunakan dan memudahkan pengguna dalam mengelola website mereka. Control panel yang baik akan menyediakan fitur-fitur seperti manajemen file, email, database, dan instalasi aplikasi.

2. Uptime yang Terjamin

Pastikan hosting yang dipilih menyediakan uptime yang terjamin dan stabil. Uptime yang tinggi akan memastikan website selalu dapat diakses oleh pengunjung. Hosting yang memiliki uptime rendah dapat memengaruhi kredibilitas dan reputasi website.

Baca Juga: Ketahui 3 Cara Pindahan Hosting

3. Spesifikasi Teknis

Perhatikan spesifikasi teknis hosting, seperti kapasitas penyimpanan, bandwidth, dan RAM. Pilihlah hosting yang sesuai dengan kebutuhan website atau aplikasi Anda. Jangan terlalu membatasi spesifikasi jika Anda membutuhkan ruang dan kapasitas yang besar.

4. Ulasan Online

Membaca ulasan online dari pengguna lain dapat memberikan gambaran tentang kualitas hosting yang akan dipilih. Perhatikan ulasan mengenai kualitas layanan, uptime, dan dukungan pelanggan.

5. Keamanan

Pastikan hosting yang dipilih memiliki sistem keamanan yang baik. Hosting yang memiliki fitur keamanan seperti SSL, backup data, dan sistem deteksi malware dapat membantu melindungi website Anda dari serangan hacker dan kehilangan data.

Baca Juga: Hosting Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya

6. Dukungan Pelanggan 24/7

Pilihlah hosting yang menyediakan dukungan pelanggan yang tersedia 24/7. Hal ini penting jika Anda membutuhkan bantuan teknis atau dukungan dalam mengelola website Anda. Pastikan hosting menyediakan dukungan dalam bahasa yang Anda pahami.

7. Layanan Tambahan

Beberapa hosting juga menyediakan layanan tambahan seperti domain gratis, pembuatan email kustom, dan instalasi aplikasi. Pilihlah hosting yang menyediakan layanan tambahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan dapat membantu memudahkan pengelolaan website Anda.

Ada banyak pertimbangan yang perlu Anda pikirkan sebagai pemilik bisnis ketika akan membuat website baru, termasuk memilih paket hosting dan provider. Namun, apapun jenis website yang akan Anda luncurkan, web hosting adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan. Hal ini dikarenakan hosting memungkinkan website Anda dapat tersedia secara online dan bisa dikunjungi oleh siapa saja.

Setelah menentukan hosting yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa mulai membangun website bisnis. Mulai dari pemilihan domain, tampilan, konten, hingga plugin-plugin yang diperlukan untuk membuat website Anda dapat berjalan dengan optimal. Untuk lebih menghemat waktu dalam pembuatannya, Anda bisa memanfaatkan jasa web developer seperti ToffeeDev untuk membantu Anda melakukan maintenance website secara profesional, serta membuat tampilan website lebih menarik dan optimal.

Sebagai salah satu Digital Marketing Agency Indonesia di Jakarta, ToffeeDev siap membantu Anda dalam mengembangkan situs, dan membantu Anda untuk merencanakan dan menerapkan strategi Digital Marketing terbaik yang tepat sasaran, dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Tunggu apa lagi? Mulailah mendigitalkan bisnis Anda bersama ToffeeDev, sebelum pesaing bisnis Anda yang melakukannya.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top