Panduan Menulis SEO-Friendly untuk Meningkatkan Traffic Website Anda

panduan menulis seo friendly

Meraih peringkat teratas pada hasil pencarian Google bukanlah hal yang mudah. Anda perlu menerapkan strategi khusus untuk mewujudkannya. Salah satu strategi yang terbukti ampuh adalah dengan membuat artikel SEO-friendly. Melalui artikel ini, ToffeeDev akan memberikan panduan menulis SEO friendly untuk membantu website Anda menempati peringkat teratas Google.

Simak informasinya hingga selesai.

Apa itu Artikel SEO-Friendly?

Artikel SEO-friendly merupakan artikel yang “disukai” Google sehingga lebih mudah ditampilkan pada hasil pencarian SERP (Search Engine Result Page). Penulisan artikel SEO-friendly haruslah mengikuti standar atau kaidah SEO yang tepat. Anda bisa memanfaatkan artikel SEO-friendly sebagai strategi yang murah dan efektif untuk meningkatkan peringkat website Anda dalam jangka panjang.

Banner SEO - General 2

Pentingnya Artikel SEO Friendly di Website Anda

Pentingkah pembuatan artikel SEO-friendly untuk sebuah website? Berikut adalah beberapa alasannya.

1. Menaikkan Traffic Website

Artikel SEO-friendly bisa mendatangkan banyak traffic pada website Anda. Jumlah traffic yang meningkat ini tentunya sangat menguntungkan bagi bisnis digital marketing Anda. Makin tinggi traffic website, makin besar pula potensi produk anda laku terjual.

2. Meningkatkan Kredibilitas dan Popularitas Website

Jumlah traffic yang tinggi akan membuat website Anda lebih dikenal oleh banyak orang. Saat website Anda sudah dikenal banyak orang, kredibilitas dan popularitasnya juga akan meningkat secara otomatis. Kredibilitas dan popularitas website Anda juga perlu dijaga dengan tetap memberikan konten artikel yang berkualitas dan bersifat SEO-friendly.

3. Memudahkan Mesin Pencari dalam Menemukan Website

Mesin pencari seperti Google lebih mudah dalam menemukan website Anda jika menulis artikel SEO-friendly. Artikel SEO-friendly juga membuat pembaca lebih mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Traffic Website Berikut Ini

3 Karakteristik Tulisan SEO-Friendly

Berbeda dengan artikel pada umumnya, artikel SEO-friendly memiliki karakteristik tersendiri. Beberapa contoh karakteristik artikel SEO-friendly bisa ditemukan pada ulasan berikut ini.

1. Penggunaan URL Pendek

Artikel SEO-friendly biasanya menggunakan URL yang pendek pada saat diunggah di website. Penggunaan URL pendek akan lebih berfokus pada kata kunci yang ditargetkan. URL pendek membuat artikel Anda lebih mudah dikenali dan dibaca oleh Google sehingga memiliki potensi yang tinggi untuk tampil di halaman pertama hasil pencarian.

2. Dilengkapi dengan Internal Link

Karakteristik artikel SEO-friendly selanjutnya adalah terdapat internal link di dalamnya yang berfungsi untuk menghubungkan dengan artikel atau blog yang relevan. Internal link ini bisa meningkatkan traffic pada artikel lainnya dan membuat pengunjung menghabiskan waktu lebih lama pada website Anda.

3. Memiliki Struktur Heading yang Rapi dan Sesuai

Penggunaan gambar dan struktur heading  yang rapi dan sesuai membuat artikel SEO-friendly lebih nyaman dan mudah dibaca. Struktur heading juga menjadi alat navigasi untuk pembaca agar lebih cepat dan mudah mencari informasi yang mereka butuhkan pada artikel yang dibaca.

11 Tips Panduan Menulis SEO Friendly

Tips Panduan Menulis SEO-Friendly

Anda bisa mengikuti panduan berikut ini untuk membuat artikel SEO friendly yang berkualitas agar peringkat website Anda meningkat. Perhatikan caranya berikut ini.

1. Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Panduan menulis SEO friendly pertama untuk membuat sebuah artikel yang SEO friendly adalah memilih kata kunci yang tepat. Tipsnya adalah gunakan kata kunci dengan search volume yang tinggi, persaingan (kompetisi) rendah, dan sesuai kategori website Anda. Penggunaan kata kunci yang tepat membuat website Anda lebih mudah menempati posisi pertama pada halaman pencarian Google.

2. Perhatikan Kalimat Pembuka

Anda juga perlu memperhatikan kalimat pembuka agar artikel menjadi SEO-friendly. Kalimat pembuka harus bisa menarik perhatian pembaca dan memuat kata kunci yang ditargetkan. Kalimat pembuka yang menarik akan membuat pembaca terus membaca isi artikel Anda. Menyisipkan kata kunci pada kalimat pembuka pun dapat membantu Google untuk menampilkannya pada pembaca yang tepat.

Banner SEO - Ebook 2

3. Optimasi Judul Artikel

Buatlah judul artikel yang menarik dan bisa mengundang orang untuk mengklik artikel Anda. Tidak hanya sekadar menarik, judul artikel yang dibuat juga harus relevan dengan isinya. Selain itu, anda perlu mencantumkan keyword yang ditargetkan pada judul, agar artikel yang Anda buat menjadi SEO friendly.

Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan panjang judul artikel yang ditulis. Panjang judul artikel SEO-friendly berkisar antara 60-75 karakter.

4. Gunakan Subheading

Selanjutnya Anda perlu memasukkan subheading pada artikel yang dibuat. Subheading seperti H2 atau H3 dapat membuat artikel Anda lebih terstruktur sehingga mudah untuk dibaca dan dipahami. Isi paragraf pada tiap subheading juga tidak boleh terlalu panjang agar tetap nyaman saat dilihat via browser handphone.

Penulisan artikel seperti ini akan lebih disukai oleh Google, sehingga bisa meningkatkan peringkat website Anda pada halaman pertama hasil pencarian.

5. Optimasi Gambar

Selain bisa menambah daya tarik pada sebuah artikel, gambar juga bisa dioptimasi untuk menciptakan artikel yang SEO-friendly. Anda bisa menyisipkan keyword yang ditargetkan pada nama file gambar, caption, dan alt text untuk mendukung pembuatan artikel SEO-friendly.

Gambar yang digunakan juga harus yang memiliki lisensi yang legal agar artikel Anda tidak melanggar hak cipta.

6. Gunakan Sudut Pandang yang Unik

Cobalah menggunakan sudut pandang yang berbeda dari kompetitor agar artikel Anda terlihat unik. Strategi ini membuat artikel menjadi lebih menarik dan mengundang orang untuk mengklik artikel Anda. Sudut pandang unik ini juga akan membuat artikel Anda terlihat lebih orisinal dan minim plagiat. Hal ini tentunya sangat disukai Google sehingga website Anda akan lebih mudah mendapatkan peringkat tertinggi.

7. Perhatikan Jumlah Kalimat dalam Paragraf

Jumlah kalimat dalam satu paragraf tidak boleh terlalu banyak. Usahakan isi dari setiap paragraf artikel Anda tidak bertele-tele agar mudah dipahami pembaca. Jumlah kalimat yang ideal dalam satu paragraf berkisar 4-5 kalimat. Ini juga membuat struktur artikel Anda lebih mobile friendly sehingga tetap nyaman untuk dibaca melalui handphone.

8. Perhatikan Search Intent

Perhatikan search intent saat menulis sebuah judul artikel agar lebih disukai oleh pembaca. Search intent merupakan keinginan pembaca dalam mencari informasi yang mereka butuhkan saat mengetikkan kata kunci di Google. Artikel yang memiliki search intent yang sesuai dan relevan dengan keinginan pembaca akan dinilai bermanfaat oleh Google. Ini  tentunya bisa membuat peringkat website Anda meningkat dengan cepat.

9. Masukkan Jumlah Kata Kunci Sewajarnya

Jumlah penggunaan kata kunci dalam sebuah artikel juga perlu diperhatikan. Kata kunci yang terlalu banyak akan dianggap sebagai spam oleh Google karena membuat artikel tidak nyaman dibaca. Artikel yang Anda buat bisa saja dihapus dari hasil pencarian Google sewaktu-waktu. Maka dari itu, masukkan jumlah kata kunci yang relevan dan sewajarnya agar artikel Anda SEO-friendly dan disukai Google.

Baca Juga: Panduan Perencanaan Keyword Ampuh untuk Membangun Bisnis

10. Perhatikan Meta Description

Membuat artikel SEO-friendly juga perlu memperhatikan meta description. Meta description sendiri merupakan deskripsi singkat tentang artikel Anda yang ditampilkan pada hasil pencarian Google. Meta description harus dibuat menarik agar orang mau mengeklik artikel Anda. Selain itu, meta description juga harus mengandung kata kunci dan berkisar antara 145-160 karakter agar SEO-friendly.

11. Sertakan Call-to-Action (CTA)

Hal yang tidak kalah penting adalah menambahkan CTA di bagian akhir artikel. CTA sendiri merupakan ajakan pada pengunjung untuk melakukan sesuatu pada website Anda. Anda bisa membuat CTA untuk mengarahkan pengunjung pada halaman pendaftaran, katalog produk, menghubungi admin, dan lain-lain. Penggunaan CTA pada artikel bisa meningkatkan traffic, interaksi, serta penjualan pada website Anda.

Banner SEO x CRO 2

Mengapa Skill Menulis SEO-Friendly Dibutuhkan?

Kemampuan dalam memahami cara menulis artikel SEO-friendly sangat dibutuhkan karena banyak mendatangkan manfaat untuk bisnis. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak di bawah ini.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Artikel SEO-friendly akan sering muncul pada hasil pencarian. Makin sering artikel Anda muncul pada hasil pencarian, maka bisnis Anda akan makin dikenal. Hal ini tentu akan meningkatkan brand awareness, alias kesadaran orang-orang terhadap brand Anda.

2. Meningkatkan Revenue

Artikel SEO-friendly juga bisa mendatangkan traffic yang sangat banyak pada website Anda. Makin banyak traffic pada website, makin tinggi pula potensi penjualan dan keuntungan yang akan didapatkan pengguna.

3. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Website yang memiliki banyak pengunjung akan makin populer di masyarakat. Ketika website sudah populer, kepercayaan pelanggan terhadap suatu bisnis juga akan meningkat sehingga mereka lebih yakin untuk membeli produknya.

Itulah dia panduan menulis SEO friendly yang bisa dicoba untuk meningkatkan peringkat keyword website Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa gunakan jasa konsultan SEO dari ToffeeDev.

Jasa konsultan SEO ToffeeDev akan membantu Anda dalam mengoptimasi website agar berhasil menempati peringkat teratas Google. Hubungi  ToffeeDev sekarang juga dan dapatkan panduan menulis SEO-friendly yang efektif dan tepat untuk website Anda!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top