Penting! Ini 8 Cara Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Penting! 8 Cara Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Ada banyak cara meningkatkan produktivitas perusahaan yang dapat dilakukan. Produktivitas sebuah perusahaan memang akan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kesuksesannya. Makin produktif sebuah perusahaan, maka akan makin besar pula kemungkinan perusahaan tersebut untuk sukses.

Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi produktivitas perusahaan, seperti lingkungan kerja, alat yang digunakan, hingga karyawan. Perusahaan harus dapat memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mendapatkan produktivitas yang tinggi. Lantas, bagaimana sih cara meningkatkan produktivitas perusahaan?

Pengertian Produktivitas Perusahaan

Pengertian Produktivitas Perusahaan

Produktivitas adalah ukuran seberapa efisien sebuah input (mis. waktu, tenaga kerja, dan modal) dapat diubah menjadi output (mis. produk dan layanan); dihitung dengan cara membagi output dengan input. Jadi, produktivitas perusahaan adalah ukuran jumlah output yang dapat dihasilkan oleh sebuah perusahaan dibandingkan dengan jumlah input yang digunakan.

Produktivitas perusahaan dapat digunakan untuk mengukur seberapa efektif perusahaan telah bekerja selama ini. Ketika perusahaan dapat menghasilkan output yang lebih banyak daripada input yang digunakan, maka produktivitas perusahaan tersebut sudah baik. Perusahaan tersebut juga telah bekerja dan memanfaatkan sumber dayanya dengan efektif.

Setiap perusahaan memiliki pendekatan yang berbeda untuk meningkatkan produktivitas. Selain itu, setiap perusahaan juga memiliki pandangan dan penilaian yang berbeda terhadap apa yang dianggap sebagai produktivitas yang baik. Biasanya, hal tersebut akan dipengaruhi oleh misi, visi, serta nilai-nilai yang dipegang oleh setiap perusahaan.

Baca Juga: Kunci Untuk Produktivitas Yang Bermakna, Menjadi Reseptif

8 Cara Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

8 Cara Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Setiap perusahaan harus selalu berusaha untuk meningkatkan produktivitasnya. Makin baik produktivitas perusahaan, maka akan makin mudah pula untuk mendapatkan keuntungan dan mengembangkan bisnisnya. Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan produktivitas perusahaan yang dapat Anda coba.

1. Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Elemen yang akan mengubah input menjadi output adalah karyawan. Artinya, makin baik karyawan bekerja, maka makin baik pula produktivitas perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus dapat memastikan bahwa karyawannya memiliki lingkungan kerja yang nyaman agar mereka dapat bekerja dengan lebih baik.

Tidak ada orang yang dapat bekerja dengan maksimal di lingkungan yang tidak nyaman, negatif, dan toxic. Ketika berada di lingkungan yang tidak nyaman, karyawan tidak akan dapat mengeluarkan seluruh kemampuan mereka, yang mana akan sangat berpengaruh terhadap produktivitas perusahaan.

Perusahaan dapat memberikan ruangan kerja dengan suhu yang tidak panas tetapi juga tidak terlalu dingin kursi dan meja yang ergonomis, ruangan untuk beristirahat, dan masih banyak lagi. Pastikan saja seluruh aspek yang berhubungan langsung dengan karyawan diperhatikan sebaik mungkin agar mereka dapat bekerja dengan nyaman.

Baca Juga: 4 Pekerjaan Marketing yang Tidak Banyak Disadari

2. Lacak Waktu Pengerjaan Tugas

Para pemimpin di perusahaan harus dapat menganalisis bagaimana anggota tim mereka menggunakan waktu yang diberikan untuk menyelesaikan tugasnya. Ada beberapa metrik yang dapat digunakan untuk mengukur seberapa efektif karyawan dalam mengerjakan tugasnya, seperti waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas atau jumlah tugas yang dapat diselesaikan per hari.

Mempelajari data tersebut dapat mengungkapkan mana karyawan yang memang sudah produktif dan mana yang masih membutuhkan peningkatkan. Dengan begitu, perusahaan dapat memberikan pelatihan lebih lanjut kepada karyawan yang dirasa belum cukup produktif. Selain itu, pimpinan juga dapat memberikan tugas yang lebih berat pada karyawan yang memang produktif agar dapat lebih cepat diselesaikan.

3. Berikan Istirahat

Karyawan tidak perlu untuk bekerja setiap menitnya sepanjang hari selama jam kerjanya. Faktanya, karyawan yang diberikan terlalu banyak tugas hanya akan menjadi kelelahan dan mengalami burnout, yang mana akan memengaruhi kinerja mereka. Oleh karena itu, salah satu langkah untuk meningkatkan produktivitas perusahaan adalah dengan memberikan karyawan waktu untuk beristirahat.

Perusahaan dapat memberikan jatah cuti yang wajar agar karyawan dapat meninggalkan pekerjaan dalam beberapa hari, dan kembali bekerja lagi dengan kondisi yang lebih fit. Selain itu, perusahaan juga perlu memberikan waktu istirahat yang wajar di hari kerja, seperti 30 menit hingga 1 jam, agar karyawan dapat mengisi ulang tenaganya dan kembali bekerja dengan lebih segar.

4. Hindari Acara yang Tidak Perlu

Cara lain untuk meningkatkan produktivitas perusahaan adalah dengan menghindari membuat acara yang tidak perlu dan tidak menghasilkan banyak hal, seperti rapat staf. Jika Anda memang memiliki pengumuman penting atau perlu mendiskusikan strategi memang rapat staf dibutuhkan, tetapi melakukan rapat tentang topik yang dapat dikomunikasikan melalui email dapat membuang waktu dan mengurangi produktivitas.

Baca Juga: Karakteristik Kepemimpinan yang Baik dan Efektif di dalam Bisnis

5. Berikan Tugas yang Realistis

Setiap karyawan pasti memiliki kemampuannya masing-masing dan batasan dari kemampuan tersebut. Memberikan tugas yang berada di luar kemampuan dari karyawan hanya akan mengurangi produktivitas perusahaan. Selain itu, memberikan pekerjaan yang terlalu sulit juga hanya akan membebani karyawan dan membuat kinerjanya menurun.

Perusahaan harus dapat memastikan bahwa setiap karyawannya dapat mengerjakan segala tugas yang diberikannya agar produktivitas perusahaan meningkat. Jika memang ada tugas yang harus dikerjakan tetapi tidak ada karyawan yang dirasa dapat mengerjakannya, perusahaan dapat menggunakan jasa dari pihak luar. Dengan begitu, seluruh pekerjaan yang ada dapat terselesaikan dengan baik.

Jasa SEO

6. Berikan Alat yang Dibutuhkan

Dalam melaksanakan pekerjaannya, pasti setiap karyawan akan membutuhkan alat-alat khusus. Terkadang ada karyawan yang memang sudah memilikinya, tetapi ada juga karyawan yang belum memilikinya. Perusahaan harus dapat menyediakan alat-alat yang dibutuhkan karyawan untuk melakukan pekerjaannya, seperti laptop, perangkat lunak tertentu, dan masih banyak lagi.

Makin baik alat yang digunakan oleh karyawan dalam melakukan pekerjaannya, maka akan makin baik pula pekerjaan yang dihasilkan oleh karyawan tersebut. Selain menjadi lebih baik, pekerjaan yang dikerjakan dengan alat yang bagus juga dapat diselesaikan dengan relatif lebih cepat. Oleh karena itu, pastikan setiap karyawan memiliki alat yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Baca Juga: 6 Perbedaan Bos dan Pemimpin, Anda Termasuk yang Mana?

7. Berikan Reward

Siapa sih yang tidak suka reward? Setiap karyawan pasti akan merasa sangat senang dan lebih termotivasi ketika mereka mendapatkan reward. Perusahaan dapat menerapkan sistem reward bagi karyawan yang mencapai targetnya dalam kurun waktu tertentu. Sebagai contoh, perusahaan dapat memberikan insentif atau bonus tambahan bagi karyawan yang mencapai targetnya dalam satu bulan.

Selain dapat membuat karyawan yang mendapatkannya senang dan merasa lebih dihargai, pemberian reward juga dapat meningkatkan motivasi dari karyawan lain yang belum mendapatkannya. Dengan begitu, karyawan akan selalu berusaha untuk meningkatkan kinerjanya, dan produktivitas perusahaan pun akan lebih meningkat.

8. Gunakan Strategi yang Tepat Sasaran

Salah satu faktor yang memengaruhi produktivitas perusahaan adalah strategi pemasaran yang digunakan. Perusahaan harus dapat memastikan bahwa produk atau layanannya dapat terjual dengan banyak menggunakan sumber daya yang sesedikit mungkin. Oleh karena itu, perusahaan harus menggunakan strategi pemasaran yang tepat sasaran.Salah satu strategi pemasaran yang terbukti efektif di era sekarang adalah pemasaran digital. Ada banyak strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk melakukan pemasaran digital, seperti SEO, Ads, hingga menggunakan website yang baik. Untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat menggunakan jasa Digital Marketing dari ToffeeDev. Jika tertarik, Anda dapat menghubungi kami di sini!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat