Pengertian Dan 5 Jenis Marketing Channel Untuk Mengembangkan Bisnis

jenis marketing channel

Pemasaran atau marketing merupakan aspek krusial dalam upaya pengembangan sebuah bisnis. Tidak hanya penyusunan strategi efektif, Anda perlu mempertimbangkan sarana marketing yang sesuai. Mengetahui pengertian dan jenis marketing channel dapat membantu Anda lebih maksimal dalam mengembangkan bisnis.

Saat ini, telah banyak marketing channel yang populer di dunia bisnis. Kedinamisan pasar menuntut perusahaan terus berinovasi dalam melakukan pemasaran. Hal ini yang akhirnya membuat marketing channel tumbuh menjadi salah satu aspek penting dalam menunjang kemajuan bisnis. Simak informasi lengkap mengenai marketing channel di bawah ini.

Pengertian Marketing Channel

Marketing channel adalah saluran pemasaran yang berkenaan dengan proses pendistribusian produk atau layanan perusahaan dari awal hingga akhir. Marketing channel juga dapat dikatakan sebagai orang, organisasi maupun kegiatan yang membuat barang dan jasa tersedia untuk digunakan oleh konsumen. 

Istilah ini juga menggambarkan mengenai metode distribusi produk perusahaan dari satu orang ke orang lain melalui media yang berbeda dan berguna untuk membangun hubungan antara perusahaan dengan pelanggan.

Lalu, apa kepentingan dari marketing channel? Dalam upaya mengembangkan bisnis, marketing channel digunakan untuk menjangkau pelanggan yang sebelumnya tidak memiliki akses terhadap barang atau jasa sebuah perusahaan. Marketing channel dapat dikatakan sebagai sarana dalam memperkenalkan perusahaan ke pasar dan meningkatkan brand awareness.

Baca Juga: Memahami Taktik Relationship Marketing

5 Jenis Marketing Channel

Setelah mengetahui pentingnya marketing channel dalam memopulerkan perusahaan Anda di pasar, perlu pengetahuan lebih untuk mengambil keputusan. Pengetahuan ini adalah mengenai jenis marketing channel yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan target Anda. 

Ini akan mempermudah Anda untuk menentukan jenis marketing channel yang efektif menjangkau target pasar Anda dan menghasilan tingginya brand awareness terhadap produk atau layanan perusahaan. Berikut ini merupakan 5 jenis marketing channel yang perlu Anda ketahui.

1. Direct Selling

Seperti namanya, direct selling merupakan saluran pemasaran yang bersifat langsung tanpa perantara. Jadi, Anda menjual atau layanan secara langsung kepada pelanggan tanpa menggunakan jasa eksternal. Hal tersebut membuat direct selling menjadi salah satu marketing channel yang tidak memakan banyak biaya karena semua dilakukan oleh pebisnis langsung.

Cara kerja dari jenis marketing channel ini adalah langsung mendistribusikan hasil produksi perusahaan. Jika menyediakan layanan, maka direct selling akan menawarkan langsung pada target pasarnya. Meskipun cukup merepotkan, tetapi keuntungan yang diraih biasanya lebih besar dibandingkan marketing channel lainnya.

2. Konsultan

Jenis marketing channel yang kedua adalah konsultan. Memanfaatkan konsultan dapat membantu Anda mendapatkan opini atau saran dalam mengatasi permasalahan bisnis. Konsultan sendiri dapat bekerja dua arah, baik untuk pelanggan maupun perusahaan. Pelanggan dapat mendapatkan informasi produk atau jasa secara maksimal dan perusahaan dapat mengetahui strategi promosi efektif sesuai data rujukan konsultan.

3. Reseller

Reseller merupakan marketing channel yang memanfaatkan pihak ketiga dalam mendistribusikan produk atau penawaran jasa layanan. Konsep dari reseller sendiri adalah menjual kembali apa yang ditawarkan oleh perusahaan atau biasa disebut sebagai pengecer. 

Umumnya, reseller membeli stok melimpah perusahaan dengan harga khusus dan lebih murah dari distribusi pasar. Marketing channel ini efektif untuk menjangkau target pasar secara lebih dekat misalnya per daerah atau kota.

Baca Juga: Pengertian Niche Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis

4. Afiliasi

Populernya bisnis online saat ini, membuat banyak perusahaan memilih untuk menggunakan saluran afiliasi. Marketing channel ini memanfaatkan keberadaan influencer, selebgram atau public figure lainnya untuk promosi. 

Tujuannya adalah meningkatkan brand awareness dan engagement. Konsep dari afiliasi biasanya influencer menyebarkan tautan yang mengarah pada produk atau layanan perusahaan. Nah, keuntungan partner afiliasi yang biasa disebut afiliator didapatkan dari interaksi tautan tersebut.

5. Marketing Sosial Media

Jenis marketing channel paling populer adalah social media marketing. Konsep dari jenis ini adalah memanfaatkan berbagai sosial media untuk menjangkau target pasar. Keefektifan dari jenis marketing channel ini didasari dengan mayoritas masyarakat yang rajin aktif menggunakan sosial media mereka.

banner

3 Tips Memilih Marketing Channel Yang Sesuai Dengan Bisnis Anda

Mengingat pentingnya marketing channel dalam pengembangan bisnis, Anda tidak bisa sembarang memilih. Jika salah memilih marketing channel, bukannya untung tetapi Anda malah bisa merugi dan bisnis tidak berkembang. Berikut ini merupakan beberapa tips memilih marketing channel sesuai dengan bisnis Anda.

1. Menentukan Target Market

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan target market sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Target market ini dapat menjadi acuan atau data referensi untuk menentukan marketing channel mana yang sesuai. Jika tidak spesifik, maka penentuan marketing channel juga menjadi tidak akurat jangkauannya.

2. Perhatikan Alokasi Budget

Jangan hanya mementingkan popularitas dan keuntungan, Anda perlu mengalokasikan budget marketing channel dengan tepat. Pemasaran memang penting, tetapi apabila over budget pastinya dapat menjadi kendala keuangan Anda kedepannya. Pilihlah marketing channel yang sesuai dengan ketersediaan budget, kemudian kembangkan jika telah menunjukkan hasil yang diinginkan.

Baca Juga: Kenali 10 Strategi Marketing Diskon yang Dijamin Menarik Perhatian Konsumen

3. Channel Yang Tepat

Tips ini adalah yang paling penting, Anda perlu memilih marketing channel yang tepat sesuai dengan persiapan. Jenis marketing channel mana yang mampu menjangkau target pasar Anda sesuai dengan budget yang disiapkan. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan dengan target periodik. Misalnya Anda ingin meningkatkan brand awareness terlebih dahulu dibandingkan penjualan, maka sosial media dan afiliasi dapat menjadi solusi yang tepat.

Itulah tadi informasi mengenai jenis marketing channel untuk mengembangkan bisnis Anda. Sebelum memutuskan menggunakan beberapa jenis marketing channel, pastikan Anda telah melakukan perencanaan sesuai dengan target bisnis. Strategi yang tepat dapat mendukung bisnis berkembang pesat dengan keuntungan yang maksimal.

Saat ini, Anda dapat mengandalkan jasa digital marketing untuk menunjang kebutuhan bisnis. Toffeedev hadirkan berbagai layanan digital marketing mulai dari website hingga optimalisasi SEO. Hubungi Toffeedev sekarang juga, teman sukses bisnis Anda.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat