Lakukan 6 Cara Menambah Viewer YouTube Ini agar Video Makin Populer

Cara menambah viewer Youtube merupakan hal penting yang perlu diketahui terutama apabila Anda berniat menjadikan YouTube sebagai ladang penghasilan. Makin banyak jumlah viewer, maka makin besar peluang pundi-pundi dana kian deras mengalir.

Bagaimana cara Menambah Viewer Youtube Dengan Mudah?

Lantas, apa saja yang dapat dilakukan untuk menambah viewer YouTube?

1. Kenali Viewer

Kenali dulu siapa yang menjadi target pasar alias viewer Anda. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan channel Anda dalam jangka panjang. Dengan mengetahui siapa yang menjadi target penikmat akun YouTube Anda, maka Anda pun lebih mudah dalam melakukan berbagai pendekatan lainnya sesuai dengan karakter mereka.

Anda bisa memakai fasilitas YouTube Analytics untuk memperoleh informasi tersebut. Anda dapat mengetahui rentang usia, negara asal, hingga perangkat yang viewer gunakan.

2. Riset Kata Kunci

Viewers hanya akan mengetikkan beberapa kata kunci pada kolom pencarian untuk mendapat video yang ingin mereka tonton. Mereka pun cenderung akan memilih beberapa video teratas yang tampil dalam laman hasil pencarian untuk dinikmati. Adapun video yang akan muncul dalam hasil pencarian teratas adalah video yang paling relevan dengan kata kunci tersebut (tentunya, makin besar pula video itu akan ditonton).

Salah satu tool yang dapat Anda gunakan untuk keperluan riset kata kunci adalah Google Keyword Planner. Alat bantu gratis ini juga akan membantu Anda melihat estimasi penelusuran yang diperoleh.

Baca Juga: Cara Riset Keyword YouTube Untuk Menaikkan Views

3. Perhatikan Kualitas Video

Cara menambah viewer YouTube berikutnya adalah dengan memperhatikan kualitas video.  Buatlah visual menarik yang dikombinasikan apik dengan audio dan beberapa elemen lainnya. Manjakan penonton dengan tampilan yang bagus. Sebagai penonton pula, Anda sendiri pernah enggan menyaksikan video yang tidak memberi suguhan tampilan menarik, bukan?

Di samping itu, perhatikan pula terkait isi alias konten dari video tersebut. Makin bermanfaat, menghibur, atau relate video tersebut dengan viewer, maka makin banyak pula yang tertarik untuk menanti video Anda selanjutnya sehingga mereka pun akan subscribe agar tak ketinggalan. Tentu saja, pastikan Anda juga menjalaninya dengan konsisten, ya.

4. Kaitkan dengan Hal Viral

Nyatanya, hal-hal yang sedang viral memang menjadi keuntungan tersendiri bagi para kreator. Anda bisa memanfaatkan topik yang sedang viral dengan konten yang memang biasa Anda buat. Anda bisa membedah sebuah topik dari sudut pandang video yang biasa Anda ciptakan sehingga tidak membosankan.

Terkait hal ini, pastikan Anda juga membahasnya secara bertanggung jawab. Apabila memang ternyata terlalu sulit untuk menemukan korelasi antara topik tersebut dengan gaya konten Anda, maka tak perlu memaksakannya.

5. Optimasi Judul

Hindari penggunaan teknik-teknik clickbait. Alih-alih mendapat viewer baru, Anda bahkan berpotensi kehilangan viewer yang sudah mengikuti. Hal ini karena mereka merasa kepercayaan dan dukungan yang diberikan selama ini terlukai.

Di samping menghindari clickbait, Anda bisa juga membuat judul dengan jumlah karakter antara 40 sampai 50. Studi dari Justin Briggs menyebut bahwa judul dengan jumlah karakter 50 mendapat ranking bagus di pencarian. Selain itu, tambahkan frasa dengan tanda kurung di bagian akhir kalimat judul (hal ini mampu meningkatkan jumlah klik) sebanyak 33 persen. Tak lupa, tambahkan beberapa angka pada judul untuk hasil yang semakin optimal.

6. Promosi

Sudah susah payah membuat video, sayang jika Anda tak menunjukkannya pada orang lain, bukan? Maka dari itu, jangan ragu untuk mempromosikan video Anda kepada khalayak lebih luas. Anda bisa membagikannya lewat media sosial seperti Instagram, Twitter, Linkedin, Facebook, atau berbagai platform luas lainnya.

Tentu saja, yang perlu Anda bagikan adalah link alias tautan video tersebut. Jika memungkinkan, tambahkan sedikit teaser dengan durasi yang tak terlalu panjang berikut deskripsi singkat, padat, dan jelas. Sesuaikan juga gaya promosinya dengan karakter viewer yang Anda harapkan.

Itulah beberapa cara menambah jumlah viewer YouTube yang dapat Anda lakukan. Walau terlihat mudah, pahami bahwa segala sesuatunya membutuhkan proses, ya. Dengan begitu, Anda tak akan mudah menyerah jika berbagai cara yang dilakukan tidak lantas terwujud seperti yang Anda harapkan secara instan.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat