7 Cara Membangun Brand Awareness dengan Digital Marketing

cara membangun brand awareness

Cara membangun brand awareness memang tidak semudah yang dikira, dibutuhkan usaha yang cukup besar agar bisa mencapainya. Walaupun begitu, brand awareness merupakan salah satu faktor yang penting untuk mencapai kesuksesan bagi setiap bisnis.

Pada artikel ini, ToffeeDev akan membahas mengenai apa itu brand awareness, mengapa itu penting, dan bagaimana cara meningkatkannya. Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Brand Awareness?

Apa itu Brand Awareness

Brand awareness, atau kesadaran merek, adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seberapa jauh sebuah merek dikenal oleh konsumennya. Dalam artian lain, brand awareness adalah tolak ukur seberapa ‘akrab’ konsumen terhadap suatu merek dan seberapa baik konsumen mengenal merek tersebut.

Brand awareness adalah hal yang sangat memengaruhi proses pengambilan keputusan seorang konsumen ketika hendak membeli suatu produk. Konsumen akan lebih berani untuk membeli produk dari merek yang memang sudah mereka kenal sebelumnya. Maka dari itu, sebuah perusahaan akan rela mengeluarkan modal yang sangat banyak untuk meningkatkan brand awareness mereka.

Fungsi Brand Awareness

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, seseorang akan lebih menyukai produk dari merek yang sudah mereka kenal sebelumnya. Artinya, brand awareness adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan suatu produk. Makin dikenal suatu merek, maka akan makin tinggi juga tingkat penjualannya.

Pentingnya Membangun Brand Awareness

Brand awareness merupakan hal yang sangat penting bagi segala jenis bisnis. Keputusan konsumen untuk membeli suatu produk akan terpengaruh besar oleh tingkat brand awareness dari produk tersebut. Selain itu, brand awareness juga dapat membantu agar konsumen terus melakukan pembelian produk.

Brand awareness dapat dijadikan sebagai alat ukur kinerja suatu merek. Jika tingkat brand awareness mereka kecil, maka sudah jelas merek tersebut kinerjanya tidak sebaik yang diinginkan. Maka dari itu, setiap perusahaan harus selalu berusaha untuk membangun brand awareness yang baik.

Tidak akan mengherankan jika ada sebuah perusahaan yang menghabiskan banyak sekali modal untuk membangun brand awareness mereka. Setiap perusahaan pasti ingin merek mereka dikenal secara umum dan selalu diasosiasikan ketika muncul suatu topik, seperti Aqua pada topik air mineral.

Baca juga: 3 Pengaruh Brand Awareness Bisnis yang Positif bagi Perusahaan

7 Cara Membangun Brand Awareness dengan Strategi Digital Marketing

Membangun brand awareness yang baik adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap perusahaan. Berikut ini adalah beberapa cara membangun brand awareness dengan strategi digital marketing.

1. Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial

Di era yang sudah serba digital ini, media sosial merupakan platform yang paling banyak digunakan untuk berbagai hal. Dari yang awalnya media sosial hanya digunakan sebagai platform “nongkrong” secara digital, sekarang media sosial juga sudah banyak digunakan untuk melakukan pemasaran hingga berjualan.

Potensi dari media sosial ini hampir tidak ada batasnya, Anda bisa melakukan berbagai macam hal di dalamnya. Selain itu, Anda juga dapat mengunggah berbagai macam bentuk berkas ke dalam media sosial, mulai dari foto, audio, hingga video. Batasan dari pemanfaatan media sosial hanya ada pada kreativitas penggunanya.

Berkat kemajuan penggunaan media sosial tersebut, Anda juga sangat bisa membangun brand awareness melalui platform ini. Sebagai contoh, Anda bisa mencoba membuat konten yang berhubungan dengan merek Anda dan mencoba membuatnya menjadi viral. Jika Anda merasa kesulitan melakukan hal tersebut, sekarang sudah ada banyak jasa pembuatan konten viral yang tersedia, mulai dari yang perorangan hingga agensi.

Pastikan juga merek Anda memiliki media sosial sendiri, dari mulai twitter, Facebook, Instagram, hingga LinkedIn, Anda harus memanfaatkan setiap media sosial yang ada. Selain itu, pastikan untuk selalu aktif di media sosial, dari mulai mengunggah konten hingga berinteraksi dengan konsumen. Jika Anda aktif di media sosial, maka brand awareness Anda juga akan makin meningkat.

Baca Juga: Pentingnya Identitas Visual bagi Sebuah Brand

2. Memaksimalkan Penggunaan Website

Selain media sosial, website bisnis juga merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap merek. Berbeda dengan media sosial yang hanya terfokus untuk membangun brand awareness, website dapat Anda gunakan juga untuk membuat konsumen lebih percaya kepada merek Anda. Akan percuma jika Anda memiliki brand awareness yang tinggi tetapi konsumen tidak memiliki kepercayaan terhadap merek Anda.

Untuk membangun brand awareness melalui website, Anda dapat mengunggah konten seperti artikel, video, atau bahkan podcast ke dalamnya. Pastikan juga semua informasi mengenai merek Anda dapat tersedia di dalam website tersebut, mulai dari informasi mengenai produk yang disediakan hingga informasi mengenai kontak yang dapat dihubungi jika ada pertanyaan.

Selain itu, Anda juga dapat mengintegrasikan media sosial dengan website Anda. Sebagai contoh, konten yang Anda unggah ke dalam website bisa Anda sebar juga melalui media sosial. Dengan begitu, traffic ke website Anda juga dapat meningkat dan merek Anda juga jadi lebih dapat dipercaya.

Memaksimalkan Penggunaan Website

3. Menerapkan SEO

SEO, atau Search Engine Optimization, adalah strategi pemasaran digital yang sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness. Di era di mana penggunaan mesin pencari seperti Google sering sekali diandalkan untuk mencari berbagai informasi, penerapan SEO ini merupakan hal yang sangat wajib untuk dilakukan.

SEO sendiri adalah metode yang digunakan untuk mengoptimasi website pada hasil pencarian dari mesin pencari. Melalui SEO yang baik dan sesuai sasaran, website atau bahkan media sosial Anda bisa muncul di peringkat atas, atau setidaknya di halaman pertama, hasil pencarian dari orang-orang. Dengan begitu, brand awareness Anda juga pasti akan meningkat.

4. Menerapkan Content Marketing

Content marketing adalah strategi pemasaran digital dalam membuat dan menyebarkan konten yang relevan dan konsisten demi menarik perhatian dari audiens yang dituju. Ada berbagai macam konten yang bisa Anda gunakan untuk strategi ini, seperti desain grafis, video, artikel, podcast, dan masih banyak lagi. 

Melalui content marketing, Anda dapat membangun brand awareness sekaligus memberikan informasi mengenai merek Anda. Pastikan saja Anda memuat informasi mengenai merek Anda ke dalam konten yang dibuat dan disebarkan, tetapi jangan terlalu memaksakan karena itu hanya akan membuat kontennya kurang menarik.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Traffic Website Secara Organik

5. Bekerja Sama dengan Influencer

Bekerja sama dengan influencer, atau influencer marketing, adalah strategi pemasaran digital untuk mempromosikan merek atau produk melalui para influencer di media sosial mereka. Ketika seseorang dengan jumlah pengikut yang banyak mempromosikan merek atau produk Anda, maka pengikut mereka juga biasanya akan percaya untuk membelinya.

Banyak merek yang sudah menggunakan influencer marketing karena metode ini sangat membantu untuk meningkatkan brand awareness, memperkenalkan produk, hingga menjangkau target audiens melalui konten yang dibuat oleh influencer tersebut. Pemilik merek telah melihat bahwa metode pemasaran tradisional tidak memiliki pengaruh sebanyak influencer marketing ini.

Bekerja Sama dengan Influencer

6. Mengikuti atau Mengadakan Suatu Acara

Ketika Anda mengikuti suatu acara, apalagi acara besar, sudah pasti brand awareness Anda akan meningkat. Melalui acara ini, audiens baru pasti akan dapat menemukan merek Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat acara yang berhubungan dengan bidang yang dijalani. Dengan begitu, merek dan bidang yang dijalani pun bisa lebih terkenal lagi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tools Social Media Monitoring

7. Mensponsori Suatu Acara

Selain mengikuti atau mengadakan suatu acara, Anda juga dapat memberikan sponsor kepada acara lain. Dengan begitu, merek Anda bisa dipromosikan pada acara tersebut dan brand awareness pun dapat meningkat.

Demikian adalah cara membangun brand awareness yang dapat kami sampaikan. Jika Anda tertarik untuk meningkatkan brand awareness melalui strategi digital marketing, Anda bisa menggunakan jasa dari ToffeeDev. Kami menyediakan berbagai jasa digital marketing, mulai dari pembuatan website, SEO, dan masih banyak lagi. Jika tertarik, Anda dapat menghubungi kami di sini.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat