cara membuat QR code
3 Cara Membuat QR Code
Maret 30, 2021
cara mendapatkan uang dari facebook
5 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook
Maret 31, 2021

4 Cara Mendapatkan Uang dari Google

cara mendapatkan uang dari Google

nathana reboucas O5v8heKY4cI unsplash

Cara mendapatkan uang dari Google bukan hanya angan-angan semata. Terlebih, Google menyediakan berbagai opsi monetisasi. Ya, perusahaan multinasional raksasa ini sudah merambah ke banyak sektor dan menjangkau hingga penjuru dunia. Google bukan lagi sekadar mesin pencari. Lebih dari itu, Google adalah perusahaan penyedia jasa dan produk internet. Sektor digital yang dicakup oleh Google meliputi teknologi mesin pencarian, komputasi web, perangkat lunak, hingga periklanan daring. 

Cara Mendapatkan Uang dari Google

Ada berbagai cara untuk bisa mendapatkan uang dari Google. Tentu saja semuanya menggunakan fitur dan produk yang tersedia di Google. Apa saja fitur dan produk tersebut? Berikut ulasannya.

1. Google Ads

Google Ads menawarkan opsi kepada Anda untuk menampilkan bisnis di daftar teratas hasil pencarian. Dengan menampilkan bisnis di laman pencarian teratas, tentu saja hal ini akan sangat menguntungkan. Bisnis atau usaha Anda berpeluang mendapatkan eksposur yang lebih besar daripada lainnya. 

Di samping opsi hasil pencarian, Google Ads juga menyediakan bentuk dan medium iklan yang berbeda. Contohnya iklan bergambar atau selipan klip di video YouTube. Promosi dengan sistem ini sangat mudah dan efektif bagi pemilik bisnis untuk mengenalkan usahanya kepada audiens secara lebih luas. 

Baca Juga : Pemasaran Digital Google AdWords Untuk Usaha Kecil Menengah

2. Google My Business

Lewat Google My Business atau Google Bisnisku, Anda dapat mempromosikan bisnis yang sudah dimiliki agar bisa dengan mudah ditemukan oleh orang-orang melalui laman pencarian Google. Memang, cara mendapatkan uang dari Google ini tidak menghasilkan keuntungan langsung, namun eksposur dan reputasi bisnis Anda akan meningkat.

Melalui Google My Business atau Google Bisnisku, Anda dapat membuat profil bisnis yang dijalankan. Supaya lengkap, tambahkan pula informasi mengenai nama bisnis, jam buka, media sosial, website, review, foto, dan nomor yang bisa dihubungi. Google akan menampilkan seluruh informasi tersebut agar orang lebih mudah menemukan bisnis Anda. 

3. Google AdSense

Cara mendapatkan uang dari Google yang berikutnya adalah dengan memasang iklan di website dan menunggu audiens men-klik promosi tersebut. Setiap klik yang dilakukan oleh audiens pada iklan, Anda akan mendapatkan keuntungan. Sistem pemasangan iklan yang dimaksud adalah Google Adsense. Ini merupakan salah satu layanan pemasangan iklan dari Google dengan cara menggunakan space di website Anda. 

Apabila Anda tertarik untuk memasang iklan di website dan mendapatkan keuntungan dari hasil klik, maka caranya amat mudah. Anda hanya perlu mengisi formulir yang ada di website Google AdSense. Di sana tersedia kolom isian alamat website serta email yang dapat dihubungi. Selanjutnya, pihak Google akan mereview website Anda. 

Baca Juga : Mengetahui Cara Kerja Google AdSense

4. Organic Traffic Google 

Cara mendapatkan uang dari Google yang terakhir adalah dengan mendulang trafik organik ke sebuah website dengan berbekal kemampuan Search Engine Optimization atau SEO. Apabila Anda menguasai SEO untuk website, maka Anda bisa memanfaatkan kemampuan ini untuk mendorong trafik organik ke website pribadi maupun milik orang lain. 

Kalau mau memanfaatkannya untuk laman pribadi, maka Anda bisa membuat banyak website dengan berbagai niche. Kemudian, optimalkan dan pasang AdSense di website tersebut. Dari situlah Anda bisa mendapatkan uang dari Google. Sebaliknya, apabila mau menggunakan cara kedua, yaitu untuk website orang lain, Anda bisa membuka jasa konsultasi SEO atau bekerja di agensi sebagai SEO Specialist. 
Cara mendapatkan uang dari Google bukan berarti Anda harus bekerja di perusahaan tersebut, melainkan menggunakan fitur dan layanan yang telah disediakan oleh Google untuk mendukung promosi bisnis. Jadi, kalau Anda tertarik memanfaatkan fitur promosi dari Google, maka sudah harus memiliki usaha atau website yang bisa diiklankan maupun diisi oleh iklan, kecuali jika Anda berminat untuk menjadi SEO Specialist yang bekerja di sebuah perusahaan atau agensi.

David Antonny
David Antonny
Starting career as a Google Ads Advertiser and SEO Specialist at 2012, helping to grow the company’s business, especially in digital marketing expertise.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments