Wajib Tahu! 11 Faktor Keberhasilan Usaha Untuk Pebisnis

faktor keberhasilan usaha

Apakah Anda saat ini sedang merintis usaha ataupun berkeinginan terjun ke dunia bisnis? Sebelum itu, pastikan Anda memahami faktor keberhasilan usaha untuk meminimalisir hambatan kedepannya. Apalagi untuk para pemula, karena pengetahuan ini dapat berpengaruh besar pada jalannya bisnis Anda.

Bisnis bukan hanya tentang menjalankan usaha sendirian, tetapi bisnis itu melibatkan banyak pihak sekaligus banyak faktor. Tidak ada bisnis yang sukses tanpa memiliki faktor keberhasilan, pun pula sebaliknya untuk bisnis yang gagal pasti ada faktor penyebabnya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui lebih dalam mengenai faktor-faktor tersebut.

Pengertian Keberhasilan Usaha di Bidang Bisnis

Keberhasilan usaha adalah suatu keadaan di mana perusahaan telah memperbaiki kinerja masa lalunya. Tujuan utama dari perusahaan adalah kesuksesan bisnis, dan semua tindakannya diarahkan untuk tujuan ini. Dalam menentukan keberhasilan usaha, perlu untuk mengembangkan usaha terlebih dahulu melalui strategi pemasaran.

Sukses dalam bisnis sering menunjukkan peningkatan dari situasi sebelumnya. Hal ini sejalan dengan Moch. Pernyataan Kohar Mudzakar (1998) bahwa “Keberhasilan usaha adalah sesuatu keadaan yang menggambarkan lebih daripada lainnya yang sederajat atau sekelasnya..”

11 Faktor Keberhasilan Usaha Untuk Pebisnis

Ketika membuka suatu usaha, pastinya Anda ingin usaha tersebut berhasil dan sukses meraup keuntungan semaksimal mungkin. Tidak ada satu orangpun yang ingin usahanya merugi apalagi sampai harus terus-terusan menambah modal tanpa mendapatkan keuntungan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat menjadikan sebuah usaha berhasil.

Mengetahui faktor keberhasilan usaha mampu membuat Anda menjadi pebisnis yang penuh antisipasi terhadap kemungkinan terburuk dalam bisnis Anda. Rencanakan segala sesuatu dengan lebih matang dan cari tahu lebih banyak celah bisnis Anda sendiri. Simak informasi lengkap mengenai 11 faktor keberhasilan usaha di sini.

1. Faktor Kesempatan Atau Peluang Usaha

Faktor pertama adalah peluang usaha yang Anda miliki. Suatu usaha dapat berhasil bila dilakukan pada waktu dan di tempat yang tepat. Anda sebagai pebisnis harus mengetahui peluang usaha yang berpotensi, sehingga mampu hadir di pasar dengan kondisi yang baik. Kesempatan emas merupakan hal yang dicari oleh pebisnis ketika ingin memulai usahanya.

Misalnya ketika Anda melihat tingginya permintaan pasar terhadap produk-produk lokal berkualitas, maka kesempatan emas itu dapat Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis menjanjikan. Anda dapat menjadi pebisnis yang berhasil ditempat yang tepat.

2. Faktor Pengetahuan

Selanjutnya adalah faktor pengetahuan. Seberapa besar dan dalam pengetahuan Anda mengenai usaha yang dijalankan menjadi penentu keberhasilan usaha. Ketika terjun ke dunia usaha, Anda harus benar-benar memahami setiap detail penting. Karena jika Anda berpengetahuan, maka tidak akan sulit untuk memperkenalkan usaha Anda ke pasar.

Pengetahuan juga dapat membantu Anda melakukan perencanaan usaha yang tepat dan meminimalisir kegagalan di masa yang akan datang. Jika direncanakan dan dijalankan berdasarkan pengetahuan, pasar pun juga akan memberikan pandangan baik terhadap usaha Anda.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bisnis Di Masa Pandemi

3. Faktor Perencanaan

Faktor keberhasilan usaha yang ketiga adalah faktor perencanaan. Sebelum menjalankan bisnis, Anda perlu menyusun perencanaan yang matang. Hal ini berguna untuk memastikan usaha berjalan pada jalurnya, tidak asal dan tanpa arah.

Perencanaan juga digunakan sebagai langkah preventif untuk meminimalisir adanya kegagalan usaha. Melalui perencanaan, seorang pebisnis mampu menjalankan bisnis dengan berbagai solusi apabila langkah pertamanya gagal maka dilanjutkan langkah kedua, jika belum berhasil maka akan ada langkah-langkah lain yang telah direncanakan secara matang berdasarkan pengetahuan.

4. Faktor Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor internal yang paling berpengaruh dalam jalannya suatu usaha. Apabila ingin usaha berjalan dengan baik, maka Anda perlu mempertimbankan setiap SDM yang terlibat dalam bisnis Anda. Kualitas unggul SDM ini juga dapat menjadi citra baik bagi usaha Anda.

SDM berkualitas unggul adalah SDM yang cermat dalam melakukan langkah strategis dan preventif untuk bisnis Anda, mampu menyelesaikan masalah dengan baik dan mampu berpikir kreatif. Tidak hanya itu, SDM unggul juga harus dilengkapi dengan kepemimpinan yang baik.

5. Faktor Organisasi Internal

Setelah memiliki SDM yang unggul, maka Anda perlu memperhatikan organisasi internal untuk usaha Anda. Organisasi internal yang baik adalah yang mampu mengontrol kegiatan kerja dengan cara kerja yang terstruktur. Nah untuk itu, perlu ada kejelasan pekerjaan dalam organisasi internal.

Misalnya adalah menentukan jenis-jenis pekerjaan yang dibutuhkan dalam usaha Anda, kemudian memberikan deskripsi pekerjaan dan batasan yang jelas terhadap pekerjaan-pekerjaan tersebut. Satu hal yang paling penting adalah adanya komunikasi dari setiap pekerja dalam suatu organisasi untuk bersinergi bersama.

6. Faktor Keuangan

Faktor yang tidak kalah penting adalah faktor keuangan. Keuangan suatu usaha dapat dikatakan baik apabila memiliki arus kas sehat. Selain itu, faktor ini juga meliputi bagaimana cara pengontrolan biaya yang dilakukan selama proses operasional usaha tersebut.

Selain itu, faktor keuangan juga dapat diperhatikan melalui bagaimana perencanaan modal usaha yang dilakukan, bagaimana hitungan rasio keuangan dan lain hal sebagainya. Tanpa keuangan yang sehat, maka sebuah usaha tidak akan berjalan dengan mulus.

7. Faktor Pengelolaan Usaha

Faktor selanjutnya adalah pengelolaan usaha, bagaimana eksekusi dari setiap perencanaan usaha yang ada. Pengelolaan usaha ini dapat dikatakan sebagai action dari sebuah usaha. Dalam faktor ini, maka seluruh faktor sebelumnya akan diperhatikan.

Misalnya adalah bagaimana organisasi internal dapat bersinergi bersama, bagaimana pengelolaan aset usaha kemudian bagaimana kualitas dari setiap produk/layanan usaha yang ada. Dalam pengelolaan usaha, bisnis atau usaha juga dapat dikembangkan sesuai dengan kondisi pada saat operasional.

Baca Juga: Pengertian Dan Tujuan Komunikasi Bisnis

8. Faktor Pemasaran

Tidak bisa dimungkiri bahwa setiap usaha yang sukses, maka teknik pemasaran yang dilakukan juga turut menjadi kuncinya. Pemasaran dapat membuat suatu usaha dikenal oleh masyarakat, memiliki posisi di pasar. Jika dapat memosisikan diri di pasar, maka suatu usaha dapat lebih mudah menjalan tujuannya untuk meraup keuntungan.

Maka dari itu, tim pemasaran dalam sebuah usaha seringkali dituntut lebih kreatif dan inovatif. Hal ini dikarenakan bagaimana minat pasar terhadap usaha tersebut berasal dari bagaimana pemasaran berjalan.

9. Faktor Lingkungan

Lingkungan usaha memang tidak berpengaruh langsung terhadap operasional usaha, tetapi memiliki dampak yang perlu diperhatikan. Misalnya ketika lingkungan sekitar tempat usaha merupakan lingkungan yang kumuh, maka pandangan pasar terhadap usaha pun akan turut diragukan kebersihannya. Kemudian ketika kondisi lingkungan sedang berada dalam krisis kemiskinan, tetapi usaha yang dibangun adalah usaha yang fancy dan glamour maka akan tetap berdampak pada citra usaha.

Untuk itu, sebelum mendirikan sebuah usaha maka ada baiknya Anda juga turut mengenali lingkungan yang ada. Meskipun tidak memiliki pengaruh langsung, tetapi lingkungan bisa saja membuat dampak operasional yang tidak bisa diremehkan.

10. Faktor Pemerintah

Faktor pemerintah merupakan faktor keberhasilan yang dampaknya lebih tidak berpengaruh langsung, tapi tetap memberi dampak pada usaha. Anda perlu lebih memperhatikan bagaimana kondisi politik/birokrat yang ada untuk meminimalisir hambatan yang datang menghampiri usaha Anda. Misalnya ketika pemerintah tengah menggalakkan program anti plastik, Anda dapat lebih inovatif membuat produk menjadi bebas plastik.

11. Faktor Catatan Bisnis

Faktor terakhir yang dapat menjadi faktor keberhasilan usaha adalah catatan bisnis. Sebuah usaha yang baik dapat dilihat bagaimana catatan bisnisnya tersusun. Apabila tidak memiliki catatan bisnis, bisa saja tidak mengetahui apakah usahanya merugi atau berhasil mendapatkan keuntungan. Beberapa catatan bisnis yang perlu ada adalah pembukuan keuangan, daftar aset kemudian daftar SDM yang terlibat.

Baca Juga: Memahami Pentingnya Konsep Pengembangan Produk Baru Bagi Bisnis

10 Faktor Kegagalan Usaha Yang Harus Dihindari

Setelah mengetahui faktor keberhasilan usaha, maka Anda juga perlu mengetahui faktor apa saja yang membuat usaha bisa gagal. Kegagalan ini harus dihindari dengan perencanaan faktor-faktor keberhasilan dengan baik, tepat dan matang.

  • Manajemen Uang Tidak Baik
  • Perencanaan Tidak Berkembang
  • Produk Tidak Sesuai Target Pasar
  • Tidak Melakukan Inovasi
  • Sumber Daya Fisik Tidak Dirawat
  • Pemilihan Lokasi Usaha Kurang Strategis
  • Usaha Tidak Konsisten
  • Pebisnis Tidak Berani Mengambil Risiko
  • Sulit Memenuhi Permintaan Pasar
  • Pebisnis Tidak Belajar Dari Kegagalan Usaha Lain

Nah, itulah tadi informasi mengenai faktor keberhasilan usaha dan kegagalan usaha yang dapat menjadi pertimbangan Anda. Untuk membantu usaha lebih dikenal pasar dan muncul dalam pencarian pasar, Anda dapat menggunakan SEO. Bila Anda membutuhkan jasa SEO tepercaya yang dapat membantu bisnis berkembang, hubungi Toffeedev sekarang juga sebagai solusi untuk bisnis Anda.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat