Cara Daftar AdSense YouTube

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Cara daftar AdSense YouTube adalah poin penting yang perlu Anda pahami jika ingin menghasilkan pendapatan dari platform berbagi video ini. Pasalnya, AdSense-lah yang menjadi kunci bagaimana para kreator di YouTube mendapat pundi-pundi penghasilan hingga milyaran rupiah.

AdSense sendiri merupakan program kerjasama periklanan melalui internet yang diselenggarakan oleh Google. Karena itu, jangan heran kalau selama beberapa tahun terakhir, video-video di YouTube kerap terjadi dan terisi iklan dibandingkan video di YouTube bertahun-tahun sebelumnya. Tentunya, pada periode itu pula monetisasi video di YouTube mulai terlaksana secara masif.

Bagaimana Cara Daftar Adsense YouTube dengan mudah untuk Pemula?

Siapa saja dapat mendaftar AdSense YouTube untuk mendapat keuntungan secara materi atas hasil karyanya. Adapun beberapa langkah pendaftaran AdSense YouTube adalah sebagai berikut.

1. Buat Akun YouTube

Anda dapat membuat akun YouTube menggunakan akun Gmail. Kalau sudah memilikinya, akses saja untuk meneruskan proses log in.

2. Akses Dasbor

Usai berhasil log in ke YouTube, saatnya Anda masuk ke menu pengaturan. Klik Icon Profile, lanjutkan dengan pilihan Setting. Pilih kembali Icon Profile, lalu pilih Creator Studio untuk masuk dan mulai melakukan pengaturan pada dasbor alias ‘studio’ Anda sendiri.

Dasbor Creator Studio adalah dasbor yang dikembangkan oleh Google bagi para kreator di platform YouTube. Seperti namanya, dasbor ini terdiri atas berbagai tool untuk memudahkan Anda dan kreator lainnya dalam mengelola video dan akun YouTube masing-masing. Anda dapat mengunggah video, memoderasi komentar, mengakses statistik analitis, mengelola video yang sudah tayang, hingga mendaftar YouTube AdSense.

3. Mulai Memonetisasi

Anda dapat mulai mengatur monetisasi meski belum memiliki video yang diunggah. Pada bagian Chanel di dasbor Creator Studio, klik Others Features dan lanjutkan dengan pilihan Monetization.

Anda akan dibawa menuju laman YouTube Partner Program. Di sinilah inti pendaftaran YouTube AdSense dilakukan. Adapun secara umum terdapat tiga langkah yang perlu dipenuhi sebagai berikut.

Baca Juga: Cara Monetisasi Video Youtube Yang Bisa Anda Coba

4. Persetujuan YouTube Partner Program

Anda akan menemui beberapa pernyataan yang berisi aturan yang berlaku dalam YouTube Partner Program. Agar tak menimbulkan konflik di belakang, pahami dengan baik setiap poinnya. Jika sudah memahami dan menyetujuinya, lanjutkan dengan klik I accept setelah mencentang pernyataan-pernyataan wajib maupun opsional yang tersedia.

5. Hubungkan Akun YouTube dengan AdSense

Anda akan diminta untuk membuat akun AdSense. Isilah nama dan beberapa informasi lainnya pada formulir yang tersedia. Setelah itu, selesaikan dengan klik pilihan Create Account. 

Jika akun AdSense sudah terbuat, maka Anda akan kembali diminta mengisi beberapa informasi pada formulir lainnya. Pastikan Anda mengisi dengan benar sebab Google akan mengirim kode verifikasi saat saldo AdSense siap dicairkan pada alamat yang didaftarkan. Klik Submit untuk menyelesaikannya.

6. Atur Pilihan Monetisasi

Langkah ini adalah untuk mengatur posisi iklan yang akan ditampilkan saat pengajuan AdSense YouTube diterima. Klik Start pada Set Monetization Preference di laman Monetization. Sebagai catatan, posisi iklan ini juga dapat menjadi penentu besarnya uang yang dapat Anda peroleh dari iklan pada video. 

Itulah 6 cara daftar AdSense YouTube. Mudah, bukan?

Kendati begitu, Anda juga perlu tahu bahwa Anda perlu mendapatkan setidak-tidaknya total 4.000 jam tayang dan 1.000 subscriber dalam waktu secepatnya-cepatnya jika ingin mendapat AdSense. Maka dari itu, pastikan bahwa Anda menyediakan video yang layak—baik secara konten maupun teknis—untuk menarik perhatian viewers youtube sehingga mencapai batas minimum tersebut. 

Selamat berkarya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Kategori
Step bye step SEO
SEO Strategi E Book
RTT5VI1
336 x 280

Related Post