Pangsa Pasar: Pengertian, Jenis, Manfaat Dan Formulanya

pangsa pasar adalah

Pangsa pasar adalah salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan oleh perusahaan bisnis. Mengapa? Tentunya hal ini dikarenakan pangsa pasar memengaruhi dapat menjadi bahan pertimbangan optimalisasi keuntungan bisnis. Perhitungan pangsa pasar juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bisnis.

Pangsa pasar sendiri memiliki beberapa jenis dengan formula dan cara pengukuran yang berbeda-beda. Penting untuk mengetahui informasi lebih detail mengenai pangsa pasar agar dapat memaksimalkan perhitungan. Anda dapat mengetahui pengertian, jenis, manfaat, formula, cara mengukur dan cara meningkatkan pangsa pasar melalui informasi di bawah ini.

Apa Itu Pangsa Pasar?

Pangsa pasar adalah persentase pasar atau bagian dari total penjualan suatu produk atau jasa yang dikuasai oleh suatu perusahaan atau merek tertentu dalam suatu industri atau segmen pasar tertentu. Pangsa pasar dapat dihitung dengan membagi penjualan suatu produk atau jasa oleh perusahaan tertentu dengan total penjualan seluruh produk atau jasa di pasar yang sama. 

Semakin besar pangsa pasar suatu perusahaan dalam suatu industri, semakin besar pula pengaruhnya dalam menentukan harga, promosi, dan strategi pemasaran lainnya dalam industri tersebut.

5 Jenis Pangsa Pasar

Terdapat beberapa jenis pangsa pasar yang sering digunakan oleh perusahaan bisnis. Penggunaannya akan bergantung pada kebutuhan dan hasil yang diinginkan. Beberapa jenis pangsa pasar yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut ini.

1. Pangsa Pasar Absolut

Jenis pangsa pasar ini merupakan jenis yang mengukur persentase penjualan suatu produk atau jasa dalam pasar tertentu yang dikuasai oleh suatu perusahaan atau merek tertentu. Contohnya, jika sebuah perusahaan menjual 1 juta unit produk dan total penjualan seluruh produk di pasar tersebut sebesar 10 juta unit, maka pangsa pasar absolut perusahaan tersebut adalah 10%.

2. Pangsa Pasar Relatif

Selanjutnya adalah jenis pangsa pasar relatif. Ini merupakan jenis yang mengukur persentase penjualan suatu produk atau jasa dalam pasar tertentu yang dikuasai oleh suatu perusahaan atau merek tertentu. Kemudian, dibandingkan dengan pangsa pasar pesaing utamanya dalam pasar yang sama.

3. Pangsa Pasar Potensial

Kemudian, terdapat jenis pangsa pasar potensial. Jenis ini berfungsi untuk mengukur potensi pasar yang bisa diakses atau dikuasai oleh suatu perusahaan atau merek tertentu dalam pasar yang sama.

Baca Juga: Segmentasi Pasar: Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

4. Pangsa Pasar Efektif

Jenis pangsa pasar efektif berfungsi untuk mengukur seberapa efektif suatu perusahaan atau merek dalam mempertahankan pangsa pasarnya. Dengan catatan, perhitungannya berdasarkan jangka waktu tertentu.

5. Pangsa Pasar Dinamis

Jenis pangsa pasar yang terakhir adalah jenis dinamis. Tujuan pangsa pasar ini untuk mengukur seberapa cepat suatu perusahaan atau merek bisa meraih pertumbuhan pangsa pasarnya dalam jangka waktu tertentu. Nantinya, hasil akan dibandingkan dengan pesaingnya.

6 Manfaat Pangsa Pasar bagi Perusahaan

Apa alasan yang membuat pangsa pasar penting untuk diperhitungkan? Hal ini tentunya karena pangsa pasar memiliki beberapa manfaat untuk perusahaan. Mulai dari membantu evaluasi, menentukan posisi pesaing dan lain sebagainya. Berikut ini merupakan beberapa manfaat pangsa pasar yang layak untuk Anda pertimbangkan.

1. Membantu Evaluasi Performa Pemasaran

Pangsa pasar dapat mempermudah perusahaan untuk mengevaluasi kinerja pemasaran. Jika pangsa pasar meningkat, maka berarti pemasaran yang dilakukan telah efektif, sedangkan jika menurun maka perlu diidentifikasi masalahnya.

2. Menentukan Posisi Pesaing

Manfaat selanjutnya dari pangsa pasar adalah membantu menentukan posisi pesaing. Kemudian, hasil tersebut dapat mempermudah perusahaan menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk memperkuat posisinya.

3. Memperkuat Branding

Semakin besar pangsa pasar perusahaan, semakin besar pengaruh dan reputasi merek tersebut di pasar. Dengan mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar, perusahaan dapat memperkuat branding mereka.

Baca Juga: 3 Cara Efektif Mengidentifikasi Segmen dan Target Pasar

4. Meningkatkan Keuntungan

Selanjutnya, pangsa pasar dapat meningkatkan keuntungan. Ini merupakan manfaat utama yang sangat dibutuhkan dari pangsa pasar. Cara ini dapat efektif melalui peningkatan penjualan dan efisiensi operasional.

5. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Pangsa pasar juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi operasional. Tidak hanya itu, perusahaan juga dapat mengurangi biaya operasional.

6. Meningkatkan Daya Saing

Dengan mengetahui pangsa pasar dan posisi pesaing, perusahaan dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat. Nantinya, hasil ini digunakan untuk meningkatkan daya saing perusahaan dalam pasar.

Formula untuk Menghitung Pangsa Pasar

Terdapat beberapa formula yang dapat digunakan untuk menghitung pangsa pasar. Tentunya formula ini juga menyesuaikan dengan jenis dan besaran angka yang diperhitungkan. Berikut ini merupakan beberapa formula yang dapat Anda coba untuk menghitung pangsa pasar.

1. Pangsa Pasar Absolut:

  • Pangsa Pasar Absolut = Penjualan perusahaan / Total penjualan pasar x 100%

Contohnya, jika sebuah perusahaan menjual 1 juta unit produk dan total penjualan seluruh produk di pasar tersebut sebesar 10 juta unit. Formula tersebut akan menghasilkan pangsa pasar absolut perusahaan tersebut sebagai berikut ini.

  • Pangsa Pasar Absolut = 1 juta / 10 juta x 100% = 10%

2. Pangsa Pasar Relatif

  • Pangsa Pasar Relatif = Pangsa Pasar Absolut perusahaan / Pangsa Pasar Absolut pesaing x 100%

Contohnya, jika pangsa pasar absolut perusahaan A adalah 10% dan pangsa pasar absolut pesaingnya (perusahaan B) adalah 20%. Nantinya, pangsa pasar relatif perusahaan A dapat dihitung seperti berikut ini.

  • Pangsa Pasar Relatif = 10% / 20% x 100% = 50%

3. Pangsa Pasar Potensial

  • Pangsa Pasar Potensial = Total penjualan pasar – Penjualan perusahaan / Total penjualan pasar x 100%

Contohnya, jika total penjualan pasar adalah 10 juta unit dan penjualan perusahaan adalah 1 juta unit. Kemudian, pangsa pasar potensial perusahaan dapat menghasilkan analisis seperti ini.

  • Pangsa Pasar Potensial = 10 juta – 1 juta / 10 juta x 100% = 90%

Namun, formula yang digunakan untuk menghitung pangsa pasar dapat bervariasi tergantung pada konteks dan tujuan penghitungan tersebut. Oleh karena itu, perusahaan harus memastikan bahwa mereka menggunakan formula yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

banner

5 Cara Mengukur Pangsa Pasar

Lalu, bagaimana cara sebuah perusahaan dapat mengukur pangsa pasar? Beberapa cara dibawah ini dapat memberikan hasil analisis pangsa pasar yang dibutuhkan.

1. Survei

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah melakukan survei. Hal ini berguna untuk mengetahui seberapa banyak dari mereka yang menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Nantinya, hasil dari survei ini dapat dibandingkan dengan pesaing Anda.

2. Analisis Data Penjualan

Selanjutnya, Anda dapat melakukan analisis data penjualan. Dengan melihat data penjualan dan pesaing Anda, hasil analisis dapat menunjukkan seberapa banyak pasar yang Anda miliki.

3. Analisis Harga

Cara mengukur pangsa pasar selanjutnya adalah dengan melakukan analisis harga. Langkah ini bermanfaat untuk melihat seberapa banyak pasar yang mampu membeli produk atau jasa Anda dan pesaing Anda.

4. Analisis Geografis

Bagaimana analisis geografis dapat digunakan untuk mengukur pangsa pasar? Hal ini dikarenakan analisis geografis memberikan informasi mengenai minat pasar. Hasilnya berupa seberapa banyak pasar di suatu daerah yang tertarik dengan produk atau jasa perusahaan.

5. Analisis Pesaing

Menganalisis pesaing penting dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pangsa pasar mereka. Selanjutnya, tentukan bagaimana Anda dapat bersaing dengan mereka.

Cara Meningkatkan Pangsa Pasar

Meningkatkan pangsa pasar sama dengan membawa bisnis setingkat lebih sukses. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan pangsa pasar.

1. Meningkatkan Kualitas Produk atau Layanan

Produk atau layanan yang berkualitas dapat menarik pelanggan dan membuat mereka kembali menggunakan produk atau layanan tersebut. Dengan meningkatkan kualitas produk atau layanan, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperluas pangsa pasar mereka.

2. Memperkenalkan Produk Baru

Perusahaan dapat memperkenalkan produk atau layanan baru yang menarik dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Dengan memperluas portofolio produk, perusahaan dapat menjangkau pelanggan baru dan meningkatkan pangsa pasar mereka.

3. Memperkuat Branding

Branding yang kuat dapat membantu perusahaan memperkuat posisinya di pasar dan meningkatkan kesadaran merek. Dengan memperkuat branding mereka, perusahaan dapat memperluas pangsa pasar mereka dan menarik pelanggan baru.

4. Meningkatkan Strategi Pemasaran

Perusahaan dapat meningkatkan strategi pemasaran mereka untuk menjangkau pelanggan baru dan meningkatkan kesadaran merek. Dengan mengembangkan kampanye pemasaran yang efektif, perusahaan dapat menarik pelanggan baru dan memperluas pangsa pasar mereka.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Biaya Instagram Ads untuk Promosi Bisnis Anda!

5. Menjalin Kemitraan dengan Perusahaan Lain

Langkah selanjutnya, perusahaan dapat menjalin kemitraan dengan perusahaan lain untuk memperluas pangsa pasar mereka. Dengan bekerja sama dengan perusahaan lain, perusahaan dapat menjangkau pelanggan baru dan memperluas basis pelanggan mereka.

6. Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan

Ketika perusahaan memberikan layanan pelanggan yang baik, maka hal itu dapat membantu untuk mempertahankan pelanggan yang ada dan menarik pelanggan baru. Dengan meningkatkan kualitas layanan pelanggan mereka, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperluas pangsa pasar mereka.

Nah, itulah tadi informasi mengenai pangsa pasar yang perlu Anda ketahui. Semakin besar atau tingginya pangsa sebuah perusahaan bisnis, maka keuntungan pun dapat diperhitungkan secara lebih maksimal. Anda juga dapat menggunakan layanan analisis profesional untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Tertarik untuk mengembangkan bisnis dan meraih keuntungan maksimal? Yuk jangan ragu untuk menggunakan layanan jasa digital marketing agency. Toffeedev siap menyediakan berbagai layanan menarik khusus untuk Anda. Tenang, semua dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang diinginkan. Ingin tahu informasi lebih lanjut? Hubungi Toffeedev sekarang juga.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top