3 Cara Efektif Mengidentifikasi Segmen dan Target Pasar

mengidentifikasi segmen dan target pasar

Salah satu hal yang perlu dilakukan jika bisnis ingin tumbuh pesat ialah dengan memahami segmentasi pasar. Segmentasi pasar atau target pasar memiliki pengaruh yang signifikan dalam penjualan produk dan penerapan strategi bisnis. 

Meskipun segmentasi pasar adalah hal yang penting untuk dilakukan dalam memastikan pertumbuhan bisnis yang pesat, banyak pebisnis di Indonesia yang tidak mengetahui dengan jelas segmentasi pasar dari produk yang dijualnya. Hal ini dapat menyebabkan bisnis mereka berjalan tanpa adanya target pasar yang jelas sehingga sumber daya yang telah disediakan menjadi sia-sia. 

Lantas, sudahkah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar? Lalu, bagaimana cara efektif mengidentifikasi segmen dan target pasar? Untuk selengkapnya, simak pembahasannya dalam artikel berikut ini.

Pengertian Segmentasi dan Target Pasar

Segmentasi pasar adalah proses pembagian kelompok-kelompok kecil yang memiliki karakteristik dan kebutuhan yang serupa. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat mengidentifikasi kelompok pelanggan yang paling potensial dan menyesuaikan strategi pemasaran dan produk atau layanan mereka untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

Sedangkan, pengertian target pasar adalah sekelompok orang yang menjadi sasaran dari suatu produk atau layanan. Hal ini termasuk bagian penting dari strategi pemasaran, karena membantu perusahaan menentukan cara terbaik untuk mencapai audiens yang ditargetkan dan mempromosikan produk atau layanan kepada mereka. 

Untuk menentukan target pasar yang tepat, pebisnis harus berupaya mengelompokkan masyarakat menggunakan segmentasi yang sesuai. Artikel ini akan membantu pebisnis mengumpulkan data dan mengolahnya untuk menentukan segmen pasar yang paling sesuai dengan karakteristik bisnis yang sedang dijalankan. 

Baca Juga: Memahami Segmentasi, Targeting, Positioning, dan Contohnya

3 Cara Efektif Mengidentifikasi Segmen Dan Target Pasar

Strategi segmentasi pelanggan dibagi menjadi beberapa cara. Berikut penjelasannya:

1. Segmentasi Perilaku

Dalam segmentasi berdasarkan perilaku pelanggan, masyarakat dikelompokkan menurut kebiasaan, tingkat penggunaan, dan pola pengambilan keputusan mereka. Contohnya, produk Apple lebih banyak digunakan oleh pengguna premium yang lebih suka produk yang eksklusif dan prestisius, sementara produk Samsung lebih banyak digunakan oleh pengguna Android karena memiliki lebih banyak aplikasi gratis.

2. Segmentasi Geografis

Segmentasi geografis juga penting untuk dipertimbangkan dalam menentukan target pasar karena masyarakat dari satu negara ke negara lain, atau dari satu daerah ke daerah lain, pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Mereka juga mungkin memiliki alasan yang berbeda ketika menggunakan produk tertentu. 

Contohnya, sebuah produk jaket lebih cocok ditawarkan kepada pelanggan di daerah pegunungan, tetapi tidak cocok jika ditawarkan kepada penduduk di dataran rendah. Oleh karena itu, tipe segmentasi geografis dapat membantu perusahaan mencapai target pasar yang tepat.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Market Segmentation

3. Segmentasi Demografis

Segmentasi demografis merupakan salah satu cara yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk menentukan target pasar bagi produk mereka karena mudah dilakukan. Dalam segmentasi demografis, masyarakat dikelompokkan berdasarkan faktor demografis seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, tingkat pendidikan, dan status perkawinan.

Misalnya, sebuah perusahaan all you can eat mungkin menargetkan orang-orang yang berusia 25-34 tahun, berpendapatan tinggi, dan sudah menikah sebagai target pasar utama mereka. 

banner

Pentingnya Mengidentifikasi Segmen dan Target Pasar

Selain untuk meningkatkan efisiensi pemasaran dengan fokus pada segmen tertentu, terdapat berbagai kepentingan lain dari segmentasi pasar yang harus diketahui. Berikut penjelasannya!

1. Mengetahui Kompetitor Bisnis

Salah satu tujuan utama dari segmentasi pasar adalah untuk mengetahui kompetitor bisnis Anda lebih dalam. Anda dapat melihat siapa target konsumen dan jumlah kompetitor yang ada di dalamnya dengan melakukan segmentasi pasar.

Hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan strategi pemasaran yang sesuai untuk bisnis Anda. Anda juga dapat mempelajari, mengikuti, atau menjadikan bahan evaluasi berbagai taktik pemasaran yang digunakan oleh kompetitor untuk menarik minat pelanggan.

Baca Juga: Ketahui Segmenting Bisnis Anda dengan Strategi STP

2. Meningkatkan Pelayanan

Upaya ini berguna untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti meningkatkan kualitas produk atau layanan, meningkatkan kecepatan dan efisiensi proses, menyediakan layanan tambahan, atau meningkatkan kepuasan pelanggan dengan cara lain. 

Perusahaan akan dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan, serta meningkatkan keuntungan bisnis secara keseluruhan.

3. Sebagai Bahan Evaluasi Perusahaan

Segmentasi pasar dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi perusahaan untuk mengevaluasi strategi pemasaran yang sedang dijalankan. Perusahaan dapat mengetahui segmen pasar mana yang paling menguntungkan dan menjadi target pasar utama mereka. 

Selain itu, perusahaan juga dapat mengevaluasi bagaimana strategi pemasaran mereka berdampak pada segmen pasar tertentu, dan melakukan perubahan strategi jika diperlukan. Segmentasi pasar juga dapat digunakan untuk membandingkan performa perusahaan dengan kompetitor, sehingga perusahaan dapat mengetahui posisi mereka dibandingkan dengan pesaing bisnis lainnya.

4. Meningkatkan Efektivitas Strategi Pemasaran

Perusahaan dapat meningkatkan efektivitas strategi pemasaran mereka dengan memfokuskan usaha pemasaran pada segmen pasar yang paling menguntungkan. Untuk mengetahui target pasar yang tepat, perusahaan dapat menyajikan pesan pemasaran kepada audiens yang ditargetkan, sehingga lebih efektif dalam mencapai tujuan pemasaran. 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Targeting dalam Pemasaran

Apabila sudah mendapatkan profil target pemasaran produk yang ingin dituju, sekarang Anda dapat mulai menentukan strategi pemasaran apa yang paling sesuai dengan mereka. Salah satu strategi pemasaran yang paling umum digunakan saat ini adalah Digital Marketing. Bahkan Anda dapat menerapkan strategi ini pada berbagai kalangan target pasar yang ingin dituju.

Dari banyaknya strategi pemasaran di dunia digital, Anda bisa mulai mencobanya dengan menggunakan strategi SEO dan Facebook Ads. Untuk informasi lebih lanjut dan berkonsultasi dengan tim profesional, Anda dapat langsung menghubungi ToffeeDev sekarang juga!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top