13 Cara Agar Bisnis Tetap Bertahan: Panduan Meningkatkan Keberlangsungan Bisnis

cara agar bisnis tetap bertahan

Dalam era yang serba cepat dan kompetitif seperti sekarang ini, berbagai skala bisnis perlu mengimplementasikan sejumlah cara agar bisnis tetap bertahan untuk jangka waktu yang lama. Lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat menuntut adanya strategi yang kuat untuk tetap relevan dan bersaing di pasaran.

Beberapa jenis bisnis, seperti yang beroperasi dalam industri teknologi, mode, atau hiburan, seringkali berada di garis depan perubahan. Begitu juga dengan bisnis startup dan bisnis baru yang harus berjuang untuk mendapatkan pijakan di pasar. Bukan hanya itu saja, terdapat juga bisnis lokal yang harus bersaing dengan franchise besar.

Kini, Anda tak perlu khawatir karena dalam artikel ini, ToffeeDev akan mengupas tuntas sejumlah cara agar bisnis Anda tetap bertahan untuk waktu yang panjang beserta dengan strategi menghadapi perubahan pasar. Salah satu langkah krusial adalah dengan mengembangkan bisnis, strategi pemasaran yang efektif, dan strategi pemasaran yang adaptif sesuai dengan perkembangan pasar. Simak artikel ini sampai tuntas!

Cara Agar Bisnis Tetap Bertahan

Dalam upaya untuk tetap relevan dan kompetitif, terdapat beberapa langkah krusial yang dapat diambil oleh setiap pemilik bisnis. Mari simak sejumlah tips agar bisnis Anda tetap dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga: 10 Cara Bersaing Sehat dalam Bisnis di Era Digital

1. Memprioritaskan Hubungan dengan Pelanggan

Selain menawarkan produk atau layanan yang berkualitas, membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dapat dilakukan dengan menciptakan pengalaman yang berkesan. Bisnis dapat merespons dengan cepat dan memberikan layanan yang memenuhi harapan dengan memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan. Langkah ini membuka peluang untuk pertumbuhan bisnis jangka panjang.

2. Melakukan Promosi Produk Secara Digital

Promosi produk yang efektif secara digital dapat membantu membangun merek, meningkatkan brand awareness tentang produk atau layanan bisnis, serta menjangkau audiens yang lebih luas. Melalui pemanfaatan media sosial, situs web, dan  kampanye iklan online, visibilitas bisnis Anda dapat meningkatkan dan menjangkau pelanggan potensial.

3. Memahami Kompetitor

Memahami kompetitor merupakan kunci untuk mengembangkan strategi yang efektif dan membedakan bisnis Anda dari produk di pasaran. Melalui pemahaman mendalam tentang tren pasar dan langkah yang diambil oleh kompetitor, hal ini dapat membantu bisnis mengatur strategi yang lebih baik dan menyesuaikan penawaran mereka sesuai permintaan pasar.

meninjau kondisi keuangan
Sumber: Pexels

4. Meninjau Kondisi Keuangan

Bisnis yang dapat mengelola keuangan dengan bijak memiliki keunggulan dalam mengalokasikan sumber daya secara efisien dan mencapai tujuan keuangan. Pasalnya, kondisi keuangan yang stabil adalah kunci untuk pertumbuhan bisnis jangka panjang. Berbagai langkah, seperti memahami aliran kas, laba rugi, dan posisi keuangan secara mendalam membantu bisnis pengambilan keputusan yang lebih baik.

5. Mengelola Manajemen Risiko

Mengelola risiko merupakan langkah penting untuk melindungi bisnis dari kerugian finansial, meliputi aspek operasional, keuangan, atau reputasi bisnis. Bisnis dapat meminimalkan dampak negatif risiko tersebut melalui identifikasi dan pengembangan strategi. Untuk menghindari risiko tersebut, Anda dapat membuat rencana darurat dan prosedur penanganan risiko yang jelas guna mengatasi situasi yang tidak terduga di masa mendatang.

Baca Juga: 8 Tantangan dalam Bisnis dan Strategi Menghadapinya

6. Mengikuti Perkembangan Pasar

Dalam lingkungan bisnis yang dinamis, penting bagi pelaku bisnis untuk tetap mengikuti perkembangan pasar dan tren industri. Mengikuti perkembangan pasar membantu bisnis untuk tetap relevan dan beradaptasi dengan lingkungan yang cepat berubah. Anda dapat menyesuaikan strategi secara tepat waktu melalui perubahan dalam preferensi konsumen, teknologi baru, atau regulasi industri.

Banner - Ads General

7. Membuat Produk Berkualitas Tinggi

Kualitas produk yang unggul merupakan fondasi dari keberhasilan bisnis dalam jangka panjang. Bisnis dapat memastikan bahwa produk tetap menarik dengan berfokus pada inovasi, kualitas, dan pengembangan produk. Bukan hanya itu saja, bisnis juga dapat mempertahankan loyalitas pelanggan, memperluas pasar, dan membangun reputasi merek dengan memenuhi ekspektasi atau melebihi harapan pelanggan terhadap kualitas produk. 

8. Mendiversifikasi Investasi

Mendiversifikasi investasi dapat membantu bisnis menciptakan sumber pendapatan yang beragam dan dapat mengurangi ketergantungan pada satu sumber pendapatan. Pada umumnya, bisnis dengan portofolio investasi yang terdiversifikasi memiliki kemampuan untuk tetap stabil dalam jangka panjang. Anda dapat mengalokasikan sumber daya ke berbagai area atau produk untuk meminimalkan dampak dari perubahan pasar.

9. Memperhatikan Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia menjadi aset yang berharga bagi perusahaan yang berkontribusi pada keberhasilan operasional dan pertumbuhan jangka panjang. Anda dapat berinvestasi dalam pengembangan karyawan, pelatihan, dan program insentif guna meningkatkan kinerja karyawan. Melalui langkah ini, bisnis dapat membangun tim yang termotivasi, berdedikasi, dan produktif.

10. Mengonsultasikan Strategi Bisnis dengan Ahli

Mengonsultasikan strategi bisnis dengan ahli atau konsultan dapat memberikan wawasan berharga dan pandangan yang objektif terhadap kondisi bisnis. Ahli yang berpengalaman dapat membantu Anda mengidentifikasi kesempatan pertumbuhan, mengatasi tantangan, dan mengembangkan rencana tindakan yang efektif.

11. Melakukan Branding Terus Menerus

Penting bagi sebuah perusahaan untuk tetap aktif meskipun sudah memiliki identitas yang jelas seperti nama, logo, lokasi, dan situs web.

Konsistensi dalam kegiatan ini merupakan langkah penting agar perusahaan kita dikenal oleh lebih banyak orang dan membangun kepercayaan dari pelanggan. Branding dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti mengikuti pameran, menyelenggarakan seminar, menggunakan stiker, kartu nama, dan sebagainya.

12. Menjaga Komunikasi yang Efektif dengan Tim

Komunikasi yang efektif antara manajemen dan tim sangat penting untuk menjaga kelancaran operasional dan menghindari miskomunikasi yang dapat menghambat produktivitas. Dengan memiliki saluran komunikasi yang terbuka, transparan, dan dua arah, karyawan merasa lebih dihargai dan termotivasi untuk berkontribusi secara maksimal.  Melalui komunikasi yang baik, bisnis dapat memastikan bahwa seluruh tim bekerja menuju tujuan yang sama dengan pemahaman yang jelas mengenai peran masing-masing.

13. Sesuaikan Produk Bisnis dengan Kebutuhan

Ciptakan produk bisnis yang benar-benar bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Pikirkan cara agar orang merasa perlu menggunakan produk Anda. Sesuaikan dengan apa yang mereka cari dan inginkan. Hindari membuat sesuatu yang jarang digunakan atau dibutuhkan. Ide bisnis makanan dan minuman cenderung cepat laku dibandingkan produk lainnya. Jadi, mulailah dengan mempertimbangkan apa yang paling dibutuhkan, termasuk kebutuhan Anda sendiri.
Banner - Ebook Ads

Strategi Menghadapi Perubahan Pasar

Berikut ini adalah sejumlah strategi yang dapat dilakukan dalam menghadapi perubahan pasar yang dinamis. 

1. Fleksibilitas dan Adaptabilitas

Bisnis yang dapat dengan cepat menyesuaikan diri dengan perubahan pasar akan memiliki keunggulan kompetitif yang signifikan. Hal ini berarti tidak hanya memiliki rencana cadangan untuk berbagai skenario, melainkan juga memiliki struktur dan budaya yang memungkinkan perubahan cepat. 

Adapun fleksibilitas mencakup kemampuan untuk mengubah strategi, model bisnis, atau bahkan produk dan layanan secara keseluruhan jika diperlukan. Sementara adaptabilitas melibatkan kemampuan untuk belajar dari pengalaman, menerima feedback, dan melakukan perubahan sesuai dengan kebutuhan pasar. 

2. Inovasi Berkelanjutan

Selain untuk membuat produk atau layanan baru, inovasi juga diperlukan untuk meningkatkan produk, layanan, dan proses operasional yang sudah ada. Bisnis Anda perlu mencari cara baru untuk memperbaiki dan mengembangkan produk atau layanan agar tetap relevan dan menarik bagi pelanggan. 

Inovasi berkelanjutan dapat berupa peningkatan fitur produk, pengoptimalan proses produksi, dan pengembangan produk atau layanan baru yang mengikuti tren dan permintaan pasar. Bukan hanya itu, alokasi sumber daya untuk penelitian dan pengembangan menjadi penting untuk memastikan bahwa bisnis tetap berada di garis depan inovasi dalam industri terkait.

3. Diversifikasi Portofolio

Diversifikasi portofolio produk atau layanan dapat membantu bisnis mengurangi risiko dan meningkatkan peluang kesuksesan jangka panjang. Anda dapat memperluas pasar target dan mengatasi fluktuasi dalam permintaan atau tren pasar dengan memiliki berbagai produk dan layanan yang beragam.

Diversifikasi juga dapat membantu melindungi bisnis dari kegagalan produk atau layanan tunggal yang mungkin mengancam kelangsungan bisnis. Meski begitu, diversifikasi harus dilakukan secara hati-hati dengan mempertimbangkan konsistensi merek dan core competencies bisnis. 

kemitraan dan kolaborasi
Sumber: Freepik

4. Kemitraan dan Kolaborasi

Kemitraan dan kolaborasi dengan pihak lain dalam industri atau lintas industri dapat memberikan kesempatan untuk pertumbuhan dan inovasi lebih lanjut. Melalui kemitraan, bisnis dapat memperluas jangkauan, mengakses sumber daya tambahan, dan membagi risiko.

Sebagai contoh, kolaborasi dengan perusahaan lain dalam rantai pasokan dapat membantu bisnis mengoptimalkan proses produksi dan distribusi. Di sisi lain, kolaborasi dengan startup atau institusi akademis dapat membawa inovasi baru dan pandangan segar ke dalam bisnis. 

Baca Juga: 8 Cara Riset Kompetitor dengan Efektif

5. Penggunaan Teknologi

Mengadopsi teknologi mutakhir dan solusi digital merupakan langkah krusial dalam menghadapi perubahan di pasar. Teknologi dapat membantu bisnis meningkatkan efisiensi operasional, mengefisiensi biaya, dan menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik. 

Sebagai contoh, penggunaan sistem manajemen inventaris berbasis cloud dapat membantu bisnis mengelola persediaan dengan lebih efisien dan akurat. Hal ini sama dengan penerapan alat analitik data yang dapat memberikan wawasan berharga seputar perilaku konsumen dan tren pasar untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Banner - Lead Gen Ads

Dengan demikian, terdapat sejumlah yang dapat dilakukan cara agar bisnis tetap bertahan, mulai dari pengelolaan keuangan secara bijaksana, inovasi produk dan layanan, hubungan yang kuat dengan pelanggan, serta promosi produk secara online. Melalui berbagai cara tersebut, bisnis Anda dapat menghadapi berbagai tantangan dengan lebih percaya diri dan siap untuk menjadi salah satu yang terdepan dalam industri yang digeluti.

Melalui layanan jasa digital marketing, ToffeeDev dapat menjadi mitra andalan untuk mengembangkan bisnis Anda dengan strategi digital marketing yang efektif. Tim ahli kami siap membantu membuat strategi yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

ToffeeDev menawarkan layanan berkualitas yang dapat membantu meningkatkan traffic, menghasilkan leads, dan meningkatkan penjualan bisnis Anda secara signifikan. Tak perlu khawatir, kami juga akan membimbing Anda, mulai dari perencanaan strategi, eksekusi kampanye, hingga peninjauan dan evaluasi. 

Jangan melewatkan peluang bisnis Anda! Langsung hubungi ToffeeDev untuk mengambil langkah dalam mengoptimalkan potensi bisnis secara online. Jadwalkan konsultasi sekarang!

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top