Cara Menghitung dan Meningkatkan Monthly Recurring Revenue (MRR)

monthly recurring revenue mrr

Di era digital ini, banyak bisnis yang beralih ke model SaaS (Software as a Service), di mana pelanggan membayar biaya berlangganan bulanan untuk menggunakan produk atau layanan tertentu. Salah satu metrik penting dalam bisnis SaaS adalah Monthly Recurring Revenue (MRR) yang menunjukkan pendapatan berulang bulanan yang dihasilkan dari pelanggan berlangganan. Lantas, bagaimana cara menghitung dan meningkatkan MMR?

Dalam artikel ini, ToffeeDev akan menjabarkan secara rinci mengenai Monthly Recurring Revenue (MRR) termasuk cara menghitung dan meningkatkannya. Untuk itu, simak sampai selesai artikel di bawah ini!

Alasan Pentingnya Menghitung Monthly Recurring Revenue (MRR)

Menghitung Monthly Recurring Revenue (MRR) merupakan langkah penting bagi bisnis Software as a Service (SaaS), karena berbagai alasan di bawah ini.

1. Mengukur Pertumbuhan Bisnis

MRR memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana bisnis berkembang dari waktu ke waktu. Pemantauan MRR secara teratur membuat Anda dapat melihat apakah bisnis mendapatkan lebih banyak pelanggan dan meningkatkan pendapatannya.

Pertumbuhan MRR yang stabil dan terus meningkat menunjukkan bahwa strategi pemasaran, penjualan, dan retensi pelanggan berhasil dijalankan . Sebaliknya, penurunan atau stagnasi dalam MRR bisa menjadi peringatan bahwa ada masalah yang perlu ditangani.

2. Merencanakan Anggaran dan Investasi

MRR memberikan pandangan ke depan tentang pendapatan yang dihasilkan oleh bisnis dari langganan bulanan. Melalui pemahaman mengenai MRR, Anda dapat merencanakan anggaran dengan lebih baik dan mengalokasikan sumber daya dengan lebih efisien.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan data MRR untuk membuat prediksi tentang kinerja keuangan bisnis pada masa depan, yang sangat penting dalam merencanakan investasi jangka panjang. Melalui cara ini, perusahaan dapat memastikan bahwa ada arus kas yang cukup untuk mendukung inisiatif baru, sehingga dapat mengurangi risiko dan meningkatkan peluang kesuksesan.

Baca Juga: Shopee Revenue Model: Pelajari Cara Bisnis Menghasilkan Keuntungan

3. Memprediksi Kinerja Keuangan

MRR merupakan salah satu indikator terbaik untuk membuat prediksi tentang kinerja keuangan bisnis Anda pada masa depan. Melalui analisis Monthly Recurring Revenue (MRR) dari waktu ke waktu, Anda dapat mengidentifikasi pola-pola yang mungkin terjadi dan mengembangkan model prediksi yang akurat. Prediksi yang solid berdasarkan MRR membantu manajemen membuat keputusan strategis yang tepat dan mengelola ekspektasi investor dan pemegang saham.

Banner - Ads General

4. Mengevaluasi Efektivitas Strategi Pemasaran dan Penjualan

MRR tidak hanya mencerminkan pendapatan, tetapi juga seberapa baik strategi pemasaran dan penjualan berjalan. Hal tersebut dapat diketahui dengan membandingkan kontribusi MRR dari berbagai saluran pemasaran atau tim penjualan, sehingga Anda dapat mengevaluasi efektivitas upaya dalam menarik dan mempertahankan pelanggan.

Hal tersebut akan membantu Anda dalam mengidentifikasi strategi yang paling sukses dan menyesuaikan strategi yang kurang berhasil untuk meningkatkan hasil secara keseluruhan.

Baca Juga: Revenue: Pengertian, Sumber, dan Analisisnya

5. Meningkatkan Fokus pada Pelanggan dan Nilai Produk

Dengan memahami MRR, Anda dapat lebih fokus pada kebutuhan pelanggan dan meningkatkan nilai produk atau layanan. Monthly Recurring Revenue (MRR) tidak hanya mencerminkan jumlah pelanggan, tetapi juga seberapa banyak pelanggan bersedia membayar untuk nilai yang diberikan oleh produk atau layanan Anda.

Karena itu, memahami nilai yang dihasilkan oleh MRR, Anda dapat mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan produk atau layanan, meningkatkan retensi pelanggan, dan menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik secara keseluruhan.

Cara Menghitung Monthly Recurring Revenue (MRR)

Cara Menghitung Monthly Recurring Revenue (MRR)

Terdapat dua cara utama untuk menghitung Monthly Recurring Revenue (MRR) yang sering digunakan oleh perusahaan, yaitu berdasarkan perhitungan tiap konsumen dan berdasarkan rata-rata pendapatan per pengguna (user). Berikut penjelasannya.

1. Berdasarkan Perhitungan Tiap Konsumen

Cara pertama adalah dengan menghitung pendapatan berdasarkan tiap konsumen secara individual. Dalam pendekatan ini, setiap konsumen diidentifikasi, dan pendapatan yang diperoleh dari masing-masing konsumen dijumlahkan untuk mendapatkan total MRR. Misalnya, jika bisnis Anda memiliki 50 konsumen dan masing-masing membayar langganan sebesar Rp 500.000 per bulan, maka total MRR Anda dapat dihitung sebagai berikut:

Total MMR= Harga Langganan per Konsumen Jumlah Konsumen

Total MMR= Rp500.000 50

Total MMR= Rp25.000.000

Metode ini relatif sederhana dan langsung ke depan karena Anda cukup mengumpulkan data pendapatan dari setiap konsumen dan menjumlahkannya. Namun, hal ini dapat menjadi lebih rumit jika bisnis Anda memiliki banyak konsumen atau jika ada fluktuasi dalam harga langganan atau biaya tambahan.

Banner - Ebook Ads

2. Berdasarkan Rata-Rata Pendapatan per Pengguna (ARPU)

Cara kedua adalah dengan menggunakan rata-rata pendapatan per pengguna atau Average Revenue per User (ARPU). ARPU merupakan ukuran yang menggambarkan pendapatan rata-rata yang diperoleh per pengguna dalam satu bulan.

Untuk menghitung ARPU, Anda membagi total pendapatan bulanan oleh jumlah pengguna atau konsumen dalam periode waktu tersebut. Misalnya, jika pendapatan total dalam sebulan adalah Rp 50.000.000 dan rata-rata terdapat 100 pengguna dalam sebulan, maka ARPU Anda adalah:

ARPU= Total Pendapatan Bulanan Rata-Rata Jumlah Pengguna dalam Sebulan 

ARPU= Rp50.000.000 100

ARPU= Rp500.000 

Jadi, ARPU Anda adalah Rp 500.000 per pengguna. Dengan asumsi Anda memiliki 200 total konsumen, maka MRR Anda dapat dihitung sebagai berikut:

MRR= ARPU Jumlah Pengguna 

MRR= Rp500.000200

MRR= Rp100.000.000

Cara Meningkatkan Monthly Recurring Revenue (MRR)

Cara Meningkatkan Monthly Recurring Revenue (MRR)

Setelah mengetahui cara menghitungnya, Anda juga harus tahu cara untuk meningkatkannya. Meningkatkan Monthly Recurring Revenue (MRR) menjadi tujuan utama bagi banyak bisnis, karena hal itu mencerminkan pertumbuhan pendapatan yang stabil dan berkelanjutan. Berikut caranya.

1. Meningkatkan Akuisisi Pelanggan

Salah satu cara utama untuk meningkatkan MRR adalah dengan mendapatkan lebih banyak pelanggan baru. Hal ini dapat dicapai dengan meningkatkan upaya pemasaran dan penjualan. Anda dapat menggunakan berbagai strategi pemasaran digital seperti iklan online, pemasaran konten, atau kampanye email untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Selain itu, identifikasi saluran pemasaran yang paling efektif untuk bisnis Anda dan alokasikan sumber daya secara strategis untuk meningkatkan akuisisi pelanggan.

2. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Selain mendapatkan pelanggan baru, penting juga untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Dorong pelanggan untuk tetap berlangganan dengan memberikan layanan pelanggan yang excellent, menyediakan pembaruan dan konten baru yang menarik, serta memberikan program loyalitas atau diskon khusus. Pelanggan yang puas lebih cenderung memperpanjang langganan mereka dan bahkan meningkatkan nilai langganan mereka seiring waktu.

Baca Juga: Cara Menghitung Revenue dan Tips Meningkatkannya

3. Meningkatkan Harga

Salah satu cara paling langsung untuk meningkatkan MRR adalah dengan menaikkan harga langganan. Namun, cara ini harus dilakukan dengan hati-hati dan harus disertai dengan peningkatan nilai yang diberikan kepada pelanggan. Pastikan untuk menyajikan peningkatan harga sebagai nilai tambah, misalnya dengan menawarkan fitur tambahan atau layanan eksklusif bagi pelanggan yang bersedia membayar lebih.

Banner - Lead Gen Ads

4. Menjual Paket Upgrade

Selain meningkatkan harga, Anda juga dapat menawarkan paket langganan yang lebih mahal dengan fitur tambahan atau keuntungan premium. Ini memungkinkan Anda untuk menargetkan pelanggan yang lebih mampu membayar lebih banyak untuk nilai tambahan yang ditawarkan. Pastikan untuk mengomunikasikan manfaat dan nilai tambah dari paket upgrade secara jelas kepada pelanggan Anda.

Itulah cara menghitung dan meningkatkan MRR. Melalui pemahaman betapa pentingnya Monthly Recurring Revenue (MRR) dan cara menghitung serta meningkatkannya, Anda telah melangkah lebih dekat menuju pertumbuhan yang stabil dan berkelanjutan bagi bisnis.

Jika Anda ingin mendapatkan bantuan profesional dalam meningkatkan MRR melalui mendapatkan pelanggan baru melalui pemasaran digital yang jitu, maka jangan ragu untuk menggunakan jasa Digital Marketing dari ToffeeDev. Tim ahli kami dapat membantu mengoptimalkan strategi pemasaran melalui berbagai cara, seperti optimasi website, SEO, iklan media sosial, dan masih banyak lagi teknik pemasaran digital yang dapat kami sesuaikan untuk kebutuhan dan tujuan bisnis Anda.

Hubungi kami sekarang dan jadwalkan konsultasi segera. Mulailah mengambil langkah menuju pertumbuhan yang lebih besar untuk bisnis Anda. Jadikan ToffeeDev mitra dalam menghadapi tantangan pemasaran digital!

Share this post :

Scroll to Top