7 Strategi Membuat Shoppable Content yang Menarik

shoppable content

Di era digital yang serba cepat ini, kita dihadapkan pada tantangan besar untuk menarik perhatian dan minat konsumen yang makin tinggi. Taktik tradisional seperti iklan dan brosur sudah tidak cukup untuk menjangkau audiens yang luas. Oleh karena itu, shoppable content hadir sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan engagement dan mendorong penjualan.

Dalam artikel ini, ToffeeDev akan memandu untuk memahami shoppable content sehingga Anda dapat meningkatkan penjualan dan meraih kesuksesan dalam bisnis. Untuk itu, baca sampai selesai artikel di bawah ini!

Apa Itu Shoppable Content?

Shoppable content merupakan konten digital yang memungkinkan pengguna untuk langsung membeli produk yang ditampilkan. Tujuan utama shoppable content adalah untuk menyederhanakan proses belanja bagi konsumen, sehingga mereka bisa dengan mudah bertransaksi saat tertarik oleh konten yang mereka lihat.

Shoppable content bekerja dengan cara mengintegrasikan pengalaman berbelanja langsung ke dalam konten yang dinikmati oleh pengguna. Misalnya, sebuah postingan Instagram yang menampilkan foto produk dengan tag yang langsung mengarahkan pengguna ke halaman pembelian produk tersebut.

Banner Ads - General 2

Manfaat Menggunakan Shoppable Content

Shoppable content menawarkan segudang manfaat bagi para pelaku bisnis, tidak hanya dalam meningkatkan penjualan, tetapi juga dalam hal engagement dan brand awareness. Berikut manfaat dari shoppable content.

Baca Juga: 7 Tools AI untuk Content Creator yang Powerful

1. Meningkatkan Penjualan dan Konversi

Shoppable content menghilangkan kerumitan dalam proses pembelian online. Dengan menempatkan tombol “beli” pada konten, konsumen tidak perlu lagi mencari produk di website lain, membandingkan harga, atau melalui proses checkout yang panjang. Kemudahan ini berujung pada peningkatan konversi penjualan secara signifikan.

2. Memberikan Pengalaman Berbelanja yang Menyenangkan

Tidak hanya sekadar menampilkan produk, shoppable content juga berfungsi sebagai media edukasi dan hiburan bagi konsumen. Mengintegrasikan link ke video tutorial, ulasan pelanggan, atau cerita menarik di balik produk ke dalam konten membuat Anda menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan dan informatif bagi konsumen.

3. Meningkatkan Engagement dengan Konten

Melalui shoppable content konsumen tidak lagi hanya pasif membaca atau menonton, mereka dapat langsung berinteraksi dengan produk yang ditampilkan. Hal ini meningkatkan engagement dengan konten Anda, yang membuat konsumen akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menjelajahinya, dan berpotensi untuk membeli produk lain yang direkomendasikan.

4. Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Shoppable content dapat diintegrasikan ke berbagai platform, seperti media sosial, blog, website, bahkan email marketing. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens yang lebih luas di tempat mereka berada. Misalnya, dengan menggunakan tag produk pada postingan Instagram, Anda dapat menjangkau audiens yang aktif di platform tersebut dan berpotensi mengubahnya menjadi pelanggan.

Jenis-Jenis Shoppable Content

Ada berbagai jenis shoppable content yang bisa Anda manfaatkan dalam strategi pemasaran. Masing-masing jenis memiliki keunggulan dan cara kerja yang unik, sehingga memungkinkan Anda untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik audiens. Berikut jenis-jenis shoppable content.

1. Shoppable Images

Shoppable images merupakan gambar yang memungkinkan pengguna untuk mengklik item yang ada di dalamnya dan langsung diarahkan ke halaman produk. Jenis konten ini sering digunakan di platform seperti Instagram, di mana visual memainkan peran penting dalam menarik perhatian konsumen.

Shoppable Images

2. Shoppable Videos

Shoppable videos adalah video yang berisi produk yang dapat dibeli langsung dari video tersebut. Pengguna dapat mengklik item yang muncul di video dan langsung diarahkan ke halaman produk.

Video merupakan medium yang sangat efektif dalam menarik perhatian dan menyampaikan informasi dengan cara yang menarik. Dengan shoppable videos, Anda dapat memberikan pengalaman yang dinamis dan interaktif kepada pengguna, sehingga meningkatkan kemungkinan konversi.

3. Shoppable Articles

Berbeda dengan gambar dan video yang mengandalkan visual ,shoppable articles membuat link langsung ke produk yang disebutkan di dalamnya, sehingga memudahkan pembaca untuk melakukan pembelian tanpa harus meninggalkan halaman artikel.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Artikel SEO Friendly yang Menarik

4. Shoppable Social Media Posts

Shoppable social media posts merupakan postingan di media sosial yang dilengkapi dengan tag produk yang dapat langsung dibeli langsung dari postingan tersebut. Instagram dan Facebook menjadi contoh platform yang mendukung jenis konten ini.

Strategi Membuat Shoppable Content

Untuk memastikan shoppable content Anda efektif dalam menarik perhatian pengguna dan mendorong konversi, ada beberapa strategi yang dapat diterapkan. Simak dengan saksama!

1. Fokus pada Visual yang Menarik

Visual yang menarik dan berkualitas tinggi adalah kunci dalam shoppable content. Untuk itu, pastikan gambar dan video yang Anda gunakan tidak hanya menampilkan produk dengan jelas, tetapi juga dapat memukau pengguna untuk melakukan aksi pembelian.

Banner Ads - Ebook 2

2. Buat Konten yang Relevan dan Inspiratif

Konten yang relevan dan inspiratif memiliki daya tarik yang kuat bagi pengguna. Cobalah untuk menciptakan cerita atau skenario di mana produk Anda menjadi solusi dalam permasalahan.

3. Gunakan Call to Action yang Jelas

Call to action yang jelas dan langsung ke poin sangat penting dalam shoppable content. Beri tahu pengguna apa yang harus mereka lakukan selanjutnya dengan jelas, apakah itu mengklik untuk membeli atau mengunjungi halaman produk. CTA yang kuat dan sesuai konteks akan membantu mengarahkan pengguna ke langkah berikutnya dalam proses pembelian.

Manfaatkan Platform yang Tepat

4. Manfaatkan Platform yang Tepat

Setiap platform memiliki karakteristik uniknya sendiri.Maka dari itu, pilih platform yang tepat untuk jenis shoppable content Anda. Misalnya, Instagram sangat cocok untuk shoppable images dan videos, sementara blog atau website lebih sesuai untuk shoppable articles. Menyesuaikan konten dengan platform akan membantu meningkatkan efektivitas dan jangkauan kampanye Anda.

5. Optimalkan untuk Mobile

Optimalkan shoppable content Anda untuk tampilan mobile, mengingat banyaknya pengguna yang mengakses konten melalui perangkat mobile. Pastikan pengalaman berbelanja melalui ponsel mudah, cepat, dan intuitif agar pengguna tidak mengalami kesulitan dalam navigasi atau bertransaksi.

Baca Juga: Membangun Website Mobile Friendly: Mengapa Hal Ini Penting dalam SEO?

6. Analisis dan Sesuaikan

Pantau performa shoppable content Anda secara berkala dengan menggunakan alat analytics. Analisis tersebut akan membantu dalam memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan konten. Dengan informasi ini, Anda dapat melakukan penyesuaian untuk meningkatkan efektivitas kampanye selanjutnya.

Banner Ads - Lead Gen 2

7. Sertakan Ulasan dan Testimoni

Ulasan dan testimoni dari pelanggan lain merupakan bukti yang sangat kuat dalam memengaruhi keputusan pembelian. Untuk itu, sertakan ulasan positif dan testimoni dalam shoppable content Anda untuk meningkatkan kepercayaan pengguna dan membantu mereka merasa lebih yakin untuk membeli produk.

Setelah memahami secara mendalam mengenai konsep dan strategi shoppable content, Anda kini memiliki dasar yang kuat untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan dan efektif bagi konsumen.

Namun, jika Anda merasa membutuhkan bantuan lebih lanjut dalam menjangkau audiens yang lebih luas, ToffeeDev siap membantu. Kami adalah mitra yang siap menyediakan layanan terbaik dalam hal optimasi website, SEO, iklan media sosial, dan berbagai strategi pemasaran digital lainnya melalui jasa Digital Marketing. Dengan bantuan kami, Anda dapat mencapai kesuksesan yang lebih besar dalam bisnis.

Jangan ragu untuk menjadwalkan konsultasi sekarang dan mulailah perjalanan menuju kesuksesan bersama!

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top