12 Strategi Pemasaran Perusahaan Indofood: Panduan Meningkatkan Keberhasilan Bisnis

strategi pemasaran perusahaan indofood

Strategi pemasaran perusahaan Indofood mencakup berbagai aspek yang dirancang dengan cermat untuk memperkuat daya saing dan meningkatkan keberhasilan bisnisnya. Indofood sebagai salah satu pionir dalam industri makanan dan minuman di Indonesia berhasil menempatkan bisnisnya sebagai pemimpin dalam menyajikan produk berkualitas tinggi dengan cita rasa yang lezat. 

Berbagai produk Indofood yang ikonik, seperti Indomie telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya kuliner Indonesia. Namun, prestasi Indofood tidak hanya berhenti sebatas domestik karena kualitas dan keunikan rasa produk Indofood telah meraih pengakuan internasional. Lalu, strategi apa yang diterapkan Indofood dalam pemasarannya yang sukses tersebut? Simak informasi selengkapnya dalam artikel ini!

Sejarah Singkat Perusahaan Indofood

Indofood Sukses Makmur Tbk adalah perusahaan makanan dan minuman terbesar di Indonesia. Didirikan oleh Sudono Salim sejak tahun 1990, perusahaan ini telah tumbuh pesat dan menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Pada awalnya, Indofood dikenal sebagai PT Panganjaya Intikusuma. Selanjutnya, berganti nama menjadi PT Indofood Sukses Makmur pada 1994. 

Sejak saat itu, perjalanan Indofood dalam industri makanan terus berkembang pesat. Indofood terus memperluas portofolio produknya dengan mengakuisisi berbagai perusahaan makanan dan minuman lokal. 

Dalam beberapa dekade terakhir, Indofood tidak hanya berkembang di pasar domestik, tetapi juga melakukan ekspansi ke pasar internasional. Langkah ini menjadikan produk-produk Indofood dikenal di berbagai belahan dunia.

Sejarah Singkat Perusahaan Indofood

Strategi Pemasaran Perusahaan Indofood

Indofood sebagai salah satu pemain utama di industri makanan dan minuman telah menerapkan serangkaian strategi pemasaran yang cerdas untuk memperkuat posisinya di pasar. Mulai dari riset pasar hingga ekspansi internasional, berikut sejumlah strategi kunci yang membantu Indofood membangun dan mempertahankan dominasinya.

Baca Juga: Contoh Strategi Pemasaran Produk Baru untuk Meningkatkan Penjualan dan Menonjol di Pasar

1. Melakukan Survei Pasar

Di era yang dinamis dan kebutuhan konsumen yang terus berkembang, Indofood memahami pentingnya mendengarkan pasar. Survei pasar Indofood mencakup identifikasi kebutuhan konsumen sekaligus penerapan konsep segmenting, targeting, dan positioning (STP), serta menerapkan marketing mix 4P (product, place, price, promotion). 

Adapun penerapan konsep STP menjadi langkah kunci dalam menyusun strategi pemasaran yang sesuai dengan karakteristik setiap segmen pasar. Sementara itu, marketing mix 4P memastikan bahwa setiap aspek pemasaran, mulai dari produk itu sendiri, distribusi, penetapan harga, hingga promosi, dijalankan secara seimbang dan optimal. Informasi ini memberikan landasan kuat untuk strategi pemasaran yang lebih terarah.

2. Membuat Jingle dan Slogan di Setiap Produk

Ketika kita berbicara tentang branding yang kuat, jingle dan slogan menjadi kunci untuk menciptakan pemasaran yang efektif. Slogan legendaris seperti “Indomie seleraku” bukan hanya sekadar kata-kata, tetapi telah menjadi bagian dari budaya populer di Indonesia. 

Bukan hanya itu saja, Indofood juga membuat sejumlah jingle yang biasanya hadir dalam iklan untuk setiap produknya. Menariknya, jingle dan slogan yang dibuat Indofood ini menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Hal ini menjadi bukti bagaimana Indofood membangun citra merek yang kuat melalui elemen-elemen yang mudah dikenali.

Banner Ads - General 2

3. Memiliki Diferensiasi Produk

Portofolio produk yang luas adalah salah satu kekuatan Indofood. Indofood berhasil memosisikan dirinya sebagai pemimpin pasar yang memberikan kepuasan kepada pelanggannya melalui variasi produk yang beragam, mulai dari makanan, minuman, biskuit, hingga makanan anak. Diferensiasi produk ini juga dapat membantu segmentasi pasar yang lebih spesifik.

4. Memiliki Banyak Anak Perusahaan

Dalam menjalankan operasionalnya, Indofood menghadirkan keberagaman produk melalui anak perusahaan. Beberapa anak perusahaan Indofood, di antaranya adalah Indomie, La Fonte, Qtela, JetZ, Indomilk, Milkuat, Trenz, Bogasari, dan Bimoli. 

Pada dasarnya, anak perusahaan dapat membantu perusahaan utama untuk memisahkan merek atau produk tertentu ke dalam segmen pasar tertentu. Ini memungkinkan fokus pemasaran yang lebih jelas dan penyesuaian strategi pemasaran dengan karakteristik khusus dari segmen pasar tersebut.

5. Melakukan Segmentasi Pasar

Melakukan segmentasi pasar merupakan langkah cerdas yang ditempuh oleh Indofood untuk lebih memahami preferensi konsumen. Melalui identifikasi kelompok-kelompok konsumen yang memiliki kebutuhan dan preferensi serupa, Indofood dapat menyajikan produk dan pesan pemasaran yang lebih sesuai dengan karakteristik unik masing-masing segmen. 

Pentingnya segmentasi pasar juga tercermin dalam kemampuan Indofood untuk menghadirkan inovasi produk yang tepat sasaran. Ini memungkinkan bisnis untuk menghadirkan produk dan pesan iklan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi setiap kelompok segmen.

6. Menjalin Kemitraan Strategis

Pada era globalisasi ini, kemitraan strategis menjadi landasan yang sangat penting. Kesadaran akan pentingnya kerjasama saling menguntungkan mendorong Indofood untuk menjalin kolaborasi yang solid dengan mitra lokal maupun internasional. 

Sebagai contoh, Indofood melalui Indomilk bermitra dengan PSSI dengan menjadi sponsor resmi Tim Nasional Sepak Bola Indonesia. Dikutip laman resmi PSSI, selain mendukung dunia sepak bola tanah air, kemitraan ini juga ingin memperkenalkan produk baru Indomilk secara lebih luas. 

7. Menyesuaikan Produk Terhadap Budaya Negara Tertentu

Tantangan yang dihadapi oleh Indofood di Taiwan pada tahun 2010 mewakili momen kritis yang mendorong perusahaan untuk lebih memahami dan menyesuaikan budaya setiap pasar internasionalnya. Pihak berwenang Taiwan mengumumkan adanya dua bahan pengawet terlarang dalam kandungan produk mi instan Indomie.

Dalam menghadapi tantangan ini, Indofood tidak hanya berfokus pada pemenuhan regulasi setempat, tetapi juga menyesuaikan dengan budaya setempat. Melalui pemahaman yang lebih dalam terhadap preferensi dan kebutuhan konsumen Taiwan, Indofood mampu menyesuaikan formulasi produknya secara tepat. 

Baca Juga: 3 Cara Untuk Menyederhanakan Budaya Perusahaan Dan Membangun Kepercayaan

8. Membangun Pabrik di Luar Negeri

Ekspansi internasional bukan hanya tentang ekspor, tetapi juga hadir secara fisik di pasar luar negeri. Pabrik Indofood telah hadir di  berbagai negara, termasuk Arab Saudi, Nigeria, Mesir, Turki, hingga Suriah. 

Kehadiran fisik dalam bentuk pabrik memungkinkan Indofood untuk lebih responsif terhadap dinamika pasar lokal. Perusahaan dapat dengan cepat menyesuaikan strategi produksi dan pemasaran sesuai dengan perubahan kebutuhan dan tren konsumen.

Banner Ads - Ebook 2

9. Mempertahankan Kualitas Produk

Mempertahankan standar kualitas yang tinggi merupakan pilar utama dalam strategi pemasaran Indofood. Perusahaan ini telah memastikan bahwa setiap tahap dalam proses produksi sesuai dengan standar yang ketat. 

Proses tersebut tidak hanya mencakup kontrol kualitas bahan baku, tetapi juga pengawasan ketat selama produksi hingga produk jadi. Dalam pasar internasional, Indofood berkomitmen untuk mematuhi standar internasional yang tercermin dari perolehan sertifikasi halal dan sertifikasi ISO 9001:2008 untuk sistem manajemen mutu atau kualitas.

10. Menggunakan Pendekatan Customer-Centric

Keberhasilan suatu perusahaan tak lepas dari kemampuannya mendengarkan dan merespons kebutuhan konsumen. Indofood sebagai pemimpin di industrinya sangat memahami betul pentingnya pendekatan customer-centric.

Sebagai contoh, ketika banyak keluhan tentang ukuran porsi Indomie yang dianggap kurang, Indofood langsung mengambil langkah konkrit. Dalam menanggapi hal tersebut, Indofood langsung menciptakan varian baru, yakni Indomie Jumbo sebagai solusi proaktif terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen. Keputusan ini dapat menunjukkan dedikasi perusahaan untuk memberikan pengalaman konsumen yang lebih baik.

Baca Juga: 7 Cara Menentukan Harga Jual Produk Atau Jasa

11. Menerapkan Strategi Harga Rendah

Indofood memahami bahwa strategi biaya rendah bukan hanya sekadar tentang mereduksi harga produk, melainkan lebih pada efisiensi pengeluaran. Melalui pengelolaan sumber daya yang cermat, perusahaan ini berhasil mempertahankan nilai dan kualitas produk tanpa memberikan beban finansial berlebihan kepada konsumen.

Indofood mengoptimalkan setiap aspek rantai pasokan, produksi, dan distribusi melalui pendekatan harga rendah, . Pengeluaran yang efisien memungkinkan perusahaan untuk menahan tekanan inflasi dan fluktuasi biaya dan menjaga agar harga tetap terjangkau tanpa mengorbankan kualitas. 

Banner Ads - Lead Gen 2

12. Melakukan Pemasaran Offline dan Online

Indofood berhasil mengimplementasikan strategi pemasaran secara menyeluruh dan inklusif dengan memanfaatkan beragam kanal komunikasi. Tak hanya melibatkan media cetak, seperti majalah dan surat kabar, Indofood juga memanfaatkan kekuatan media sosial, platform digital, papan reklame, hingga billboard. Pilihan ini memastikan bahwa pesan pemasaran Indofood dapat sampai ke dalam setiap lapisan masyarakat.

Melalui promosi di media cetak, Indofood mengukuhkan kehadirannya di koridor tradisional. Namun, pemasaran online juga menjadi fokus utama. Media sosial menjadi wadah efektif bagi Indofood untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, merespons umpan balik, dan menyebarkan konten yang menarik. 

Dengan demikian, strategi pemasaran perusahaan Indofood yang dilakukan dari tahun ke tahun berhasil membuat bisnis ini lebih dikenal di pasar domestik maupun internasional. Mulai dari melakukan segmentasi pasar hingga ekspansi global, setiap langkah pemasaran Indofood didorong oleh pemahaman mendalam tentang konsumen dan dinamika pasar. Keberhasilan ini tentunya yang menjadikan Indofood sebagai ikon tak tergantikan dalam selera masyarakat.

ToffeeDev dengan pengalaman dan komitmen dalam dunia digital marketing dapat menjadi mitra yang tepat untuk membantu mengarahkan keberhasilan bisnis digital Anda. Melalui layanan jasa digital marketing tepercaya, ToffeeDev menawarkan keahlian dalam merancang strategi pemasaran yang efektif dengan memahami dinamika pasar yang terus berubah.

Jangan lewatkan peluang untuk mengoptimalkan visibilitas online bisnis Anda. Hubungi ToffeeDev sekarang untuk mendapatkan solusi digital marketing yang optimal. Jadwalkan konsultasi gratis dengan kami sekarang!

Sumber rujukan:

  • https://www.indomie.co.id/About/History 
  • https://binus.ac.id/bandung/creativepreneurship/2022/04/10/bagaimana-marketing-strategy-sukses-studi-kasus-pt-indofood-sukses-makmur-tbk/ 
  • https://prin.or.id/index.php/mri/article/download/639/702 
  • https://binus.ac.id/bandung/creativepreneurship/2022/04/10/implementasi-strategi-pemasaran-pada-pt-indofood-serta-manfaat-untuk-pengembangan-umkm 

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top