Cara Memasarkan Produk Makanan Rumahan di Zaman Serba Digital

cara memasarkan produk makanan rumahan

Memulai bisnis makanan atau bisnis kuliner, bisa dibilang bukanlah hal yang gampang. Anda harus bisa menjamin kualitas dari produk dan keunikan apa yang bisa ditawarkan, kemudian ada juga masalah pemasarannya. Untuk masalah yang terakhir ini, disaat zaman sudah ramai menggunakan platform digital, maka cara memasarkan produk makanan rumahan juga semakin banyak opsi. Beberapa diantaranya akan bisa mengembangkan bisnis untuk naik ke level yang lebih jauh lagi.

Tentu akan sangat merugikan jika Anda tidak bisa mengimplementasikan hal ini untuk bisnis, apalagi jika para pesaing sudah memulai bahkan mahir dalam penggunaan digital marketing pada bisnis mereka. Namun tidak ada kata telat untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih jauh lagi. Anda bisa mulai dari sekarang untuk mulai mempelajari dan menggunakan pemasaran pada dunia digital untuk bisnis Anda. Berikut ini akan kami sajikan berbagai macam informasi berguna untuk bisa mengenal lebih dekat berbagai macam bentuk pemasaran yang bisa digunakan pada produk makanan rumahan Anda. Yuk mari kita perhatikan berbagai macam informasi berguna yang ada di bawah ini.

Bagaimana Cara Memasarkan Produk Makanan Rumahan di Platform Digital?

memasatkan makanan rumahan secara digital

Makanan adalah kebutuhan primer dari manusia, tidak akan ada manusia yang bisa bertahan hidup tanpa mengkonsumsi makanan. Hal ini dikarenakan tubuh kita memerlukan tenaga dan berbagai macam nutrisi yang bisa dihasilkan oleh makanan. Jadi tidak heran jika bisnis pada bidang makanan dan minuman masih menjadi pilihan banyak orang. Namun saat ini makanan tidak hanya digunakan sebagai pemuas nafsu, melainkan menjadi sebuah komoditi yang berharga dan bisa dikembangkan menjadi lebih jauh lagi.

Jika ada dua buah produk roti, salah satunya hanya sekadar roti isi cokelat tanpa ada sesuatu yang unik. Sedangkan yang satunya lagi merupakan produk roti isi cokelat juga namun menawarkan sesuatu yang unik dan berbeda, seperti roti yang gluten free. Hal unik ini akan bisa menjadi nilai lebih yang bisa Anda tawarkan agar orang-orang melirik dan menjadi pembeli dari produk Anda. Namun saat ini menjadi unik saja masih kurang, diperlukan strategi pemasaran yang efektif dan bisa menjangkau berbagai target pasar yang diinginkan.

Jika Anda masih bingung mengenai cara agar bisa membangun strategi pemasaran yang efektif, maka pada kesempatan kali ini kami akan membantu Anda dengan memberikan berbagai informasi berguna untuk memahami hal ini. Berikut ini adalah berbagai macam strategi pemasaran digital yang akan bisa membantu bisnis produk makanan rumahan yang Anda miliki bisa berkembang menjadi lebih jauh lagi.

1. SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu strategi yang paling hemat biaya, namun dapat memberikan ROI yang cukup tinggi daripada metode pemasaran lainnya. Setiap bisnis seharusnya fokus pada SEO karena strategi ini adalah sebuah metode yang dapat mendatangkan traffic organik dari mesin pencari tanpa biaya tambahan. Artinya orang-orang akan bisa mengenal produk Anda karena mereka memiliki minat pada niche yang Anda bangun. Berbagai kata kunci terkait dengan bisnis Anda akan bisa tertanam di dalam pikiran mereka yang nantinya akan diasosiasikan dengan bisnis produk makanan Anda. Melalui optimasi SEO, Anda akan dapat terus mendatangkan calon pelanggan tanpa biaya yang besar. Untuk memulainya, membuat blog, mengoptimalkan halaman-halaman, beranda, dan konten lainnya untuk mendapatkan traffic organik  yang berharga adalah langkah awal. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan bisa Anda rasakan ketika menggunakan strategi SEO dalam bisnis rumahan Anda:

  • Hemat biaya tetapi ROI lebih tinggi
  • Hasil tahan lama
  • Tingkatkan jangkauan Anda secara organik
  • Dapatkan kepercayaan dan otoritas secara otomatis
  • Dan masih banyak lagi

SEO memiliki tujuan utama untuk bisa mengarahkan lebih banyak traffic ke website yang diharapkan nantinya orang-orang ini akan bisa menjadi konsumen aktif yang akan menelusuri produk dan layanan yang ditawarkan, serta menelusuri konten-konten lainnya membuat bisnis yang dibangun bisa dikenal orang banyak. SEO bukanlah hal yang bisa dilakukan begitu saja. Dibutuhkan keterampilan dan pengalaman untuk mendapatkan hasil. Dalam mempermudah Anda. konsultasikan strategi ini bersama dengan perusahaan SEO ahli yang siap membantu.

Baca Juga: 7 Alasan bagi Bisnis Lokal untuk Menggunakan SEO

2. SEM/Google Adwords

SEM (Search Engine Marketing) adalah salah satu strategi pemasaran digital terbaik untuk mendapatkan hasil instan berupa pelanggan yang akan mencari kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda. Melalui iklan di mesin pencari, eksposur akan dengan cepat didapatkan. Bila dimanfaatkan dengan benar, maka hal ini bisa berbuah dengan peningkatan penjualan. Manfaat utama menggunakan SEM adalah:

  • Mendapatkan hasil instan.
  • Mudah menjangkau audiens target Anda.
  • ROI tinggi; jika seseorang mengklik iklan Anda saja maka Anda harus membayar.
  • Anda dapat memulai dengan anggaran kecil juga seperti $10/hari dan dapat berhenti kapan saja.
  • Anda akan memiliki data dan wawasan yang lengkap untuk meningkatkan kampanye SEM Anda dan strategi pemasaran lainnya.

Kampanye iklan ini akan bisa menghabiskan anggaran dengan cepat. Jadi, diperlukan keahlian tertentu untuk merancang kampanye sukses yang menghasilkan lebih banyak konversi daripada klik. Cocok sekali jika Anda sedang meluncurkan produk baru dari bisnis produk makanan Anda.

Baca Juga: Kenali Berbagai Jenis Iklan online untuk Bisnis Anda

3. Content Marketing 

Content marketing adalah strategi yang sangat efektif untuk mengembangkan bisnis Anda sekaligus membangun image. 90% organisasi secara aktif menggunakan content marketing untuk bisnis mereka. Pemasaran dengan konten akan bisa menghasilkan prospek tiga kali lebih banyak daripada pencarian berbayar, apalagi jika dikombinasikan dengan SEO yang tepat. Ini adalah strategi yang lebih murah dan efektif untuk bisnis Anda. Content marketing bisa memberikan hasil yang tahan lama tetapi perlu beberapa waktu untuk melihat hasilnya. Keuntungan yang akan bisa Anda dapatkan melalui strategi ini adalah:

  • Hasil yang sangat efektif dan tahan lama
  • Bermanfaat untuk menciptakan buzz untuk bisnis Anda
  • Lebih murah dari iklan berbayar
  • Membangun kepercayaan dan otoritas untuk merek Anda

Konten ini, dapat mencakup video, blog, infografis, podcast dan lain-lain yang akan berhungungan dengan niche dari produk-produk bisnis Anda. Strategi ini juga berusaha untuk bisa memberikan nilai kepada pengguna berupa informasi, bukan sesuatu yang bersifat penjualan. Pastikan konten relevan dan bermanfaat bagi audiens. Buatlah konten original dan berkualitas tinggi yang membuat pengguna ingin membagikannya kepada orang banyak karena membantu mengenalkan bisnis Anda.

Jasa SEO

4. Email Marketing 

Email marketing adalah salah satu teknik yang paling penting dan hemat biaya. Walaupun terlihat tidak akan cocok dengan bisnis yang berhubungan dengan produk makananan, namun bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan cara yang satu ini. Pesan yang dikustomisasi dan terasa personal merupakan sebuah taktik yang saat ini disukai para pelanggan. Mereka akan bisa merasa terkoneksi dengan merek dan bisnis Anda, membangun sesuatu yang personal. Strategi ini sangat cocok dalam membangun hubungan dan juga sarana menyampaikan informasi kepada para pelanggan. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghasilkan email yang baik dalam strategi digital marketing yang satu ini:

  • Gunakan judul email yang menarik, untuk meningkatkan rasio orang dalam membuka email Anda.
  • Tulis email Anda dalam bahasa yang sederhana dan singkat.
  • Tulis konten menjadi paragraf-paragraf kecil. Gunakan subjudul dan poin agar dapat dibaca dengan mudah.
  • Jelaskan manfaat dari apa yang Anda tawarkan. 
  • Berikan penjelasan bagaimana itu dapat membantu mereka. Jangan mencoba menjualnya secara langsung.
  • Buat funnel untuk mendapatkan lebih banyak konversi.
  • Jangan mengirim terlalu banyak email. 2-3 email sudah cukup dalam seminggu.

Bagian inti dari jenis digital marketing adalah mengembangkan dan menyempurnakan kampanye Anda, serta menumbuhkan audiens. Email marketing ini juga berfokus pada pemberian informasi berharga kepada pengguna.

Baca Juga: Waktu Terbaik Mengirim Email Marketing yang Perlu Anda Ketahui

5. Influencer Marketing 

Strategi digital marketing ini adalah salah satu teknik pemasaran paling trendi saat ini. Ini adalah teknik yang sangat efektif dan murah untuk mengembangkan bisnis produk makanan rumahan. Melalui cara ini Anda bisa menjangkau pasar yang mungkin sebelumnya tidak pernah terjangkau. Tidak hanya itu, para influencer yang sesuai dengan nilai dari bisnis Anda juga akan bisa membantu menjadi perantara agar pesan yang ingin disampaikan dalam kampanye pemasaran bisa menjangkau orang-orang tersebut. Beberapa keuntungan yang akan bisa Anda dapatkan melalui strategi ini adalah:

  • Anda bisa mendapatkan eksposur besar untuk bisnis Anda.
  • Membantu dalam mendapatkan kepercayaan dan pelanggan untuk bisnis Anda
  • Strategi pemasaran berbiaya rendah
  • Mudah diterapkan
  • Anda dapat menyewa influencer populer atau beberapa mikro-influencer untuk mempromosikan merek atau perusahaan Anda.

Baca Juga: Kenali Berbagai Trik Marketing Online di Tahun 2021

6. Viral/Tik Tok Marketing

Jika Anda ingin menghasilkan traffic besar, penjualan, dan membuat buzz di dunia online untuk bisnis Anda, maka tidak ada yang lebih baik daripada pemasaran viral melalui platform yang digandrungi oleh masyarakat luas. Salah satunya mempromosikan produk dan bisnis menggunakan sosial media yang sedang populer seperti Tik Tok. Anda bisa mendapatkan kesuksesan dengan cepat menggunakan viral marketing jika mampu membuat konten yang menarik perhatian sehingga bisa viral nantinya. Menjangkau audiens sebanyak mungkin tentu adalah hal yang akan Anda inginkan bukan?

7. Social Media Marketing

Media sosial telah menjadi tool untuk pemasaran yang cukup kuat akhir-akhir ini. Disinilah orang-orang banyak menghabiskan waktu mereka ketika berada di dunia digital. Beberapa manfaat yang bisa dihasilkan dari strategi digital marketing ini adalah:

  • Meningkatnya eksposur dan lalu lintas
  • Pemasaran media sosial mengembangkan pelanggan setia
  • Meningkatkan peringkat pencarian dan menghasilkan arahan
  • Peningkatan penjualan

Beberapa platform paling populer untuk strategi pemasaran ini adalah:

  • Facebook
  • Indonesia
  • Instagram
  • Pinterest
  • LinkedIn

Untuk membangun otoritas di media sosial, Anda perlu membuat konten berkualitas tinggi dan konsisten dalam memposting konten. Jangan lupa untuk selalu melibatkan para target audiens di setiap postingan media sosial Anda.

Baca Juga: Cara Membuat Social Media Calendar dengan Baik

Itulah berbagai macam cara memasarkan produk makanan rumahan dalam dunia digital yang bisa Anda terapkan untuk bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih jauh lagi dan membanu Anda dalam berjualan. Anda bisa menerapkan seluruhnya jika memiliki budget yang cukup. Jika tidak, mulai saja dari SEO dan manfaatkan trafik organik yang akan datang. Mulai konsultasikan bersama Jasa SEO dari Digital Marketing Agency ToffeeDev. Kami siap membantu bisnis Anda untuk naik ke level selanjutnya dengan efektif. Mari mulai kerja sama yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan berbagai keuntungan yang menarik.

Share this on :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat