Pengertian Manajemen Pemasaran: Fungsi, Tujuan, dan Konsepnya

pengertian manajemen pemasaran

Manajemen pemasaran merupakan salah satu aspek penting dalam mengelola sebuah bisnis. Melalui manajemen pemasaran yang tepat, perusahaan dapat mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan, menentukan harga yang sesuai, serta menentukan strategi distribusi yang tepat untuk menjangkau pasar yang diinginkan. 

Namun, mengelola pemasaran tidaklah semudah telapak tangan. Perusahaan harus memahami kebutuhan dan preferensi konsumen, serta menyesuaikan strategi pemasaran yang tepat agar dapat bersaing di pasar yang makin kompetitif.

Simak penjelasan berikut mengenai pengertian manajemen pemasaran beserta fungsi dan tujuannya agar lebih memahami kebutuhan bisnis Anda.

Apa Itu Manajemen Pemasaran?

Sudahkah Anda mengetahui pengertian manajemen pemasaran? Manajemen pemasaran adalah proses yang melibatkan perencanaan dan pelaksanaan konsep, harga, promosi, dan distribusi produk atau jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan bagi konsumen.

Manajemen pemasaran mencakup berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, serta mengelola hubungan dengan pelanggan demi mencapai tujuan perusahaan.

Manajemen pemasaran sangatlah diperlukan dalam berbisnis karena mempromosikan merek merupakan bagian penting dari kegiatan perusahaan. Oleh karena itu, setiap keputusan yang diambil harus direncanakan dengan baik.

Baca Juga: Pemasaran Tidak Langsung dan Manfaatnya Bagi Bisnis

3 Fungsi Manajemen Pemasaran

Berikut ini beberapa fungsi dari manajemen pemasaran yang dapat dipahami.

1. Mengukur Peluang Pasar

Mengukur peluang pasar merupakan salah satu fungsi manajemen pemasaran yang penting. Peluang pasar adalah potensi yang dimiliki oleh perusahaan untuk menjual produk atau jasa kepada pelanggan.

Manajemen pemasaran akan melakukan riset terhadap kebutuhan dan preferensi konsumen dengan mengumpulkan informasi yang relevan. Selain itu, manajemen pemasaran juga melakukan riset terhadap pesaing dengan mengidentifikasi strategi pemasaran dan target pasar yang digunakan oleh pesaing. 

Informasi ini akan berguna untuk menentukan tujuan pemasaran dan mengidentifikasi peluang pasar yang tersedia, serta perusahaan dapat menyusun strategi pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen sasaran.

2. Menyusun Aktivitas Pemasaran

Dalam menyusun perencanaan aktivitas pemasaran, perusahaan dapat menentukan harga produk atau jasa, target penjualan, target pelanggan, strategi promosi, media pemasaran yang akan digunakan, dan lainnya. Dengan perencanaan yang tepat, aktivitas pemasaran akan berjalan lebih lancar dan terarah.

3. Melakukan Koordinasi

Untuk melakukan koordinasi yang efektif dalam manajemen pemasaran, perusahaan perlu memiliki rencana pemasaran yang jelas dan terintegrasi yang mencakup semua aktivitas pemasaran yang akan dilakukan. Selain itu, perusahaan juga perlu memiliki sistem komunikasi yang efektif untuk memastikan bahwa semua departemen dan individu yang terlibat dalam proses pemasaran saling terhubung dan terkoordinasi dengan baik.

Baca Juga: Sistem Manajemen Kinerja Karyawan untuk Usaha Kecil

3 Tujuan Manajemen Pemasaran

Tujuan manajemen pemasaran adalah mencapai sasaran pemasaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Namun secara umum, tujuan manajemen pemasaran dibagi menjadi beberapa bagian, yakni:

1. Membangun Demand

Salah satu tujuan manajemen pemasaran adalah mempromosikan produk atau jasa perusahaan kepada konsumen dengan tujuan untuk meningkatkan permintaan (demand) terhadap produk tersebut. 

Dalam rangka mencapai tujuan ini, perusahaan dapat melakukan berbagai cara, seperti mengadakan penelitian pasar untuk mengetahui preferensi konsumen, mengembangkan strategi promosi yang tepat, dan menciptakan program loyalty untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. 

2. Menambah Keuntungan

Keuntungan yang dihasilkan dari penjualan merupakan sumber utama pendapatan perusahaan. Apabila perusahaan tidak mampu menghasilkan keuntungan yang cukup, maka perusahaan tersebut tidak akan mampu bertahan dalam jangka panjang. 

Oleh karena itu, tim pemasaran harus terus berusaha meningkatkan penjualan produk atau jasa perusahaan dengan memuaskan kebutuhan konsumen dan menghasilkan keuntungan yang cukup bagi perusahaan.

3. Membuat Pelanggan Puas

Mendapatkan konsumen baru merupakan tujuan penting bagi perusahaan, namun hal tersebut tidak cukup hanya dengan mendapatkan konsumen baru saja. Perusahaan juga harus fokus dengan memberikan kepuasan kepada pelanggan yang sudah ada dengan menyediakan produk atau jasa yang sesuai dengan harapan pelanggan. 

Apabila pelanggan tidak puas dengan produk atau jasa yang diberikan, maka perusahaan tidak akan mampu menghasilkan pendapatan yang cukup untuk memenuhi biaya dan mendapatkan pengembalian modal yang wajar.

Selain itu, pelanggan yang puas juga merupakan aset berharga bagi perusahaan karena mereka cenderung akan memberikan rekomendasi pada orang-orang terdekatnya dan menjadi sumber promosi yang efektif bagi perusahaan.

banner

4 Konsep Manajemen Pemasaran

Menurut Kottler (1997) terdapat beberapa konsep mengenai manajemen pemasaran, di antaranya adalah

1. Konsep Produksi

Konsep produksi adalah prinsip yang menyatakan bahwa konsumen atau pelanggan akan lebih suka dengan produk yang tersedia dengan harga yang terjangkau, dan manajemen harus berusaha keras untuk meningkatkan produksi dan efisiensi distribusi.

2. Konsep Produk

Konsep ini menyatakan bahwa perusahaan harus fokus menciptakan produk terbaik yang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, Hal ini berarti bahwa perusahaan harus terus-menerus mencurahkan energi dan sumber daya untuk mengembangkan produk yang bermutu tinggi dan inovatif.

Baca Juga: 5 Keuntungan Pemasaran Online yang Harus Anda Ketahui

3. Konsep Penjualan

Konsep yang menyatakan bahwa untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan, perusahaan harus melakukan usaha yang besar dalam hal promosi dan penjualan.

4. Konsep Pemasaran

Konsep yang menekankan pentingnya mengetahui dan memahami kebutuhan dan keinginan konsumen, serta menyampaikan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan tersebut dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripada pesaing.

Baca Juga: Mengenal Pentingnya Riset Pemasaran bagi Bisnis

4 Tugas Pokok Manajemen Pemasaran

Berikut ini merupakan tugas pokok manajemen pemasaran pemasaran, simak di bawah ini.

1. Menentukan Sasaran Pemasaran

Perlunya menentukan sasaran pasar yang akan dituju, yaitu segmen pasar yang akan dilayani oleh perusahaan.

2. Menentukan Program Pemasaran

Menentukan program pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai sasaran pasar, termasuk kegiatan promosi dan penjualan langsung

Baca Juga: Mengenal Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Dalam Bisnis

3. Mengontrol dan Mengevaluasi Hasil Pemasaran

Manajemen pemasaran harus mengontrol dan mengevaluasi hasil pemasaran untuk memastikan bahwa sasaran pemasaran telah tercapai secara efektif dan efisien.

4. Menetapkan Anggaran Pemasaran

Anggaran pemasaran perlu untuk segera ditetapkan karena diperlukan untuk mencapai sasaran pasar dan melakukan kegiatan pemasaran.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian manajemen pemasaran hingga konsepnya. Bagi Anda yang ingin meningkatkan peluang pasar bisnis Anda cobalah gunakan jasa Facebook Ads dari ToffeeDev. Kami menyediakan berbagai layanan digital marketing yang dapat membantu bisnis Anda berkembang dengan pesat. Hubungi kami segera dan konsultasikan bisnis Anda!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat