5 Cara Menggunakan Google Analytics dengan Tepat

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Jika Anda memiliki sebuah situs web, trafik pengunjung pasti menjadi salah satu poin yang selalu dipantau secara rutin. Data ini biasanya digunakan sebagai tolok ukur dalam pengembangan konten-konten di masa mendatang, baik untuk ajang kreasi maupun promosi. Dalam proses pemantauan trafik web, Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan salah satu perangkat Google bernama Google Analytics. Perangkat ini tidak hanya menyuguhkan laporan trafik, tetapi juga menghadirkan berbagai data relevan lainnya, dari demografi pengunjung, konten populer, hingga sumber trafik. Untuk bisa mengoptimalkan penerapannya, simak sejumlah cara menggunakan Google Analytics yang tepat berikut ini.

1. Pasang Google Analytics

Cara pertama yang harus dilakukan adalah memasang Google Analytics pada situs web Anda. Pemasangannya dapat menggunakan akun Google yang biasa Anda pakai untuk mengakses produk Google lainnya, seperti Gmail, Google Drive, atau YouTube. 

Dengan akun Google milik Anda, masuk dan daftarlah ke halaman Google Analytics. Dari sini, Anda dapat mengikuti arahan serta petunjuk yang diberikan untuk menerapkan perangkatnya secara utuh di situs web yang telah ditentukan.

Baca Juga: Cara Memasang Google Analytic Di Blog Anda

2. Isi Data Situs Web

Cara menggunakan Google Analytics selanjutnya adalah mengisi data situs web yang ingin dipasang perangkat ini. Informasi akun yang diberikan akan membantu perangkat untuk menentukan bagaimana hasil pembacaan trafik akan ditranslasi dan disuguhkan kepada Anda sebagai pengguna.

Beberapa informasi dasar yang perlu diisi adalah nama akun, nama situs web beserta tautan URL-nya, serta bidang atau topik yang dianggap paling sesuai dengan web Anda. Selain itu, Anda juga dapat memilih time zone pelaporan trafik berdasarkan daerah tempat Anda berada. 

3. Dapatkan Kode Pelacakan

Setelah seluruh informasi situs web Anda dimasukkan secara benar, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyisipkan kode pelacakan yang didapat dari perangkat Google Analytics.

Nantinya, kode yang telah didapatkan harus disalin kepada setiap halaman web yang ingin Anda ketahui trafiknya. Perangkat akan bekerja secara otomatis di dalam sistem dan mulai melacak secara akurat dalam hitungan 24 jam.

4. Cek Metrik Web Secara Realtime

Salah satu cara menggunakan Google Analytics yang tak boleh dilewatkan adalah melihat laporan metrik real time. Fitur ini bisa diakses melalui menu Realtime kemudian Overview. Dengan menggunakan fitur tersebut, data yang terekam di saat Anda membuka perangkat atau aplikasi akan bisa ditampilkan secara langsung.

Halaman Overview memunculkan sejumlah data primer yang berhubungan langsung dengan metrik web. Data-data yang dihadirkan meliputi jumlah pengguna yang tengah membuka web, perangkat yang digunakan (desktop atau mobile), kata kunci populer, halaman aktif tertinggi, hingga pageview dalam hitungan per detik atau per menit.

5. Atur Target

Setelah mendapatkan laporan trafik web dari Google Analytics, bukan berarti langkah penggunaannya sudah selesai. Anda masih dapat mengoptimalkan perangkat ini dengan mengatur target atau tujuan trafik yang diinginkan.

Langkah-langkah tersebut dapat dijalankan dengan mengakses halaman Admin pada perangkat Google Analytics. Dari sini, Anda bisa menambahkan tujuan dengan klik tombol Goals dan memilih jenis tujuan. Beberapa target yang dapat digunakan adalah target kunjungan (Destination), target halaman yang dikunjungi (Pages per Visit), target durasi kunjungan (Duration), target Call to Action, serta target Sales untuk penggunaan pada situs ecommerce.Itulah beberapa cara menggunakan Google Analytics yang bisa dijadikan panduan untuk membuat penerapan perangkat ini lebih optimal. Dengan menerapkan sejumlah cara di atas, Anda akan memperoleh data dan laporan yang lebih detail mengenai trafik kunjungan web. Hasilnya, Anda pun akan lebih mudah memaksimalkan pilihan konten terbaik untuk lebih meningkatkan trafik dari waktu ke waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Kategori
Step bye step SEO
SEO Strategi E Book
RTT5VI1
336 x 280

Related Post