3 Cara Kompres Foto dengan Mudah

cara kompres foto

Kompres foto merupakan cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi ukuran file sehingga memungkinkan Anda mengirim atau membagikan foto dengan cepat tanpa harus khawatir ukuran file yang terlalu besar. Namun, melakukan cara kompres foto bisa menjadi suatu hal yang sulit bagi sebagian orang yang kurang memahami tekniknya. 

Jangan khawatir, tidak semua cara kompres foto harus dilakukan dengan software. Ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan tanpa harus melewati proses yang rumit. Pada artikel ini, ToffeeDev akan membahas cara-cara kompres foto yang mudah dan dapat dicoba. Simak informasi di bawah ini hingga akhir.

Baca Juga : Adobe Lightroom, Aplikasi Edit Foto Yang Pas Untuk Fotografer

3 Cara Kompres Foto Dengan Mudah

3 Cara Kompres Foto Dengan Mudah

Mengkompres foto adalah proses mengurangi ukuran file foto dengan cara memampatkan data atau informasi yang terkandung di dalamnya tanpa mengurangi kualitas visual atau resolusi foto secara signifikan. Berikut adalah 3 cara kompres foto dengan mudah yang bisa Anda coba:

1. Menggunakan Aplikasi Kompres Foto

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah menggunakan aplikasi kompres foto. Sekarang, banyak tersedia di play store atau app store berbagai aplikasi kompres foto yang bisa Anda download secara gratis. Berikut merupakan cara umum yang bisa dilakukan jika ingin memperkecil ukuran foto dengan aplikasi: 

  • Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi kompres foto yang tersedia di toko aplikasi di perangkat Anda, seperti Android atau iOS.
  • Setelah aplikasi di download, buka aplikasi dan pilih foto yang ingin dikompres.
  • Selanjutnya, pilih opsi untuk mengompres foto atau menyesuaikan kualitas foto.
  • Atur pengaturan sesuai preferensi Anda, dan pilih opsi untuk menyimpan foto yang sudah dikompres.

2. Menggunakan Situs Kompres Foto Online

Jika tidak ingin mendownload aplikasi, Anda juga bisa melakukan kompres foto pada berbagai situs online yang tersedia di internet. Kekurangannya, pada beberapa situs, Anda hanya memiliki kesempatan kompres foto yang terbatas dalam satu hari. Adapun cara untuk melakukannya antara lain:

  • Cari situs kompres foto online yang dapat diakses melalui browser internet di perangkat Anda.
  • Setelah masuk ke situs tersebut, pilih opsi untuk mengunggah foto yang ingin dikompres.
  • Pilih opsi untuk kompres foto.
  • Atur ukuran sesuai keinginan Anda, dan klik proses. 
  • Selanjutnya, pilih opsi untuk mengunduh foto yang sudah dikompres.

3. Kompres Foto secara Offline

Biasanya, laptop atau komputer memiliki aplikasi bawaan yang bisa digunakan untuk memperkecil ukuran foto. Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara langsung tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu. Pada sistem operasi Windows, terdapat aplikasi paint dan pada sistem iOs terdapat aplikasi preview

Baca Juga : Adobe Premiere Pro CC, Aplikasi Editing Foto Untuk Anda

Jasa SEO

Rekomendasi Aplikasi/Web Untuk Kompres Foto

Rekomendasi Aplikasi atau Web Untuk Kompres Foto

Penting untuk diingat bahwa proses kompres foto dapat mengurangi kualitas foto secara signifikan, sehingga perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak foto asli yang ingin Anda simpan. Jika Anda memang yakin untuk melakukan kompres foto, berikut beberapa aplikasi atau web yang bisa dicoba:

1. Iloveimg

Iloveimg merupakan sebuah website yang menawarkan berbagai macam alat pengolahan gambar seperti kompres gambar, crop, konverter gambar, dan masih banyak lagi. Namun, fokus utama dari situs ini adalah pada pengompresan gambar secara online. 

Proses kompres gambar di Iloveimg sangat mudah dilakukan, Anda hanya perlu mengunggah gambar yang ingin dikompres dan situs ini akan melakukan kompres gambar dengan cepat dan akurat. Anda juga dapat mengatur tingkat kompres gambar yang diinginkan, serta memilih format keluaran gambar yang diinginkan. Selain itu, situs ini juga sangat mudah digunakan dan dapat diakses dari berbagai jenis perangkat.

2. TinyPNG

TinyPNG adalah sebuah situs web yang dirancang khusus untuk mengompres gambar PNG dengan hasil yang sangat baik. Aplikasi ini dapat mengompres gambar PNG hingga 70% tanpa mengorbankan kualitas gambar, sehingga waktu pemuatan gambar pada website akan lebih cepat. 

Selain itu, TinyPNG juga dapat mengompres gambar JPG dengan sedikit penurunan kualitas gambar. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan dapat diakses dari berbagai jenis perangkat, termasuk ponsel pintar.

3. Compress JPEG

Compress JPEG adalah aplikasi web yang dapat digunakan untuk mengompres gambar dalam format JPEG secara online. Aplikasi ini menawarkan fitur untuk mengatur tingkat kompres gambar sesuai dengan kebutuhan pengguna dan dapat mengurangi ukuran gambar hingga ukuran yang lebih kecil. 

Compress JPEG juga memiliki fitur untuk mengatur ukuran gambar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Penggunaan Compress JPEG sangat mudah dilakukan dan proses pengompresan gambar cepat, sehingga cocok digunakan oleh pengguna yang ingin mengompres gambar secara online dengan cepat dan efisien.

4. JPEGmini

JPEGmini adalah aplikasi desktop yang dapat digunakan untuk mengompres gambar dalam format JPEG. Aplikasi ini menggunakan algoritma kompres yang canggih untuk mengurangi ukuran gambar tanpa mengorbankan kualitas gambar. 

Aplikasi ini menawarkan fitur batch processing untuk kompres beberapa gambar sekaligus. JPEGmini juga dapat digunakan pada berbagai platform seperti Windows, Mac, dan Adobe Lightroom.

Baca Juga : Instagram Carousel Untuk Slideshow Foto

5. Optimizilla

Optimizilla menawarkan pengaturan tingkat kompres gambar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Aplikasi ini memiliki fitur untuk mengatur ukuran gambar dan dapat digunakan untuk mengompres gambar dalam format JPEG dan PNG. 

Penggunaan Optimizilla sangat mudah, Anda hanya perlu mengunggah gambar yang ingin dikompres dan aplikasi ini akan melakukan proses kompres gambar selama beberapa waktu. Jika sudah selesai, Anda dapat langsung mendownload hasilnya. 

6. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah aplikasi pengolahan gambar yang sangat populer dan digunakan oleh banyak fotografer dan desainer grafis. Selain sebagai aplikasi pengolahan gambar, Adobe Photoshop juga memiliki fitur pengompres gambar yang sangat berguna. 

Pengguna dapat mengatur tingkat kompres gambar sesuai dengan kebutuhan dan menentukan format keluaran gambar yang diinginkan. Selain itu, Adobe Photoshop juga menawarkan fitur lain seperti pengaturan ukuran gambar, pengaturan resolusi gambar, dan masih banyak lagi.

7. Image Resizer

Image Resizer adalah sebuah aplikasi desktop yang dapat mengompres gambar secara offline. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan menawarkan pengaturan tingkat kompres gambar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. 

Selain itu, Image Resizer juga menawarkan fitur pengaturan ukuran gambar dan pengaturan resolusi gambar. Aplikasi ini sangat cocok bagi pengguna yang sering melakukan pengolahan gambar secara offline.

8. Paint

Aplikasi Paint adalah sebuah aplikasi pengolah gambar sederhana yang telah menjadi bagian dari sistem operasi Windows sejak lama. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat, mengedit, dan menggambar gambar sederhana. Selain itu, aplikasi Paint juga dapat digunakan untuk kompres gambar dengan cara mengurangi dimensi gambar atau mengurangi kualitas gambar. 

Meskipun aplikasi ini tidak memiliki banyak fitur, tetapi aplikasi Paint masih dapat menjadi pilihan untuk mengompres gambar secara sederhana dan cepat. Namun, dalam  melakukan kompres gambar dengan hasil yang lebih baik, sebaiknya menggunakan aplikasi atau situs kompres gambar yang lebih canggih.

Mengompres foto memang merupakan suatu hal yang penting dalam dunia digital, terutama jika Anda sering berurusan dengan pengiriman atau pemakaian foto secara online. Dalam proses mengompres foto, pastikan Anda memahami metode yang digunakan sehingga tidak mengakibatkan kerusakan atau hilangnya kualitas foto.

Di era digital seperti sekarang ini, penggunaan foto sudah menjadi hal yang sangat umum. Oleh karena itu, melakukan kompres foto akan sangat membantu Anda dalam menghemat waktu dan memudahkan dalam proses pengiriman atau pemakaian foto secara online. 

Selain itu, dengan melakukan kompres foto yang benar, Anda juga dapat menghemat ruang penyimpanan di perangkat. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengikuti cara kompres foto yang sederhana dan efektif di atas untuk memenuhi kebutuhan gambar Anda terutama saat akan menggunakannya sebagai alat promosi.

Seperti yang telah diketahui bersama, dalam sebuah bisnis, promosi adalah hal yang sangat penting. Itu sebabnya, Anda perlu memastikan bahwa setiap materi dan metode yang dipilih sesuai serta tepat sasaran. Jika tertarik mengembangkan bisnis, Anda bisa memanfaatkan jasa desain grafis dari ToffeeDev. Selain memberikan pelayanan terbaik, ToffeeDev juga memastikan setiap hasil desainnya sesuai dengan yang Anda butuhkan. Jadi, tak perlu ragu lagi. Langsung saja hubungi ToffeeDev dan optimalkan penggunaan digital marketing untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan sekarang juga.

Share this on :

Scroll to Top
WhatsApp chat