Apa Itu Manajemen? Fungsi, Unsur Dan Contohnya

apa itu manajemen

Mengenal apa itu manajemen dapat membantu Anda lebih berkembang dalam bisnis. Terlebih lagi bagi perusahaan, manajemen merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi kesuksesannya. 

Hal ini tentunya dikarenakan manajemen melibatkan banyak elemen dalam perusahaan dengan tujuan positif. Anda dapat mengetahui apa yang dimaksud dengan manajemen, fungsi, unsur, prinsip, langkah proses dan contoh dari manajemen lewat artikel yang satu ini.

Dalam dunia bisnis, terdapat banyak faktor penting yang perlu diperhatikan. Mulai dari persiapan, operasional dan juga pasca project. Nah, manajemen ini dapat mempermudah pengelolaan faktor-faktor tersebut.

Apa yang Dimaksud dengan Manajemen?

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya untuk mencapai tujuan tertentu dalam suatu organisasi atau perusahaan. Sumber daya yang dimaksud sendiri bersifat menyeluruh termasuk manusia, keuangan, teknologi, dan waktu.

Manajemen melibatkan pengambilan keputusan, alokasi sumber daya, pemantauan kinerja, dan pengembangan strategi. Tentunya hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa tujuan organisasi tercapai secara efisien dan efektif. Dalam manajemen, terdapat beberapa fungsi penting seperti perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian, serta dibutuhkan kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain dan mengelola konflik.

Apa Saja Fungsi-Fungsi dari Manajemen?

Pentingnya kehadiran manajemen dalam sebuah organisasi ataupun perusahaan tentunya dikarenakan fungsionalnya. Berikut ini merupakan fungsi-fungsi utama dari manajemen yang perlu Anda ketahui.

1. Perencanaan

Fungsi manajemen yang pertama adalah perencanaan. Hal ini berhubungan dengan menentukan tujuan dan sasaran organisasi serta menentukan strategi, taktik. Fungsi ini juga termasuk memutuskan program mana yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

2. Pengorganisasian

Selanjutnya, manajemen memiliki fungsi yang krusial untuk pengorganisasian. Fungsi ini meliputi pengelompokkan tugas-tugas ke dalam unit-unit yang terpisah, penentuan kewenangan dan tanggung jawab. Kemudian juga, pengaturan hubungan kerja antar individu dan unit dalam organisasi.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Biaya Instagram Ads untuk Promosi Bisnis Anda!

3. Kepemimpinan

Manajemen memiliki fungsi kepemimpinan yang artinya fokus pada mengarahkan dan menggerakkan orang-orang dalam organisasi. Nantinya, gerakan ini digunakan untuk menuju pencapaian tujuan organisasi melalui motivasi, komunikasi, dan pengarahan.

4. Pengendalian

Manajemen hadir sebagai rangkaian pengelolaan untuk memastikan bahwa sumber daya yang digunakan dalam organisasi dipergunakan secara efektif dan efisien. Caranya dapat dilakukan dengan mengukur kinerja organisasi dan melakukan tindakan perbaikan jika diperlukan.

Apa Saja Unsur dari Manajemen?

Setelah mengetahui apa saja fungsi dari manajemen, lalu apa yang dibutuhkan? Tentunya manajemen sendiri terdiri dari gabungan berbagai elemen untuk dapat bekerja secara maksimal. Unsur-unsur manajemen terdiri dari berbagai macam komponen di bawah ini.

1. Manusia

Unsur terpenting dalam sebuah manajemen adalah manusia. Ini dikarenakan manusia berperan sebagai penggerak dari seluruh kegiatan, komponen dan segala hal lainnya dalam sebuah organisasi.

2. Kebijakan

Selanjutnya, unsur dalam manajemen yang perlu hadir adalah kebijakan. Posisi kebijakan sendiri penting sebagai panduan atau pedoman untuk acuan dalam pengambilan keputusan. Tanpa kebijakan, fleksibilitas dalam manajemen justru dapat mengacaukan organisasi.

3. Prosedur

Pengembangan dari kebijakan, manajemen haruslah mencakup prosedur di dalamnya. Ini merupakan penentuan urutan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melaksanakan tugas atau kegiatan dalam organisasi.

4. Pengawasan

Unsur manajemen selanjutnya adalah pengawasan. Kegiatan pemantauan dan pengendalian terhadap tugas dan kegiatan dalam organisasi jelas penting untuk dilakukan.

5. Susunan Organisasi

Berkaitan dengan fungsi pengorganisasian, manajemen adalah tentang hubungan dari berbagai unit dalam organisasi. Susunan hubungan antar unit tersebut juga sekaligus menggambarkan prosedur dan kebijakan yang berlaku. Hal ini penting untuk ada agar mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

6. Target atau Sasaran

Organisasi profit maupun non-profit selalu memiliki sesuatu untuk dituju. Nah, target atau sasaran ini lah yang juga menjadi ranah dalam manajemen. Hal ini dapat menjadi acuan bagi seluruh kegiatan dan tindakan yang diambil dalam sebuah organisasi.

banner

Apa Saja Prinsip dari Manajemen?

Dalam menjalankan fungsi manajemen, terdapat beberapa prinsip yang biasanya diterapkan. Hal ini akan mempermudah operasional dalam organisasi. Berikut ini merupakan beberapa prinsip manajemen yang perlu diterapkan dalam organisasi.

1. Prinsip Tujuan

Prinsip manajemen yang pertama dan bersifat wajib ada adalah prinsip tujuan. Organisasi harus memiliki tujuan yang jelas dan spesifik yang dapat diukur dan dievaluasi.

2. Prinsip Kesatuan

Selanjutnya adalah prinsip kesatuan dalam sebuah manajemen organisasi. Prinsip ini menjelaskan mengenai bagaimana sebuah organisasi harus memiliki kesatuan tujuan, kesatuan arah, dan kesatuan tindakan.

3. Prinsip Keefektifan

Apabila tujuan dan kesatuan sudah dipastikan, selanjutnya adalah prinsip keefektifan. Dalam mencapai tujuan, organisasi harus melakukan dengan cara yang efektif. Tentunya ditambah dengan menggunakan sumber daya yang tersedia secara optimal.

4. Prinsip Keefisienan

Efektif tapi overbudget? Hal ini perlu ditekankan manajemen organisasi menggunakan prinsip keefisienan. Dalam menjalankan berbagai program, organisasi perlu menerapkan cara yang efisien. Bagaimana caranya? Ini dapat dilakukan dengan menggunakan sumber daya yang tersedia dengan biaya yang sesedikit mungkin.

5. Prinsip Otoritas

Selanjutnya, organisasi haruslah berjalan atas dasar prinsip otoritas. Struktur yang jelas serta kewenangan dan tanggung jawab membantu operasional jadi lebih nyaman.

Selain kelima prinsip manajemen yang disebutkan di atas, terdapat beberapa prinsip lainnya yang mungkin butuh untuk diterapkan. Misalnya adalah prinsip keadilan, disiplin, inisiatif, kebersamaan dan juga kestabilan. Manajemen perlu membentuk kesepakatan agar prinsip yang dijalankan mampu membawa dampak positif untuk organisasi.

5 Langkah Proses Manajemen

Manajemen tidak berjalan secara asal-asalan, perlu langkah yang sistematis untuk diterapkan. Berikut ini merupakan beberapa langkah proses manajemen yang biasanya dijalankan dalam organisasi.

1. Perencanaan (Planning)

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam manajemen adalah perencanaan. Hal ini meliputi analisis keadaan, merumuskan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, serta membuat perencanaan aksi atau tindakan. Secara lebih singkatnya, langkah ini adalah tentang membentuk visi dan misi organisasi.

2. Pengorganisasian (Organizing)

Selanjutnya, manajemen perlu menentukan struktur organisasi. Langkah ini juga termasuk menetapkan tugas, wewenang dan tanggung jawab dari setiap elemen dalam organisasi. Pengorganisasian ini bertujuan untuk membangun tim kerja yang efektif.

Baca Juga: 4 Ide Bisnis Kecantikan yang Wajib Anda Coba!

3. Pelaksanaan (Acting/Executing)

Manajemen juga perlu mengambil langkah untuk koordinasi. Hal ini berkaitan dengan eksekusi visi dan misi organisasi. Caranya adalah dengan mengkoordinasikan sumber daya dan melakukan tindakan yang direncanakan.

4. Pengawasan (Controlling)

Langkah yang keempat adalah pengawasan. Manajemen perlu memantau kinerja organisasi dan memastikan bahwa hasil yang dicapai sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

5. Evaluasi (Evaluating)

Terakhir, langkah manajemen yang perlu dilakukan adalah evaluasi. Hal ini dilakukan dengan mengukur efektivitas dan efisiensi serta mengidentifikasi masalah yang terjadi dan memperbaiki rencana aksi yang tidak berhasil.

Apa Contoh dari Manajemen?

Bagaimana sebuah organisasi menjalankan manajemen? Berikut ini merupakan beberapa contoh dari penerapan manajemen yang perlu Anda ketahui.

1. Manajemen Bisnis

Contoh manajemen yang pertama adalah manajemen bisnis, sifatnya menyeluruh dalam sebuah organisasi. Manajemen ini dapat dikatakan sebagai pengelolaan perusahaan. Beberapa hal yang termasuk di dalamnya adalah perencanaan strategis, pengorganisasian sumber daya, pengembangan produk, pemasaran, manajemen keuangan, dan pengawasan kinerja.

2. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Sebagai penggerak dan unsur penting dalam manajemen, manusia perlu dikelola dengan maksimal. Bagaimana caranya? Manajemen SDM biasanya meliputi perekrutan, pelatihan dan pengembangan, penilaian kinerja, manajemen kinerja, dan manajemen hubungan industrial.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Pemasaran: Fungsi, Tujuan, dan Konsepnya

3. Manajemen Keuangan

Contoh selanjutnya adalah manajemen keuangan, salah satu sumber penting yang perlu diperhatikan dalam operasional organisasi. Manajemen pengelolaan keuangan ini meliputi manajemen aset, risiko, penganggaran dan pelaporan keuangan.

Nah, itulah tadi informasi mengenai apa itu manajemen dan hal-hal lainnya seputar manajemen yang perlu Anda ketahui. Sebuah organisasi tanpa manajemen tentunya berpotensi mengalami hambatan operasional. Oleh karena itu, manajemen bersifat krusial.

Ingin kembangkan bisnis tapi takut salah langkah? Jangan ragu untuk menggunakan layanan profesional digital marketing agency. Semuanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget, berbagai layanan menarik dari Toffeedev siap membantumu. Yuk hubungi Toffeedev sekarang juga, dapatkan informasi lebih lengkap mengenai pengembangan bisnis.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat