Siap-Siap Laris Manis, 12 Cara Jualan Online untuk Pemula

Cara Jualan Online untuk Pemula

Berjualan online bukan lagi dianggap sebagai tren semata. Hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia menganggap bahwa berjualan online telah menjadi langkah revolusioner di dunia bisnis. Cara jualan online untuk pemula pun praktis dilakukan sehingga tak sedikit orang yang berlomba-lomba menghasilkan keuntungan dari kegiatan ini. 

Bagi Anda yang baru terjun ke dunia bisnis online, apakah Anda mengetahui langkah praktisnya? Simak artikel ini sampai selesai untuk menemukan jawabannya.

Mengenal Konsep Berjualan Online

Konsep berjualan online sangatlah sederhana. Anda hanya perlu menawarkan dagangan melalui media sosial, website, atau situs e-commerce kepada pengguna internet. Lalu, mereka akan membeli dagangan tersebut, membayar dengan sistem pembayaran secara daring, dan Anda mengirimkan produk pesanan ke alamat yang dituju.

Layaknya berjualan secara langsung, pembeli tidak datang secara sendirinya. Anda harus melakukan promosi atau melancarkan strategi pemasaran untuk mendatangkan pembeli. Strategi pemasaran tersebut dilakukan secara digital atau online melalui platform yang tersedia, baik berupa media sosial maupun website.

Baca Juga: Mengetahui Cara Formulasi Strategi Bisnis Online yang Baik

Apa Perbedaan Berjualan Online dengan Berjualan Secara Konvensional?

Perbedaan Berjualan Online dengan Berjualan Secara Konvensional

Perbedaan antara berjualan online dan konvensional (offline) dapat disimpulkan dari platform atau media yang digunakan. Anda membutuhkan lapak atau toko untuk berjualan dengan metode konvensional. Sebaliknya, cara jualan online dilakukan melalui platform yang tersedia di internet, salah satunya media sosial.

Namun, ada lagi perbedaan lain antara dua metode berjualan tersebut, yaitu jam operasional toko. Toko online bisa beroperasi selama 24 jam tanpa mengenal batas waktu. Konsumen bisa membeli barang dan menghubungi toko online kapan pun meskipun Anda baru bisa melayani mereka saat jam produktif. Keuntungan ini belum tentu dirasakan oleh pemilik toko offline.

Baca Juga: Macam-macam Strategi Promosi Bisnis yang Perlu Anda Ketahui

12 Cara Jualan Online untuk Pemula yang Manjur Dicoba

Anda pasti sudah mendengar berbagai kelebihan berjualan online, khususnya bagi pemula. Ya, metode jualan ini tidak hanya praktis dan fleksibel, tetapi cocok pula dijalankan oleh pengusaha yang masih hijau. Bisnis ini tidak memerlukan modal besar, bahkan bisa dijalankan dengan metode reseller atau dropshipper.

Di balik sejumlah keuntungan tersebut, ada langkah-langkah yang harus diterapkan jika ingin berhasil dalam berjualan online. Apa saja?

1. Cari Tahu Minat Target Pasar

Anda mungkin sudah memiliki ide produk yang ingin dijual atau diproduksi. Namun, perhatikan juga minat target pasar terhadap produk Anda. Cari tahu produk yang dibutuhkan, platform untuk berbelanja, perilaku media sosial mereka, dan sebagainya.

2. Pilih Produk yang Ingin Dijual

Dari hasil riset minat pasar tersebut, pilihlah jenis produk barang atau jasa yang ingin dijual. Tidak ada salahnya menjual produk sesuai passion atau keahlian Anda supaya lebih enjoy saat menjalankan bisnisnya.

3. Pilih Platform yang Tepat

Di mana target pasar berada, di situlah Anda harus menjual produknya. Banyak sekali media yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis pemula, terutama media sosial atau marketplace. Anda pun bisa mengadakan live shopping apabila stok barang yang tersedia hanya satu buah per jenisnya.

Baca Juga: 13 Cara Memperkenalkan Produk Baru Agar Cepat Dikenal Konsumen

4. Buat Foto dan Deskripsi Produk Sedetail Mungkin

Foto produk bukan sekadar ‘senjata’ agar feeds toko online terlihat menarik, tetapi dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan pula. Lengkapi unggahan foto produk dengan deskripsi selengkap mungkin di kolom caption-nya. Pelanggan makin memahami produk Anda apabila dilengkapi deskripsi yang detail.

5. Maksimalkan Media Sosial

Manfaatkan setiap fitur media sosial untuk mempromosikan produk Anda secara organik. Akun Instagram Anda, contohnya, bisa diubah menjadi akun bisnis supaya pelanggan tahu informasi kontak dan galeri produk. Tidak hanya itu, Anda bisa memantau metrik kunjungan profil Instagram dan link dengan mudah.

Maksimalkan Media Sosial

6. Tentukan Unique Selling Point

Kompetisi bukan hal yang dihindari lagi dalam berjualan online. Oleh karena itu, tentukan Unique Selling Point (USP) untuk menunjukkan keunikan produk atau bisnis Anda dibandingkan kompetitor lainnya. Analisis kompetitor, kemudian tambahkan fitur yang tidak mereka miliki dalam produk Anda.

7. Bijaklah dalam Memberi Diskon

Diskon dan bentuk insentif lainnya, seperti gratis ongkir, produk gratis, atau giveaway memang selalu menarik di mata konsumen. Namun, Anda harus bijak saat memberikan diskon supaya tidak buntung. Cukup adakan promosi di momen tertentu, contohnya momen hari raya, launching produk baru, tanggal gajian, dan sebagainya.

8. Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

Bangun kepercayaan konsumen Anda dengan menyediakan metode pembayaran yang tepercaya. Dompet digital bisa menjadi alternatif metode pembayaran jika pelanggan tidak memiliki rekening bank.

Baca Juga: Suggestive Selling: Arti dan 4 Teknik yang Dapat Dicoba

9. Berikan Pengalaman Terbaik kepada Konsumen

Walaupun dijalankan secara online, tetap hadirkan keramahan kepada konsumen. Layani konsumen dengan ramah, balas pesan mereka secepat mungkin, serta tangani komplain secara profesional. Mereka pasti merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain berkat keramahan Anda.

10. Gunakan Packaging yang Aman

Pastikan bahwa packaging yang digunakan sudah menjamin keamanan produk di dalamnya. Gunakan kemasan yang cukup tebal supaya produk tetap utuh dan tidak akan terbanting selama proses pengiriman.

Gunakan Packaging yang Aman

11. Pilih Jasa Ekspedisi Kredibel

Setiap pelanggan pasti menginginkan barangnya cepat sampai ke tangan mereka. Puaskan ekspektasi mereka dengan menggunakan jasa ekspedisi yang kredibel. Cobalah bertanya mengenai program pengiriman paket khusus online shop supaya Anda bisa menghemat biaya pengiriman.

Baca Juga: Macam-macam Media Promosi yang Umum Saat ini

12. Pasang Iklan Online

Strategi pemasaran yang menarik tentu tak lepas dari keberhasilan berjualan online. Jangan hanya memasarkan produk secara organik di media sosial. Terapkan juga strategi paid advertising supaya makin banyak orang yang mengenal produk Anda. Mulailah dengan memasang iklan di media sosial menggunakan platform Facebook Ads.

Anda tidak perlu khawatir jika bekerja sendirian atau timnya hanya fokus di bidang produksi dan penjualan. Gunakan saja jasa iklan Facebook Ads dari ToffeeDev untuk mempromosikan produk Anda. Sampaikan target penjualan dan ekspektasi bisnis Anda, lalu tim kami siap membuat iklan yang tepat sasaran di media sosial. Hubungi ToffeeDev untuk informasi selengkapnya.

Anda siap meraih keuntungan besar dengan menerapkan cara jualan online untuk pemula di atas?

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat