12 Cara Mendatangkan Traffic ke Blog dengan Menggunakan Teknik SEO

cara mendatangkan traffic ke blog

Dalam dunia pemasaran digital atau digital marketing, Search Engine Optimization atau SEO menjadi faktor penting agar pesan yang ingin Anda sampaikan bisa menyasar banyak orang di internet. Website Anda bisa dengan mudah ditemukan dan mendulang banyak traffic dengan teknik ini.

Nah, istilah traffic sendiri belum banyak dipahami orang-orang, apalagi cara mendatangkan traffic ke blog. Untuk itu, sebelum menjelaskan beberapa strategi mendatangkan traffic, berikut ini penjelasan detail soal apa itu traffic dalam sebuah blog atau website.

Apa itu Traffic?

Traffic sendiri adalah jumlah pengguna internet atau orang yang datang dan mengunjungi sebuah website, halaman web yang dibuka, hingga durasi atau lamanya orang membaca konten di halaman website tersebut. Seluruh aktivitas pengguna terhadap website yang dikunjungi ini akan terekam dalam domain dan menghasilkan angka-angka. Angka-angka tersebut bisa menjadi indikator seberapa populer atau seberapa besar pengunjung website.

Traffic menjadi hal yang penting dalam sebuah website karena bisa memperlihatkan seberapa bagus website Anda. Makin tinggi traffic, tentu makin bagus pula website tersebut karena banyak dikunjungi orang-orang. Karenanya, penting untuk mengetahui cara mendatangkan traffic ke blog atau website bisnis Anda. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Baca juga: 6 Jenis Traffic pada Website

12 Cara Mendatangkan Traffic ke Blog Anda

Ada banyak tips atau cara mendatangkan traffic ke blog Anda, beberapa di antaranya ialah:

1. Headlines

Headline atau judul artikel menjadi salah satu faktor terpenting untuk mendatangkan traffic ke website. Pasalnya, judul menjadi hal yang paling pertama dilihat dan bisa menarik perhatian orang pada konten website. Karenanya, buatlah headline yang menarik dan bisa menggambarkan isi dari konten tersebut.

2. Long-tail Keywords

Selanjutnya, buatlah long-tail keywords. Long-tail keywords adalah kata kunci yang akan digunakan secara terus-menerus pada konten website. Gunakan long-tail keywords yang memang banyak dicari orang, namun tetap berhubungan dengan konten website Anda.

3. Konten

Buatlah konten informatif yang tentu saja akan banyak dicari orang Dalam membuat konten, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti hindari copy paste artikel orang lain. Buatlah tulisan dengan banyak sinonim agar tidak menggunakan kata-kata itu saja. Lalu, fokuslah pada konten sehingga tidak membahas hal-hal yang melenceng atau tidak berhubungan. Konten yang bagus ini bisa membantu linking root domain website Anda.

Baca juga: Catat! Panduan Menulis SEO-Friendly Agar Meningkatkan Traffic Website

4. Komunitas Blogging

Bergabunglah dengan komunitas blogger agar Anda bisa mempromosikan blog milik Anda ke banyak orang. Interaksi ini penting untuk bisa meningkatkan traffic pada website Anda.

5. On Page SEO

Buatlah artikel dengan teknik SEO agar bisa meningkatkan traffic blog secara organik. Teknik SEO ini berkaitan dengan keyword, gambar, memasukkan internal link, hingga meta descriptions untuk sebuah konten. 

6. Internal Linking

Memasukkan link suatu konten pada konten lain juga bisa jadi cara mendatangkan traffic ke blog. Hal ini disebut internal linking atau memasukkan link suatu konten dalam website yang sama agar bisa dikunjungi pengunjung. Namun, perlu diingat, link yang dimasukkan haruslah link yang masih berkaitan dengan konten yang di-posting

Baca juga: 7 Cara Melihat Traffic Website Anda

7. Forum

Anda juga bisa meningkatkan traffic dengan membagikan artikel blog ke situs forum-forum seperti Reddit atau Stumbleupon, sehingga bisa menyasar pembaca yang tertarik dengan konten website.

8. Guest-blogging

Guest-blogging juga bisa jadi cara mendatangkan traffic ke blog. Bagi yang belum tahu, guest-blogging ini adalah menulis artikel di website yang sudah populer. Hal ini dapat membantu meningkatkan traffic ke blog sekaligus membangun nama brand Anda.

9. Postingan yang Rutin

Rutin membuat konten di website atau blog bisa meningkatkan traffic secara efektif. Anda harus terus-menerus menulis konten baru secara rutin agar selalu update. Rutin dan konsisten inilah kunci membuat traffic menjadi lebih tinggi karena ada banyak informasi yang dibagikan dan bisa dibaca oleh pengunjung. Makin Anda rutin, maka makin banyak traffic yang bisa diterima.

10. Memaksimalkan Media Sosial

Saat ini, media sosial menjadi media yang banyak dipakai masyarakat. Karenanya, menggunakan media sosial untuk meningkatkan traffic blog bisa menjadi solusi yang sangat efektif. Anda bisa membagikan tautan artikel pada blog ke media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan masih banyak lagi. Lewat media sosial, tentu akan makin banyak orang yang tahu dan akhirnya mengunjungi blog Anda hingga traffic pun bertambah.

Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Traffic Website

11. Link Building

Meningkatkan jumlah backlinks ke website juga bisa jadi cara meningkatkan traffic. Kegiatan ini bisa disebut link building. Jika blog menerima backlinks dari website lain, tentu saja blog Anda akan lebih dipercaya karena dianggap kredibel dalam memberikan informasi yang mumpuni. 

Jasa SEO

12. Digital Marketing

Terakhir, cara mendatangkan traffic ke blog adalah dengan teknik digital marketing. Digital marketing bisa sangat berguna untuk bisa menaikkan traffic karena website dapat dipromosikan secara lebih optimal. Digital marketing ini salah satunya bisa dilakukan dengan menyisipkan teknik call-to-action di setiap konten yang dibuat.

Nah, itu tadi beberapa penjelasan mengenai cara mendatangkan traffic ke blog atau website. Banyak tips yang bisa Anda terapkan, seperti membuat judul yang menarik, menggunakan media sosial, hingga mengaplikasikan teknik digital marketing. Untuk tips terakhir ini, sebaiknya lakukan secara menyeluruh dengan bantuan tim ahli seperti ToffeeDev. Mulai dari optimasi SEO hingga pemasangan ads di media sosial, ToffeeDev dapat memenuhi kebutuhan tersebut untuk menunjang performa blog maupun website Anda. Tak perlu menunggu lama, segera hubungi kami dengan klik di sini untuk memperbanyak traffic ke blog Anda dengan teknik digital marketing yang tepat!

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat