8 Cara Riset Kompetitor dengan Efektif

Riset Kompetitor Adalah

Persaingan memang menjadi hal yang lumrah dalam dunia bisnis. Namun, hal itu tidak boleh menyurutkan semangat Anda untuk memulai bisnis atau meluncurkan produk baru. Riset kompetitor adalah solusi yang perlu dilakukan agar bisnis Anda tetap bertahan di tengah gempuran persaingan.

Masih banyak pebisnis yang belum memahami strategi riset kompetitor yang tepat. Mereka cenderung mendapatkan gambaran yang abu-abu mengenai kompetitor sehingga membuat strategi yang salah dalam berbisnis. ToffeeDev akan memberikan cara efektif dalam melakukan riset kompetitor untuk Anda. Simak pembahasan lengkapnya di artikel ini.

Apa Itu Riset Kompetitor?

Apa Itu Riset Kompetitor

Riset atau analisis kompetitor adalah proses mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh rival bisnis Anda. Kompetitor yang dimaksud dalam hal ini berupa bisnis yang memiliki kesamaan dalam hal produk, industri, atau target pasar. Dalam riset kompetitor, Anda harus menganalisis strategi pemasaran, harga, saluran promosi, potensi pasar, dan detail lainnya terkait pemasaran.

Riset kompetitor tidak berguna supaya Anda bisa meniru strategi yang dilakukan perusahaan sejenis. Anda justru bisa mengambil berbagai manfaat dan mengaplikasikan strategi yang sesuai sehingga bisnis Anda makin maju. Anda pun tidak boleh mengabaikan visi, nilai, atau tujuan awal perusahaan karena terlalu sibuk untuk menjadi lebih baik daripada kompetitor.

Baca Juga: Follow Up Customer: Definisi, Manfaat, dan Tips Sukses Melakukannya

8 Cara Riset Kompetitor dengan Efektif

8 Cara Riset Kompetitor dengan Efektif

Dalam melakukan riset kompetitor, Anda harus menerapkan cara yang tepat agar prosesnya berjalan efektif. Berikut langkah dan cara yang dapat dilakukan untuk menganalisis kompetitor Anda.

1. Tetapkan Tujuan dan Fokus Utama Riset

Ada banyak hal yang bisa dianalisis dari kompetitor, tetapi Anda harus memiliki fokus utama risetnya. Fokus tersebut bisa berupa penjualan, brand awareness, pemasaran, produk, potensi pasar, atau hal lainnya. Sesuaikan juga fokus tersebut dengan tujuan riset sehingga Anda akan lebih mudah menyusun strategi menghadapi kompetitor.

2. Buat Daftar Profil Kompetitor Anda

Berikutnya, Anda bisa membuat daftar kompetitor yang ingin diamati. Mulailah dengan menulis daftar bisnis yang menjual produk atau layanan serupa dalam niche atau kota Anda. Anda pun bisa membagi kompetitor menjadi tiga tingkatan agar lebih mudah, yaitu tier atas (kompetitor di atas bisnis Anda), tier menengah (setingkat atau potensi pangsa pasarnya mirip), dan tier bawah (bisnis yang bisa menyusul bisnis Anda dalam kompetisi).

3. Identifikasi Penerapan Marketing Mix-nya

Setelah mendapatkan profil kompetitor, Anda bisa mengamati strategi penerapan marketing mix yang dilakukan. Mulailah dengan menerapkan 4P (product, price, place, dan promotion) terlebih dahulu karena merupakan hal fundamental dalam bisnis. Informasi marketing mix dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang kompetitor Anda.

Baca Juga: Pentingnya Niche Market untuk Meraup Keuntungan

4. Analisis Strategi SEO Bisnis

Langkah ini sangat penting jika Anda ingin menjangkau target pasar yang lebih luas. Strategi SEO tidak hanya berguna untuk mengetahui performa website di SERP, tetapi juga posisi bisnis Anda melalui fitur local search. Anda dapat mengetahui ranking kompetitor dengan cara mengetikkan kata kunci yang menggambarkan aktivitas bisnisnya.

5. Berkomunikasi dengan Pelanggan Kompetitor

Cara ini dapat dilakukan untuk mengetahui preferensi target pasar terhadap kompetitor. Hanya saja, lakukan langkah ini senetral mungkin dan tidak melibatkan usaha Anda dalam obrolan. Anda bisa memahami pengeluaran mereka dalam sekali belanja, alasan mereka menggunakan kompetitor, serta kelebihan dan kekurangan kompetitor tersebut.

6. Gunakan Analisis SWOT

Analisis Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat (SWOT) sering digunakan oleh bisnis untuk menganalisis kompetitor, SWOT berguna supaya Anda bisa membandingkan bisnis dengan kompetitor secara keseluruhan. Anda pun akan mendapatkan informasi tentang kekurangan kompetitor melalui metrik ini.

Jasa SEO

7. Temukan Peluang Bisnis dari Kekurangan Kompetitor

Hasil analisis SWOT yang telah dilakukan pasti menunjukkan kekurangan kompetitor ataupun bisnis Anda. Kekurangan kompetitor tersebut dapat dijadikan sebagai peluang bisnis Anda agar lebih unggul. Anda pun bisa menemukan strategi baru yang lebih menarik agar bisa bersaing dengan kompetitor.

8. Buat Strategi Baru dari Hasil Analisis

Riset kompetitor akan lebih berhasil apabila Anda membuat strategi untuk menyaingi pesaing bisnis. Anda perlu membuat strategi baru yang lebih relevan dengan hasil analisis dan tujuan bisnisnya. Pastikan strategi tersebut mendukung aktivitas bisnis Anda dalam mencapai keuntungan.

Baca Juga: Seluk Beluk Brand Awareness yang Wajib Anda Ketahui

Pentingnya Riset Kompetitor Bagi Bisnis

Pentingnya Riset Kompetitor Bagi Bisnis

Mungkin Anda masih berpikir tentang alasan riset kompetitor sangat penting bagi bisnis. Anda dapat melihat manfaat di bawah ini sebagai alasan penting melakukan riset kompetitor.

1. Memperkuat Brand Positioning

Riset kompetitor berguna supaya bisa memahami level produk bisnis Anda. Anda bisa memahami keunikan dan kelebihan produk dibandingkan kompetitor meskipun berada dalam industri serupa. Brand positioning juga berguna supaya pelanggan memiliki alasan kuat untuk memilih produk Anda.

2. Memahami Tren Pasar

Anda pun dapat memahami tren pasar setelah melakukan riset kompetitor. Tren pasar bisa berbicara tentang popularitas atau minat pelanggan terhadap suatu produk yang sedang dipasarkan. Anda bisa memanfaatkan berbagai celah dari suatu industri untuk membuat produk yang lebih bermanfaat bagi pelanggan.

Baca juga: Jenis-Jenis Risiko Bisnis Online yang Sering Dihadapi

3. Memahami Preferensi Pelanggan

Selera dan preferensi pelanggan dapat diketahui dengan melakukan riset kompetitor. Anda pun akan mengetahui alasan kepuasan pelanggan ketika menggunakan produk kompetitor melalui aktivitas ini. Untuk manfaat ini, Anda perlu mengobrol bersama pelanggan kompetitor atau melihat ulasan positif dan negatif di platform penjualan mereka.

Setelah melihat alasan di atas, Anda pasti sudah memahami pentingnya melakukan riset kompetitor bagi perkembangan bisnis. Saat melakukan riset kompetitor, ikuti juga langkah yang telah dijelaskan supaya Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. 

Salah satu tips penting dalam melakukan riset kompetitor adalah menganalisis performa SEO website mereka. Bagaimana jika tidak memiliki tools yang tepat untuk menganalisisnya? Anda cukup menggunakan jasa Digital Marketing ToffeeDev yang memiliki spesialisasi di bidang SEO. Tidak hanya riset kompetitor, ToffeeDev pun akan membantu meningkatkan performa SEO website Anda sendiri. Hubungi kami untuk berkonsultasi mengenai website Anda. Kembangkan website bisnis Anda bersama ToffeeDev agar lebih baik daripada kompetitor.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top